Sponsors Link

Waspadai 8 Ciri Sariawan yang Berbahaya dan Pencegahannya

Sponsors Link

Sariawan, Apa yang terlintas dipikiran Anda? Setiap manusia pasti pernah mengalami sariawan. Tapi, tahukah anda jika sariawan dapat memicu terjadinya penyakit kanker rongga mulut?. Tidak menutup kemungkinan sariawan yang berbahaya karena didiamkan atau tidak ditangani secara cepat, tepat dan benar. Dimana penyebab sariawan ini pun berbeda untuk dewasa dan anak – anak.

ads

Oleh sebab itu cara penanganan sariawan juga berbeda seperti pemberian obat sariawan untuk anak  umur 1 tahun. Pada anak sering mengalami bintik pada mulut. Penyebab bintik merah di sekitar mulut pada anak biasanya merupakan pertanda munculnya sariawan.

Pada umumnya anak ketika sakit sariawan pasti mengalami susah makan. Bagi para orang tua sebaiknya mengetahui cara mengatasi anak tidak mau makan karena sariawan, salah satu caranya adalah membuat resep makanan untuk anak sariawan atau menambahkan menu jus yang bagus untuk sariawan sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Anda dan keluarga Anda harus berhati – hati karena ada beberaap tipe sariawan yang berbahaya atau bisa dikenal sebagai kanker mulut dapat menyebabkan orang meningal.

Mayoritas orang pernah mengalami sariawan biasanya berupa sariawan mulut. Dimana sariawan mulut merupakan  sebagai suatu kondisi di mana ada infeksi luka di bagian mulut.

Ciri – ciri Sariawan yang Berbahaya

Berikut ini akan dipaparkan secara jelas tentang ciri – ciri serta cara pencegahan sariawan yang sangat berbahaya:

1. Pendarahan di Mulut dan Mati Rasa

Ciri sariawan yang sangat berbahaya adalah terjadi pendarahan dan mati rasa. Sariawan yang biasa tidak akan dapat menyebabkan pendarahan hingga tidak berhenti. Selain itu, sariawan biasa tidak akan dapat membuat mulut Anda mati rasa bahkani lebih terasa perih.

2. Gusi dan Gigi Menjadi Longgar dan Pucat

Ciri – ciri sariawan yang sangat berbahaya adalah gusi akan tampak lebih pucat dan gigi akan longgar seperti akan tanggal. Hal itu yang menyebabkan Anda dapat lebih mudah membedakan apa yang Anda alami berupa kanker mulut atau sariawan yang sangat berbahaya. Jika sariawan biasa maka tentu tidak akan berpengaruh hingga ke gigi dan gusi yang longgar serta pucat.

3. Radang Getah Bening dan Limfa

Peradang getah bening dan limfa juga termasuk merupakan salah satu ciri kanker mulut yang harus Anda pahami. Apabila sariawan biasa yang hanya kekurangan vitamin C tentunya tidak akan berpengaruh hingga radang getah bening dan limfa.

4. Rahang Kaku saat Digerakkan

Apabila Anda menderita sariawan yang sangat  berbahaya, satu ciri ini akan tampak pada rahang yang kaku saat digerakkan. Hal ini berdampak pada keterbatasan gerak rahang akibat dari kanker mulut yang telah menyebar.

Sponsors Link

Cara Pencegahan Sariawan yang Berbahaya

Setelah mengetahui apa saja ciri ciri sariawan yang sangat berbahaya, berikut adalah beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya sariawan yang sangat berbahaya:

  • Berhenti Merokok

Cara pencegahan yang pertama adalah dengan hindari konsumsi tembakau. Tembakau ini dapat Anda dapatkan dalam beragam bentuk seperti rokok, cerutu, pipa atau bahkan Anda mungkin pernah mengunyah tembakau.

Tembakau ini berpotensi buruk bagai kesehatan Anda karena dapat menyebabkan kanker mulut. Semakin banyak rokok yang Anda isap atau tembakau yang Anda konsumi maka semakin tinggi risiko kanker mulut yang Anda alami.

  • Jangan Konsumsi alkohol

Kebanyakan konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Risiko tersebut dapat meningkat sesuai dengan meningkatnya valume alkohol yang Anda minum setiap hari. Orang yang rutin minum alkohol memiliki risiko tiga kali lebih tinggi berpotensi akan terkena kanker mulut bila dibanding orang yang tidak pernah minum alkohol. Sebaiknya Anda mencegah sariawan yang berbahaya dengan cara hindari atau kurangi minum beralkohol.

Sponsors Link

  • Hindari Paparan sinar matahari & Olahraga teratur

Sinar matahari di pagi hari sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Karena sinar matahari berfungi sebagi vitamin D serta bermanfaat membatu metabolisme tubuh manusia. Lakukan seperlu aja dan jangan sampai lebih dari jam 9 pagi, karena pada saat itu cahaya matahari berubah menjadi UV dan merusak tubuh manusia. Olahraga teratur juga akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu melawan pertumbuhan kanker.

  • Menjaga kesehatan mulut & Makan makanan bergizi

Di dalam mulut yang sehat dapat membantu melawan bakteri atau kuman di sekitar rongga mulut. Sebaiknya Anda rajin menyikat gigi dan rutin menggunakan benang gigi, serta rajin membersihkan lidah Anda setiap hari.

Anda juga wajib mengkonsumsi makanan sehat seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, teh hijau, tomat, kwaci, dll serta Anda juga waib memperbanyak konsumsi makan buah-buahan segar seperti stroberi, apel, mangga, dll. Hal tersebut dipercaya dapat meningkatan metabolisme serta sistem daya tahan tubuh.

Setelah mengetahui ciri ciri dan cara pencengahan sariawan yang berbahaya di atas, maka dapat diketahui bahwa sariawan hanyalah luka pada bibir pecah – pecah dan kering. Ada baiknya Anda menerapkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti menggosok gigi serta hindari pantangan sariawan.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti terhindar dari berbagai penyakit akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut serta memiliki mulut yang segar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk membantu Anda agar Anda lebih berhati – hati dalam menyikapi perubahan kesehatan tubuh.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Thursday 24th, May 2018 / 01:08 Oleh :
Kategori : Sariawan