Sponsors Link

Stomatitis Mikotik : Ciri Ciri, Penyebab, Pengobatan, Dan Pencegahan

Sponsors Link

Radang di daerah mukosa mulut tidak bisa dianggap remeh. Bahkan, penyakit ini bisa menjadi gejala dari munculnya penyakit berbahaya sekaliber kanker mulut hingga penyakit HIV. Radang mukosa mulut inilah yang disebut dengan stomatitis.

ads

Stomatitis memiliki banyak ragam dan jenis. Seperti stomatitis aftosa dan stomatitis mikotik. Nah, pada artikel berikut ini, kami akan mengkhususkan penjelasan pada penyakit stomatitis mikotik yang akan kami lihat dari segi definisi, Ciri Ciri, Penyebab, Pencegahan dan cara pengobatannya disertai tips agar air liur tidak bau.

Definisi Stomatitis Mikotik 

Anda sering mendengar penyakit kandisiosis oral? Itulah stomatitis mikotik. Stomatitis mikotik atau kandisiosis oral adalah infeksi protozoa di daerah lunak oral atau mulut. Biasanya infeksi menyakitkan ini terjadi pada orang dewasa dengan persentase 80 % dibandingkan anak anak.

Stomatitis mikotik tergolong infeksi yang berbahaya. Karena jamur cepat berpindah dari organ mulut yang satu ke mulut yang lainnya. Bahkan, saking cepatnya, infeksi mulut berpindah ke organ tubuh lain seperti dada dan leher hanya dalam hitungan minggu saja. Sekalipun anda sudah minum minuman penghilang bau mulut yang mahal.

Jika infeksi sudah pindah ke lain tempat, itu artinya stomatitis sudah kronis. Tidak ada jalan lain untuk mengobatinya selain harus dilakukan tindakan medis yang mahal dan tentunya amat menyakitkan.

Ciri Ciri Stomatitis Mikotik 

Stomatitis mikotik memiliki ciri ciri berbeda dibandingkan  gejala stomatitis yang lainnya. Ciri ciri inilah yang menentukan tindakan pengobatan sudah tepat atau sebaliknya. Atas dasar itulah, berikut ini kami list ciri ciri stomatitis mikotik yang bisa anda jadikan rujukan sebelum solusi pengobatan di laksanakan.

  1. Muncul plak pada mukosa mulut
  2. Plak berwarna keputihan dan terasa gatal
  3. Luka disertai bintik kemerahan dan sedikit berdarah
  4. Jika luka diraba terasa ada tonjolan ringan
  5. Kulit Mengelupas Jika Luka sudah Akut

Penyebab Stomatitis Mikotik 

Stomatitis mikotik adalah infeksi di daerah mulut yang disebabkan oleh serangan protozoa atau jamur. Jamur yang menyerang mulut ini disebut jamur albican candida. Jamur ini memang sering mengganggu mukosa atau jaringan lunak mulut bahkan disaat anda sedang melakukan perawatan pulpitis. Maka dari itu, bersihkanlah  mulut anda setiap hari, agar jamur penyebab stomatitis mikotik atau candisiosis oral ini mati.

Penyebab umum dari penyakit stomatitis mikotik, tentu ada hubungannya dengan pola hidup anda yang tidak sehat. Apalagi jika anda suka mengkonsumsi obat berbahan kimia, perokok berat, enggan makan buah penyembuh sariawan hingga pecandu alkohol. Wah pasti, banyak jamur akan senang berkembang biak di dalam mulut anda. Karena mulut anda sudah tidak steril lagi dari zat zat berbahaya.

Selain itu, stomatitis mikotik juga disebabkan oleh faktor gen, cuaca yang lembab, pemakaian antibiotik yang over hingga masalah imunitas.

Sponsors Link

Pengobatan Stomatitis Mikotik 

Mengobati stomatitis aftosa yang ringan saja merupakan tindakan yang harus dilakukan. itu sesuai dengan definisi pulpitis. Apalagi stomatitis yang kronis seperti stomatitis mikotik. Tentu, tindakan pengobatan harus lebih digalakkan sebelum terlambat.

Biasanya, orang yang menderita stomatitis mikotik, akan diberikan obat anti jamur supaya pergerakan infeksinya bisa dihentikan. Ada dua jenis obat anti jamur yang diberikan yaitu obat anti jamur telan serta obat anti jamur oles atau cream.

Cream  anti jamur merupakan obat stomatitis mikotik yang berbentuk oral. Artinya salep ini hanya dijadikan obat luar saja. Namun, jika infeksi jamur sudah menyebar ke tubuh lain, maka pengobatan dengan minum obat anti jamur berbentuk topical atau obat telan akan lebih berkhasiat.

Pencegahan Stomatitis Mikotik 

Stomatitis mikotik atau kandisiosis oral adalah penyakit yang harus dicegah sejak dini dengan cara membuat nafas wangi. Dijamin deh, jika mulut anda diserang penyakit ini, hidup anda tidak akan nyaman. Makan tidak berselera, minum tidak nikmat, yang ada, anda uring uringan akibat rasa nyeri yang menyiksa.

Nah, berikut ini akan kami list cara mencegah stomatitis mikotik yang bisa anda jadikan tata laksana di rumah demi kesehatan dan kebersihan mulut anda.

  1. Makan Makanan Bergizi

Makanan bergizi seperti buah penghilang bau mulut dan sayuran bagus untuk mencegah stomatitis mikotik. Karena makanan inilah yang membantu imunitas atau kekebalan tubuh anda tetap terjaga.

Sponsors Link

  1. Berkumur Menggunakan Mouthwash

Terkadang menggosok gigi secara rutin tidak cukup untuk membersihkan mulut dari jamur. Maka dari itu, antisipasinya adalah anda harus menambah kebiasaan dengan berkumur menggunakan mouthwash sehabis menggosok gigi. Ya mouthwash adalah produk yang bisa membunuh jamur dengan cepat.

  1. Tidak Memasukkan Tangan Pada Mulut

Tangan anda penuh bakteri. Memasukkan tangan ke mulut berarti anda memindahkan bakteri ke dalam mulut anda dan ini bukan cara mengobati kista mulut. Hati hati, bakteri atau jamur ada yang bisa menimbulkan kanker dan HIV.

  1. Konsultasi Medis dengan Rutin

Mendatangi dokter mulut setiap enam bulan sekali, bagus untuk dilakukan. Karena dengan kunjungan inilah anda bisa mengetahui kondisi kesehatan mulut anda secara lebih detail yang diucapkan oleh ahlinya sendiri. utamanya tentang penyebab air liur bau.

Itulah pengertian penyakit stomatitis mikotik lengkap dengan ciri ciri, tindakan pengobatan hingga cara pencegahan pulpitis yang paling mudah.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 29th, October 2018 / 02:59 Oleh :
Kategori : Stomatitis