Sponsors Link

Stomatitis : Definisi, Gejala, Pengobatan dan Cara Pencegahannya

Sponsors Link

Menjaga tubuh tetap sehat dengan rutin mengkonsumsi vitamin untuk bibir kering dan pecah pecah adalah aktifitas yang harus terus dijaga sepanjang hayat. Tujuan dari aktifitas ini tentu ingin mencegah berbagai macam penyakit masuk ke dalam tubuh. Baik penyakit ringan, sedang ataupun penyakit berat.

ads

Namun, terkadang orang menyepelekan penyakit karena statusnya yang ringan. Sehingga, akibat keteledoran tersebut penyakit yang awalnya pun ringan ternyata berkembang menjadi penyakit yang lebih berat. Bahkan saking beratnya bisa merenggut nyawa.

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang penyakit yang masih banyak disepelekan oleh orang tentang bahaya ciri ciri lidah yang sehat yaitu stomatitis. Isi dari artikel ini seputar pengertian, gejala, penyebab, pengobatan dan sekaligus cara pencegahannya. nah, mari kita mulai dari pertanyaan Apa itu stomatitis?

Pengertian Penyakit Stomatitis

Penyakit stomatitis adalah penyakit yang muncul akibat adanya peradangan di dalam rongga mulut. Penyebaran dari penyakit ini di seantero tempat seperti di bibir bagian dalam, gusi hingga langit langit lunak.

Efek dari penyakit ini adalah bibir terasa perih, pipi terasa bengkak dan serasa mengganjal ketika makan makanan pencegah bau mulut maupun berbicara. Nah, maka dari itu, hindari penyakit ini. Dan ingat! Penyakit stomatitis menyerang siapa saja tanpa batasan usia. Orang dewasa kena, anak anak pun rawan terserang.

Gejala Penyakit Stomatitis

Stomatitis harus diobati sejak dini. Namun, tidak sedikit orang salah memilih obat stomatitis akibat ketidaktahuannya pada gejala dan ciri cirinya. Nah, agar anda tidak seperti orang orang tersebut, berikut ini kami list gejala stomatitis yang perlu anda tahu, yaitu:

  1. Luka koreng pada rongga mulut
  2. Demam Tinggi selama beberapa hari
  3. Muncul Sariawan
  4. Peradangan Berbentuk Bulat dan ditengahnya terlihat bercak putih
  5. Bau Mulut Menyengat
  6. Bibir Kering dan Pecah Pecah
  7. Tonjolan terlihat mengandung nanah

Penyebab Penyakit Stomatitis

Umumnya yang menyebabkan stomatitis adalah bakteri atau virus yang berhasil masuk ke dalam mulut melalui jus yang bagus untuk sariawan. Ironinya bakteri ini sangat banyak bahkan ada yang asing sehingga harus dilakukan proses uji lab untuk mengetahui bakteri yang bersangkutan.

Akan tetapi, ada 5 bakteri yang sering menimbulkan infeksi stomatitis. Nah bakteir bakteri inilah yang mesit dicegah serangannya.

  1. Virus Herpes tipe 1
  2. Candida albicans
  3. Virus pylon
  4. Virus influenza
  5. Solobactgerum

Yang paling berbahaya adalah ketika 5 bakteri ini menyerang secara bersamaan. Tentu sel akan rusak karena metabolisme berjalan radikal akibat terlalu over ketika melakukan penyelamatan sel. Nah, kumpulan virus dan bakteri inilah yang disebut dengan enterovirus stomatitis. Masihkah anda bertanya apa itu stomatitis membandel dan kronis? 

Sponsors Link

Pengobatan Penyakit Stomatitis

Pengobatan stomatitis dibagi menjadi tiga metode yang saya sebut dengan tiga metode terapi.

  1. Metode obat obatan

Metode ini berfungsi untuk meradakan bahaya sering sariawan yaitu peradangan sekaligus mengurangi rasa nyeri dan gatal yang ditimbulkan. Biasanya obat bau mulut dan nafas yang direkomendasikan adalah antibiotik, paracetamol dan obat obat yang berperan sebagai antimikroba atau antibakteri.

  1. Metode Diagnosis

Seperti yang sudah dijelaskan didepan, bahwa ada stomatitis yang sama dengan penyebab tumor gusi yaitu tidak diketahui nama penyebabnya. Nah, metode diagnosis ini adalah metode asesment yang bentuknya adalah pengambilan sampel darah dari kulit yang terluka. Sampel ini lalu di cek di laboratorium untuk mengetahui penyebab dan gejalanya sehingga bisa dilakukan tindakan pengobatan lanjutan.

  1. Metode Amputasi

Metode pengobatan stomatitis yang terakhir adalah metode amputasi. Mungkin anda sudah tahu semua kalau amputasi adalah cara medis mengobati sebuah penyakit dengan mengangkat atau memotong anggota tubuh yang rusak akibat penyakit tersebut. 

Sponsors Link

Metode ini juga dipakai pada stomatitis yang stadiumnya sudah parah. Dan biasanya, metode ini memiliki efek samping yaitu bisa menghilangkan salah satu fungsi dari mulut anda dan bisa menjadi penyebab pinggir bibir hitam.

Cara Mencegah Penyakit Stomatitis

Secara umum untuk mencegah penyakit stomatitis dan cara pencegahan gusi bengkak adalah menghindari mulut dimasuki oleh bakteri. Simpel bukan? Namun, secara prakteknya itu sangatlah tidak mudah.  Berikut ini kami list cara paling mudah untuk mencegah penyakit stomatitis, yaitu :

  1. Jangan Merokok dan Jangan Minum Alkohol
  2. Hindari obat berbahan Kimia
  3. Rutin Memeriksakan Gigi dan Mulut Setiap 6 bulan sekali
  4. Menggosok Gigi dua kali sehari
  5. Berkumur menggunakan mouthwash
  6. Beri pelindung bibir dari cahaya langsung matahari
  7. Banyak minum air
  8. Hindari menyentuh mulut dengan tangan dan ludah
  9. Hindari makanan bertekstur tajam
  10. Kurangi makanan panas, pedas dan asam

Itulah pengertian stomatis lengkap dengan gejala, penyebab, cara merawat bibir pecah pecah dan pengobatan serta cara pencegahannya. Semoga kita semua terbebas dari penyakit stomatitis sehingga bisa beraktifitas lebih baik dan nyaman. Semoga pula pertanyaan tentang apa itu stomatitis kini sdajea

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 20th, September 2018 / 06:44 Oleh :