Sponsors Link

Pulpitis Reversible : Definisi, Ciri Ciri Penyebab Pengobatan Dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyakit gigi termasuk penyakit pertengahan. Artinya penyakit ini memiliki status tidak terlalu ringan juga tidak terlalu berat. Walaupun begitu, penyakit gigi jenis apapun tidak boleh disepelekan apalagi didiamkan tanpa proses pengobatan dengan cara membersihkan gusi. Karena bisa jadi tindakan penyepelean itulah yang membuat penyakit gigi berubah ekstrim dan kronis.

ads

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang gangguan pulpitis reversible yang kami ulas secara lengkap dari segi definisi, ciri ciri, penyebab, tehnik pengobatan hingga cara pencegahannya. Semoga artikel ini bisa menjadikan tambahan motivasi anda untuk tidak mengesampingkan penyakit gigi seringan apapun penyakit tersebut.

Definisi

Pulpitis reversible disebut juga radang pulpa stadium pertama atau penyakit pulpitis yang teringan. Biasanya, jika penyebab penyakit ini sudah berhasil dihilangkan, peradangan atau inflamasi yang terjadi juga sirna sehingga pulpa anda kembali menjadi normal.  Walaupun begitu, radang pulpa ringan ini tetap mampu memunculkan rasa nyeri dan akan terasa sakit ketika anda menggunakannya untuk mengunyah.

Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh pulpitis reversible terasa lebih menyengat ketika anda mengkonsumsi makanan buah penyembuh sariawan bersuhu ekstrim seperti makanan terlalu panas atau terlalu dingin. Hal ini disebabkan oleh peradangan yang telah menyumbat jaringan syaraf pulpa sehingga pulpa menjadi tambah peka terhadap rangsangan suhu.

Ciri Ciri

Mengobati penyakit pulpitis reversible dengan resep makanan untuk anak sariawan adalah perbuatan yang harus segera dilaksanakan. Karena jika status penyakit ini bertambah kronis, tentu tehnik pengobatannya menjadi sangat sulit.

Namun, mengobati tanpa tahu gejala hanya akan membuat pengobatan yang dilakukan sia sia. Maka dari itu, berikut ini kami list gejala pulpitis reversible yang membedakannya dengan pulpitis lain sehingga nantinya anda tidak salah ketika melakukan tindakan medis kepadanya.

  1. Gigi terasa nyeri ketika bersentuhan dengan makanan dan minuman terlalu panas dan dingin
  2. Terlihat ada karies tipis di email gigi
  3. Nyeri hilang berbarengan dengan menipisnya karies
  4. Ada Tonjolan seakan pembekuan darah ( karemia ) di daerah gigi yang dilanjutkan dengan pembengkakan ringan.
  5. Rasa Nyeri dan Sakit berdurasi pendek alias tidak terlalu lama

Nah, jika anda mengalami gejala diatas, bisa jadi, gangguan pada gigi anda adalah gangguan penyakit pulpitis reversible. Ingat! Jangan sampai salah tehnik pengobatan ya! Pakai segera cara menghilangkan bintik di bibir yang ampuh.

Penyebab

Ada banyak penyebab pulpitis reversible yang harus anda jadikan pedoman jika anda tidak ingin mengalami gangguan ini. Ini dia penyebab penyebab tersebut, yaitu :

Sponsors Link

  1. Traumatik

Jika anda mengalami kecelakaan yang mengakibatkan gangguan pada permukaan dasar pada gigi akibat benturan, lambat laun gangguan tersebut akan mengubah gigi menjadi meradang yang jalur peradangannya hingga ke daerah pulpa.

  1. Preparasi Karvitas Tidak Steril

Preparasi karvitas adalah tindakan perbaikan terhadap gigi berlubang. Jika aktivitas ini tidak diselesaikan secara steril dengan tips agar nafas tidak bau seperti salah penggunaan obat, sentuhan mur pada gigi terlalu ekstrim dan lain lain, justru bisa membuat pulpa mengalami peradangan yang nyerinya sangat luar biasa.

  1. Dehidrasi Kavitas

Penyebab ketiga adalah dehidrasi kavitas. Dehidrasi kavitas atau kekeringan pada gigi  biasanya disebabkan oleh penggunaan obat kimia hingga pemakaian alkohol yang over dosis. Akibatnya, perlindungan gigi hingga pulpa menjadi tidak maksimal.

ads

  1. Karies

Karies adalah penyebab gangguan pulpitis reversible yang paling sering terjadi. Sebab, di dalam karies biasanya terdapat bakteri kasat mata yang akan meningkatkan kepekaan pulpa. Akibatnya pulpa menjadi meradang dan luka.

  1. Aneka Makanan Berasa Ekstrim

Penyebab pulpitis reversible dan stomatitis medikamentosa yang terakhir adalah makanan berasa ekstrim. Hati hati anda ketika mengkonsumsi makanan asam dan terlalu manis. Karena makanan ini bisa membuat pulpa anda mengalami pertambahan kepekaan yang over confidence. Akibatnya inflamasi muncul tanpa bisa dicegah.

Pengobatan

Nah, jika anda sudah tahu gejala dan penyebab pulpitis reversible, barulah anda boleh melakukan tindakan pengobatan pulpitis akut. Namun, anda jangan salah melakukan tindakan tersebut. Karena salah pengobatan berarti kesembuhan pulpitis reversible hanyalah isapan jempol semata alias sia sia.

  1. Membersihkan lubang gigi dengan pembersih khusus yang diakhiri dengan pengeringan menggunakan eugenol
  2. Diberikan anti nyeri berbahan parasetamol dengan dosis tepat
  3. Mengkonsumsi antibiotik seperti amoksisilin dengan dosis seimbang
  4. Dilakukan penambalan non permanen dengan sebelumnya diberi obat penenang syaraf

Nah, pengobatan pengobatan inilah yang sering dilakukan untuk mengatasi penyakit pulpitis reversible.

Pencegahan

Sekalipun penanganan pulpitis reversible tidak terlalu berbahaya, tetapi jika anda mengalaminya, dijamin selera makan anda pasti menurun. Bahkan, tidur malam anda akan terganggu akibat rasa nyeri yang dimunculkan.

Saran kami adalah lakukan pencegahan pulpitis reversible penyebab sariawan tak kunjung sembuh sedini mungkin, agar anda tetap bisa menikmati kehidupan yang indah dan membahagiakan ini.  Nah ini dia cara mencegah pulpitis reversible yaitu :

  1. Rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari
  2. Berkumur kumur menggunakan mouthwash
  3. Jangan merokok dan minum alkohol
  4. Hindari makanan berasa dan bersuhu ekstrim
  5. Kunjungi dokter gigi secara teratur

Itulah artikel tentang definisi, gejala, penyebab, pengobatan dan cara mencegah gangguan pulpitis reversible yang bisa anda jadikan tambahan pengetahuan tentang hubungan jus yang bagus untuk sariawan dengan kesehatan gigi anda.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 19th, November 2018 / 07:59 Oleh :
Kategori : Pulpitis