Sponsors Link

11 Tips Atasi Sariawan Saat Puasa Ramadan Sudah Teruji Ampuh

Sponsors Link

Anda sariawan saat berpuasa akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut? Wuih rasanya pasti perih bukan? Makan tidak enak, minum tidak sedap dan dijamin deh, anda pinginnya meringis terus. Benar!

ads

Jika anda sariawan saat saum atau berpuasa, jangan khawatir! Kami punya tips cepat menyembuhkan sariawan tanpa mahal and no obat kimia. Silahkan padukan tips ini dengan cara menyembuhkan luka di bibir pasti hasilnya lebih maksimal.

Penyakit Sariawan Menggangu Puasa

Penyakit Sariawan disebabkan oleh bakteri yang getol melukai area mulut. Seperti melukai pipi bagian dalam, selaput lidah hingga merobek langit langit mulut. Sedangkan lokasi paling rawan di antara area area tersebut adalah bibir luar. Maka dari itu, periksa selalu bibir anda. Jika terlihat bintik bintik putih yang terasa panas saat disentuh, atau mulut terasa pahit saat bangun tidur, bisa jadi bibir anda sudah diserang sariawan. Waspadai juga gejala bintik merah pada mulut anak.

Berikut ini kami list cara atasi sariawan saat puasa manjur yang  bakal membantu anda menjalankan puasa dengan lancar dan tawadduk.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Garam adalah bumbu masakan yang memiliki manfaat menjaga kesehatan. Termasuk menyembuhkan sariawan membandel.

Menurut pakar kesehatan, garam mengandung yodium yang berperan sebagai antiseptik alami. Fungsi peran ini adalah untuk mengatasi gangguan detok atau racun di dalam tubuh serta termasuk cara hilangkan bau petai di mulut. Selain itu, garam juga mengandung zat asam laktat yang bekerja sebagai antimikroba pembunuh berbagai macam kuman dan bakteri penyebab sariawan.

  1. Mengoleskan Madu

Jika anda tidak tahan dengan rasa nyeri sariawan, coba ambil sedikit madu lalu oleskan pada bibir yang terkena. Diamkan beberapa menit lalu bilas. Niscaya rasa nyeri sariawan berkurang.

Namun, kami tidak menganjurkan cara ini dilakukan di siang hari. Karena khawatir bisa membatalkan puasa anda. Tetapi, kalau anda terapkan pasca berbuka, itu sangat bagus dan dianjurkan.

  1. Minum Air Hangat

Minuman paling disukai orang ketika iftar atau berbuka adalah minuman yang manis manis dan dingin. Tetapi, ketika anda sariawan, hendaknya tinggalkan sementara kebiasaan tersebut. Ganti dengan rutin mengkonsumsi air putih hangat.

Minuman dingin dan manis selain membuat tenggorokan kering juga membuat bakteri betah di dalam mulut. Sedangkan  air hangat hangat kuku berfungsi sebaliknya yaitu, mensterilisasi bakteri sekaligus membunuhnya. Maka dari itu, mengkonsumsi air hangat saat berbuka bikin bakteri penyebab sariawan minggat.

Sponsors Link

  1. Jus Jeruk Hangat

Sariawan terjadi akibat tubuh kekurangan Vitamin C. Jika kekurangan Vit C dibiarkan, imun akan mengalami penurunan sehingga bakteri mudah melakukan serangan.

Minum jus jeruk hangat saat berbuka puasa sangat bagus untuk menyembuhkan sariawan. Apalagi jika dipadu dengan buah penyembuh sariawan yang lainnya. Pasti tambah tokcer. Sebab, jeruk, semangka dan pepaya mengandung vitamin C ideal untuk meningkatkan kembali kekebalan tubuh anda yang sempat down.

  1. Hindari Makanan Pedas dan panas

Makanan pedas dan panas penyebab bibir kering dan penyebab air liur bau. Jika bibir sudah kering dan liur bau, bakteri pasti leluasa melukai selaput lendir bibir sehingga sariawan muncul tanpa bisa dicegah.

