Sponsors Link

5 Tips Agar Nafas Tidak Bau yang Efektif dan Mudah di Lakukan

Sponsors Link

Bagi Anda yang sering bersosialisasi dengan orang lain, baik karena tuntutan pekerjaan maupun sekedar berkumpul bersama teman-teman Anda lainnya, kesegaran napas sungguh sangat penting bagi Anda. Tidak bisa dibayangkan bila Anda mengalami nafas yang kurang sedap alias nafas bau, tentu saja ini dapat menurunkan kepercayaan diri Anda dan menyebabkan Anda jadi segan untuk berbicara.

ads

Untuk itu, penting bagi Anda untuk menerapkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda dapat memperoleh beberapa manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti memiliki nafas yang segar dan tidak bau.

Bila mulut Anda sudah terlanjur mengeluarkan aroma yang tidak sedap, maka tidak ada salahnya bila Anda mencoba beberapa cara mengatasi bau mulut secara alami, seperti menggunakan tanaman cengkeh. Namun ada baiknya Anda melakukan beberapa tindakan yang dapat menghindari terjadinya bau nafas. Berikut dijelaskan beberapa tips agar nafas tidak bau.

1. Rajin Menggosok Gigi

Tentunya cara ini merupakan cara yang paling umum dan paling mudah dilakukan untuk mencegah bau nafas. Menggosok gigi perlu Anda lakukan secara rutin, sebaiknya 2 kali sehari pada waktu sebelum tidur dan sesudah sarapan di pagi hari.

2. Memilih Makanan yang Baik Bagi Kesegaran Mulut Anda

Apa yang Anda makan mempengaruhi aroma nafas yang keluar dari mulut Anda. Seperti halnya bila memakan durian maka, nafas akan menjadi berbau buah durian yang tajam. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari makanan yang berbau tajam.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan yang membuat kondisi mulut menjadi asam. Kondisi mulut yang asam dapat meningkatkan perkembangan bakteri, yang mana bakteri merupakan salah satu penyebab bau mulut tidak mau hilang.

3. Mengganti Sikat Gigi

Mungkin Anda suka merasa bingung saat Anda rajin menyikat gigi, justru bau mulut yang Anda alami sukar hilang. Kemungkinan besar sikat gigi yang Anda gunakan sudah tidak steril lagi dan justru menjadi tempat bermukimnya bakteri penyebab bau mulut. Atau bisa juga bentuk sikat gigi tersebut sudah tidak ideal, sehingga menggosok gigi menjadi kurang efektif.

Oleh sebab itu, Anda dianjurkan mengganti sikat gigi secara rutin, sebaiknya dilakukan sekali selama tiga bulan. Dengan melakukan ini diharapkan Anda dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan sikat gigi yang tepat.

4. Menggosok Gigi dengan Cara yang Benar

Tips agar nafas tidak bau selanjutnya adalah menggosok gigi dengan cara yang benar. Selain rajin menggosok gigi secara rutin dan teratur, Anda juga perlu melakukan aktivitas menggosok gigi dengan benar. Pada saat menggosok gigi, Anda perlu menggosok seluruh permukaan gigi termasuk daerah belakang gigi.

Sponsors Link

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menggosok daerah tepian gusi yang berbatas dengan gigi. Anda bisa memperoleh hasil yang maksimal dengan menggosok gigi secara benar.

5. Membersihkan Lidah

Selain menggosok gigi, tips agar nafas tidak bau lainnya adalah dengan cara membersihkan lidah. Membersihkan lidah kadang dilupakan oleh sebagian besar orang, walaupun orang tersebut rajin dalam menggosok gigi. Membersihkan lidah penting dikarenakan lidah dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

Lidah yang sehat adalah lidah yang berwarna merah muda terang. Pastikan Anda membersihkan lidah Anda bersamaan dengan menggosok gigi. Membersihkan juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Demikianlah beberapa tips agar nafas tidak bau yang disajikan dalam artikel ini. Tentunya lebih baik Anda menjaga kesegaran mulut Anda daripada mulut Anda menghasilkan aroma yang tidak sedap dicium. Anda bisa mencoba cara alami hilangkan bau mulut seperti menggunakan daun sirih, bila Anda sedang mengalami bau mulut.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 06th, May 2018 / 11:26 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mulut