Sponsors Link

Stomatitis Herpetika: Ciri Ciri, Penyebab, Pengobatan, Dan Pencegahan

Sponsors Link

Stomatitis atau sariawan adalah penyakit yang mudah sekali menyerang tubuh. Bahkan, semua orang pasti pernah mengalami penyakit ini di seumur hidupnya. Resiko terburuk ketika diserang stomatitis adalah rasa sakit ketika sedang makan dan minum hingga muncul kanker pipi. Hal ini dikarenakan, serangan stomatitis telah berhasil membuat bibir dan mulut terluka.

ads

Sebagian besar masyarakat masih menganggap sariawan atau stomatitis merupakan penyakit ringan. Padahal, stomatitis ada yang stadiumnya berat hingga mengancam nyawa. Pemikiran meremehkan ini disebabkan oleh minimnya pengetahuan masyarakat tentang jenis jenis stomatitis. Apalagi tentang penyakit stomatitis Herpetika mereka menjadi lebih meremehkan lagi.

Nah, agar anda tidak lagi memandang ringan stomatitis, bahkan mungkin sebaliknya anda semakin bersemangat untuk mencegah penyakit stomatitis, maka berikut ini kami jelaskan secara rinci tentang stomatitis herpetika lengkap dengan pengertian, ciri ciri, penyebab dan cara mengobatinya dengan minuman penghilang bau mulut yang handal.

Pengertian Stomatitis Herpetika

Stomatitis herpetika adalah munculnya infeksi yang disebabkan oleh virus herpesviridae atau herpes, yang mana infeksi ini berhasil merusak mukosa atau jaringan lunak mulut dan bibir bagian dalam. Akibat infeksi ini, mulut dan bibir menjadi melepuh dan kulitnya mengelupas dengan rasa nyeri luar biasa.

Stomatitis herpetika stadium parah terjadi, apabila infeksi dari virusnya terus bergerak tanpa bisa ditekan. Sehingga bermunculan peradangan atau inflamasi di sekitar bibir yang apabila di raba terasa kasar dan disekitar lukanya terdapat bercak berwarna putih kekuningan.

Nah, jika stomatitis herpetika sudah sampai pada tahap ini, rasa nyeri yang terasa bertambah dengan rasa gatal yang menyiksa yang terkolaborasi dengan rasa panas membakar. Nyeri ini tidak akan sembuh sekalipun anda sudah menggunakan semua cara mengatasi sudah bibir menghitam paling mahal.

Ciri Ciri Stomatitis Herpetika

Mari kita obati penyakit stomatitis herpetika sedini dan secepat mungkin. Namun, tehnik pengobatannya tidak boleh sembarangan. Anda harus tahu dulu, apa itu bakteri penyebab stomatitis, ciri cirinya atau gejala stomatitis herpetika supaya tindakan pengobatannya tepat sasaran dan terhindari dari masalah mal atau salah dalam pemberian obat obatan.

Ini dia ciri ciri dan gejala stomatitis herpetika yang bisa dijadikan landasan pengobatan terbaik dan tercepat.

  1. Nyeri infeksi disertai rasa gatal dan panas membakar
  2. Terdapat ulkus tidak rata dan kasar
  3. Terlihat Bercak Kekuningan di sekitar infeksi
  4. Terjadi pengelupasan pada kulit yang terluka
  5. Terkadang infeksi disertai demam dan penurunan stamina

Penyebab Stomatitis Herpetika

Stomatitis herpetika disebabkan oleh infeksi virus herpes yang digadang gadang sebagai aktor dari gejala tumor lidah. Biasanya, virus herpes ini sudah menunggu di dalam mulut dan siap untuk melakukan infeksi. Apalagi di musim pancaroba, ketika penurunan stamina dan energi tubuh manusia semakin besar.

Banyak sekali penyebab virus herpes masuk ke dalam mulut. Dan penyebab yang paling vital adalah akibat pola hidup yang jauh dari kata sehat. Seperti kebiasaan minum kopi panas berlebihan, menghindari buah penghilang bau mulut, gemar merokok, peminum miras bahkan kecanduan anda pada obat obat kimia juga bisa menyebabkan munculnya penyakit stomatitis herpetika.

Sponsors Link

Pengobatan Stomatitis Herpetika

Jika gejala stomatitis herpetika sudah ditemukan, tindakan pengobatan dengan cara mengobati kista di mulut boleh untuk diterapkan. Berikut ini, merupakan tindakan pengobatan stomatitis herpetika yang dilakukan oleh para ahli medis, yaitu :

  1. Diberi Obat Anti Virus

Obat anti virus ini diberikan untuk membunuh virus herpes yang ringan maupun yang berat sehingga tidak mampu melakukan infeksi yang lebih jauh. Itu artinya, dengan obat ini, anda aman dari penyebaran stomatitis herpetika.

  1. Minum Paracetamol

Paracetamol juga bisa digunakan untuk mengobati stomatitis herpetika. Fungsi dari obat ini adalah membantu menghilangkan dan meredakan rasa nyeri akibat luka herpes. Biasanya, obat ini diberikan bersamaan dengan diberikannya ibuprofen supaya khasiatnya lebih mantap.

  1. Kompres Luka dengan Air Hangat

Biasanya infeksi herpes atau stomatitis herpetika disertai dengan pembengkakan atau inflamasi. Nah, fungsi air hangat dan vitamin untuk bibir kering dan pecah pecah yang anda sentuhkan pada bibir yang terluka merupakan tindakan untuk menghilangkan peradangan atau inflamasi tersebut.

  1. Mengoleskan Cream atau Salep

Berikut ini merupakan cara mengobati stomatitis herpetika yang merupakan tindakan pengobatan luar kulit, yaitu mengoleskan cream atau salep pada area mulut atau bibir yang terluka. Fungsinya adalah mengatasi nyeri dan peradangan pada mukosa mulut dengan cara intervensi langsung pada virus yang masih tersisa.

Sponsors Link

Pencegahan Stomatitis Herpetika

Memang teramat sulit untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam mulut. Namun, usaha dan ikhtiar harus terus kita lakukan. Nah, salah satu caranya adalah tetap menjaga mulut steril, bersih dan sehat.

Menggosok gigi yang dilakukan sehabis makan dan menjelang tidur, merupakan tindakan yang tepat untuk mencegah stomatitis herpetika menyerang mulut dan bibir. Tindakan ini semakin mantap, jika dikolaborasikan dengan rajin berkumur kumur menggunakan mouthwash.

Cara mencegah stomatitis herpetika yang selanjutnya adalah penuhi nutrisi di dalam tubuh dengan makan buah penyembuh sariawan yang bergizi. Makanan bergizi inilah yang membuat tubuh tetap fit, kebal dan kuat sehingga mampu membentengi mulut dari virus herpes penyebab stomatitis herpetika.

Itulah pengertian, gejala atau ciri ciri, penyebab, tehnik pengobatan dan cara mencegah penyakit stomatitis herpetika.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 09th, November 2018 / 02:27 Oleh :
Kategori : Stomatitis