Lebih parah lagi, sudah tahu anda sedang sariawan tapi masih saja mengkonsumsi makanan pedas dan panas saat berbuka ataupun ketika bersahur. Padahal Kebiasaan ini hanya menambah rasa nyeri sariawan sekaligus memperparah luka yang ada. Sekaligus bisa memicu munculnya gejala tumor lidah berbahaya.

Maka dari itu berbukalah dengan makanan yang sejuk dan hangat. Pastikan juga anda selalu menyediakan menu atau resep makanan untuk anak sariawan untuk berjaga jaga.

ads

  1. Minyak Kelapa

Cara atasi sariawan saat puasa selanjutnya adalah melumuri sariawan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung phenolic yang bekerja sebagai antioksidan. Fungsinya untuk mempertahankan metabolisme tubuh dari serangan bakteri dan kuman. Selain itu, minyak yang dikenal dengan istilah virgin coconut oil ini juga mengandung asam laurat yang bekerja sebagai probiotik. Mekanisme kerja yang berfungsi menyembuhkan sariawan secara alami melalui enzim dan beberapa protein alamiah tubuh.

  1. Mengunyah Seledri

Jika anda mengalami sariawan membandel, coba gunakan daun seledri yang masih segar. Caranya kunyah daun seledri lalu ketika sudah basah dan halus tempelkanlah pada bibir atau area mulut yang terluka. Diamkan beberapa menit lalu buang.

  1. Baking Soda

Baking soda merupakan sarana membuat kue. Sedangkan kalau digunakan berkumur kumur, baking soda akan menjadi cara mengobati sariawan yang manjur serta termasuk cara mengatasi mulut asam yang paling aman.

Baking soda segolongan dengan alkali yang mampu melakukan netralisasi keasaman di daerah mulut. Jika kadar keasaman di mulut sudah berkurang, bakteri akan terbunuh karena tidak lagi memiliki protein yang bisa mereka cerna.

  1. Minum Air Putih yang Banyak

Minum 8 gelas air putih setiap hari sangat dianjurkan sekalipun anda sedang puasa. Sebab, jika anda kekurangan cairan, berpuasa bisa menjadi bumerang karena bisa membuat anda mengalami dehidrasi.

Selain itu, banyak minum air putih berguna untuk menjaga kelembaban mulut yang sedang sariawan. Sehingga rasa nyeri berkurang berganti hawa sejuk nan segar.

  1. Makan Tomat Saat Berbuka

Tomat mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan mulut. Selain itu, kandungan pro imun-nya senantiasa menjaga kekebalan tubuh tetap stabil.

Mengkonsumsi tomat saat berbuka adalah tindakan tepat jika anda sedang sariawan. Vitamin C yang dikandung tomat akan membunuh bakteri hingga ke akar akarnya. Sehingga sariawan sembuh dan tidak kambuh lagi.

  1. Basahi Bibir dengan Lidah Buaya

Jika anda beranggapan manfaat lidah buaya hanya untuk kecantikan, anggapan tersebut kurang lengkap. Lidah buaya tidak hanya bikin rambut hitam mengkilat dan wajah halus saja, melainkan juga mampu menyembuhkan sariawan.

Cara pakainya cukup mudah. Anda tinggal memotong lidah buaya, lalu teteskan lendirnya  pada bibir anda yang sedang terluka. Lakukan cara ini secara rutin sampai sariawan sembuh.

Itulah 11 cara atasi sariawan saat puasa yang bisa anda coba di rumah. Lakukan di waktu waktu yang diperbolehkan agar puasa anda tidak batal. Semoga puasa anda aman tanpa gangguan sariawan dan penyakit penyakit yang lainnya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Saturday 19th, May 2018 / 01:11 Oleh :
Kategori : Sariawan