Sponsors Link

10 Perawatan Stomatitis Paling Aman Dan Murah

Sponsors Link

Stomatitis atau sariawan merupakan gangguan mulut yang sering terjadi di musim kemarau seperti saat sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh cuaca yang kering dan pengab sehingga mulut rawan kehilangan kelembaban. Padahal mulut yang lembab dibutuhkan untuk menetralisir bakteri yang ada di dalam ludah dan liur.

ads

Akibatnya bakteri berhasil melakukan infeksi, dan mulut serta bibir pun mengalami peradangan. Sekalipun anda sudah menerapkan semua cara membuat napas harum termahal.

Peradangan mulut atau stomatitis sering terjadi di area bibir, lidah atas hingga jaringan kulit lunak di bawah gusi. Jika dibiarkan, gangguan ini bisa menyebar ke dalam sinus sehingga lahirlah berbagai penyakit ( komplikasi ) dari polip hingga tumor dan kanker. Maka dari itu, merawat stomatitis supaya cepat sembuh adalah langkah tepat yang harus anda lakukan.

Berikut ini kami list perawatan penyakit kronis stomatitis yang bisa anda kolaborasikan dengan jus yang bagus untuk sariawan. Dengan perawatan ini dimungkinkan radang stomatitis bisa diringankan sampai stomatitis benara benar hilang tanpa bekas.

  1. Diberikan Antibiotik

Perawatan stomatitis yang pertama adalah diberikan antibiotik. Antibiotik ini berfungsi untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh sehingga bakteri tidak mudah untuk melanjutkan infeksi. Selain itu, obat dan cara mengobati kista mulut yaitu antibiotik berfungsi untuk menjaga metabolisme sel dan sirkulasi darah tetap lancar sehingga tidak terjadi peradangan kronis pada luka stomatitis.

  1. Minum Obat Anti Nyeri

Nyeri stomatitis sangat luar biasa. Anda tidak akan kuat menahannya apalagi jika lukanya bersentuhan dengan makanan terlalu panas. Pasti anda meringis setiap saat.

Nah, untuk perawatan radang stomatitis ketika nyerinya sudah tidak tertahan, anda bisa meminum obat anti nyeri berbahan paracetamol dan curtisol. Biasanya obat semacam ini memiliki manfaat bagus untuk stomatitis yaitu untuk mengurangi gejala peradangan dan anti nyeri.

  1. Mengoleskan Krim Anastesi

Jika bakteri penyebab stomatitis atau sariawan melukai bibir, mengoleskan krim anastesi adalah langkah tepat untuk segera menutupnya. Krim oles ini mengandung antioksidan dan vitamin C dengan fungsinya sebagai detoksifikasi dan pro skin. Selain itu, cream ini juga bagus untuk mengatasi berbagai pembekuan darah, menutup luka serta sebagai anti radang yang luar biasa.

  1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Jika anda kuat menahan nyeri, cara mengatasi air liur yang sangat bau yaitu berkumur menggunakan air garam juga bagus untuk menghilangkan stomatitis. Garam mengandung zat yang akan menetralisasi bakteri penyebab stomatitis. Itu artinya, dengan rajin memasukkan zat garam ke dalam mulut, bakteri akan banyak yang mati. Sehingga stomatitis atau peradangan perlahan lahan akan menipis dan hilang.

Sponsors Link

  1. Konsultasi Medis Dengan Rutin

Perawatan penyakit stomatitis yang kelima adalah melakukan konsultasi medis dengan rutin. Segala urusan penyakit, dokter lah yang lebih tahu. Maka dari itu, ketika anda mendapati gejala stomatitis menyerang, segera tanyakan pada dokter agar segera dilakukan perawatan perawatan dengan minuman penghilang bau mulut. Lakukanlah konsultasi minimal perminggu jika stomatitis tidak juga pergi dari mulut anda.

Nah, selain perawatan yang dilakukan oleh medis diatas, berikut ini juga kami list cara perawatan stomatitis dan penanganan pulpitis yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, yaitu:

  1. Kurangi Asupan Vitamin B

Vitamin memang bagus untuk kesehatan tubuh. Tetapi jika kadarnya berlebihan, justru penyakit yang bakal datang. Kelebihan vitamin B bisa menyebabkan over nutrisi atau kelebihan nutrisi di dalam tubuh. Ini tidak baik. Bahkan, resiko terburuk dari melimpahnya vit B di mulut yang sedang meradang, anda bisa mengalami peradangan stomatitis akut.

  1. Jangan Merokok

Penyebab tumor di gusi yaitu Rokok ternyata juga bisa mengurangi kelembaban mulut. Sehingga, ludah menjadi kental dan ludah akan ditempati bakteri untuk berkembang biak. Jika bakteri berhasil berkembangbiak, untuk selanjutnya dia akan melakukan infeksi pada bibir, gusi dan lidah. Infeksi itulah yang membuat organ mulut kembali meradang dan terluka sehingga stomatitis tidak kunjung sembuh.

Sponsors Link

  1. Jangan Minum Alkohol

Alkohol atau minuman keras bisa membuat mulut anda terbakar. Bahkan, alkohol bisa menimbulkan gangguan pada ginjal dan jantung. Semakin sering anda minum alkohol, semakin turun pula ketahanan tubuh anda.

Selain itu, alkohol bisa merusak lapisan bibir. Padahal lapisan bibir inilah pelindung pertama bibir dari serangan bakteri dan jamur. Jadi, anda suka alkohol, luka bibir yang disebut stomatitis tidak akan minggat dari mulut anda.

  1. Berkumur dan Rajin Menggosok Gigi

Mulut yang sehat tidak akan disukai stomatitis. Karena di mulut semacam ini, bakteri penyebab stomatitis akan kesulitan untuk berkembang biak. Cara menjaga mulut tetap sehat dan cara menyembuhkan luka di bibir itu ternyata tidak sulit. Anda menggosok gigi dan berkumur secara teratur saja sudah cukup untuk itu. Tentunya dengan cara lembut, dan produk berkumur dan pasta gigi yang anda gunakan berbahan aman dan tidak berbahaya.

  1. Jangan Memegang Mulut

Ketika mulut sedang meradang, memang pinggin nya dipegang terus akibat rasa gatal yang mendera. Namun, cara ini tidak boleh anda lakukan. Karena, tangan yang penuh bakteri bersentuhan dengan luka stomatitis, justru bakteri akan berpindah. Sehingga bakteri di dalam mulut menjadi bertambah banyak.

Itulah 10 perawatan stomatitis plus buah penyembuh sariawan yang bisa anda lakukan jika mulut sedang meradang. Lakukan cara diatas dengan teratur dan berkesinambungan agar hasilnya lebih memuaskan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 29th, October 2018 / 02:51 Oleh :
Kategori : Stomatitis