Sponsors Link

Stomatitis Medikamentosa : Ciri Ciri, Penyebab, Pengobatan Dan Pencegahan

Sponsors Link

Alergi merupakan perubahan sensitivitas kulit yang berjalan begitu ekstrim atau radikal. Salah satu, dampak dari alergi adalah penyakit stomatitis medikamentosa. nah, pertanyaannya adalah apakah penyakit stomatitis medikamentosa dan apa hubungannya penyakit ini dengan penyakit sariawan?

ads

Tentu anda masih asing dengan istilah stomatitis medikamentosa. Yang anda tahu hanyalah istilah stomatitis secara umum yang disebut dengan penyakit sariawan. Padahal, stomatitis agak berbeda dengan sariawan apalagi dengan makanan penyembuh sariawan. Termasuk perbedaan stomatitis medikamentosa dengan sariawan lainnya.

Nah, supaya anda tidak khawatir dengan pendapat yang abu abu dan tidak jelas, maka pada artikel berikut ini kami ulas secara lengkap tentang penyakit stomatitis medikamentosa dengan penjelasan relatif sama dengan cara menjaga kesehatan mulut saat puasa yang kami ikut sertakan didalamnya tentang ciri ciri, penyebab, cara pencegahan sekaligus tips pengobatannya.

Pengertian Stomatitis Medikamentosa

Stomatitis medikamentosa adalah luka atau peradangan yang menyerang mulut dan sekitarnya. Biasanya luka dan inflamasi ini disebabkan oleh serangan alergi yang dibiarkan tanpa pengobatan hingga berbulan bulan. Nah, tanpa pengobatan inilah yang membuat luka sariawan dan peradangannya semakin parah.

Salah satu benda pemicu alergi yang terkadang ikut memberi ruang munculnya stomatitis medikamentosa adalah obat obat berbahan kimia. Benda ini bukan tidak berkhasiat, tetapi efek sampingnya lah, yang terkadang membuat kulit mulut lebih sensitif terutama kulit bibir.

Stomatitis medikamentosa bukan hanya peradangan mulut saja, tetapi peradangan ekstrim yang parah yang mampu melahirnya rasa nyeri luar biasa sekaligus bisa membuat mulut terasa panas dan gatal.

Nah, dari ilustrasi diatas, bisa ditarik kesimpulan pengertian stomatitis medikamentosa adalah sariawan atau radang dan luka di daerah mulut dengan rasa nyeri dan panas terbakar, yang disebabkan oleh alergi terhadap obat obatan kimia tertentu bukan karena cara menyembuhkan gusi bengkak.

Ciri Ciri Stomatitis Medikamentosa

Stomatitis medikamentosa memiliki ciri ciri atau gejala berbeda dengan stomatitis jenis lainnya. Perbedaan ini penting anda ketahui supaya tindakan pengobatannya tidak salah. Nah, berikut ini list ciri ciri tersebut.

  1. Muncul ulkus kasar pada luka
  2. Terlihat bintik putih kecil menyebar di area mulut dan sekitarnya
  3. Luka terasa gatal dan panas seperti terbakar
  4. Disertai hidung tersumbat dan pegal pegal
  5. Luka disertai peradangan ringan dan berat
  6. Ulser atau luka terlihat kecil tetapi terpisah pisah

Jika anda mengalami gejala gejala diatas segera lakukan pengobatan segera dengan cara mengatasi mulut kering secara alami. Karena jika gejala itu merupakan penyakit stomatitis medikamentosa yang sengaja anda biarkan, tentu bahaya kanker dan radang mulut siap menyerang anda. Salah satunya adalah kanker mulut, radang mukosa hingga tumor pipi.

Sponsors Link

Penyebab Stomatitis Medikamentosa

Sampai sejauh ini, penyebab stomatitis medikamentosa diketahui hanya masalah alergi. Namun, tidak tetutup kemungkinan, penyakit ini juga disebabkan oleh virus asing yang menginfeksi akibat malasnya pasien melakukan cara menghilangkan bau mulut akibat gigi palsu secara rutin.

Tentunya, alergi tidak terjadi begitu saja. Ada sesuatu yang anda lakukan sehingga kulit mulut lebih sensitif. Berikut ini kami list beberapa pemicu alergi mulut yang dianggap paling dominan menghadirkan stomatitis medikamentosa.

  1. Obat berbahan kimia
  2. Rokok dan alkohol
  3. Makanan panas dan terlalu asam
  4. Makanan sea food
  5. Ruangan terlalu pengab
  6. Karena Jamur

Nah saran kami, hindari semua makanan yang harus dihindari saat sariawan  jika anda tidak mau diserang stomatitis medikamentosa yang menyakitkan.

Pengobatan Stomatitis Medikamentosa

Pengobatan untuk penyakit ini, biasanya menggunakan obat anti alergi. Tujuannya supaya alergi bisa dihentikan sebelum penyebaran terjadi. Selain itu, cara menghilangkan bekas luka di bibir yaitu pemberian obat anti radang dan nyeri pun bisa digunakan sebagai tindakan pengobatan penyakit  stomatitis medikamentosa.

Tentunya obat yang digunakan sudah sesuai resep dokter. Karena jika tidak, justru obat yang digunakan dikhawatirkan tidak tepat atau memiliki banyak efek samping yang berbahaya.

Jika status penyakit terlalu parah, tindakan medis lebih detail sangat dianjurkan. Apalagi pada tindakan ini terdapat metode diagnosis. Sehingga gejalanya bisa diketahui mengapa stomatitis medikamentosa tidak juga sembuh. Jika ternyata yang terjadi bukan stomatitis biasa melainkan gejala tumor atau kanker, tentu pengobatan dengan tehnik kemo, laser hingga pembedahan adalah fakta yang mesti diterima.

Sponsors Link

Pencegahan Stomatitis Medikamentosa

Mari mencegah stomatitis medikamentosa dan gejala stomatitis dengan cara memaksimalkan diri, waktu dan tenaga demi kebersihan mulut anda. caranya adalah :

  1. Tidak merokok dan minum alkohol
  2. Tidak menyentuh mulut dan sekitar mulut dengan tangan
  3. Minum vitamin C setiap hari
  4. Rajin Berolahraga
  5. Kurangi bernapas melalui mulut
  6. Minum minuman penghilang bau mulut yaitu air putih yang banyak setiap hari
  7. Hindari makanan bersuhu ekstrim
  8. Tidak makan makanan bertekstur tajam.

Saran kami silahkan anda lakukan tehnik pencegahan diatas secara serius dan berkelanjutan. Pastikan juga anda selalu dimonitor oleh dokter langganan anda.

Nah setelah anda tahu tentang penyakit stomatitis medikamentosa, kami harap anda lebih berhati hati dan waspada kepadanya. jangan biarkan kehidupan anda terganggu oleh serangan penyakit yang cukup merisaukan ini.

Itulah pengertian stomatitis medikamentosa lengkap dengan gejala, ciri ciri lidah yang sehat, pengobatan dan pencegahannya. Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 09th, November 2018 / 02:32 Oleh :
Kategori : Stomatitis