Sponsors Link

10 Penyebab Tumor Gusi yang Wajib di Waspadai

Sponsors Link

Apakah Anda termasuk salah satu penderita tumor gusi? Apa yang menyebabkan terjadinya tumor gusi? Bagaimana cara mengatasinya?  Terjadinya tumor gusi diawali dengan adanya benjolan kecil menyerupai sariawan, namun semakin lama akan tumbuh semakin membesar. Pembengkakan gusi dan sariawan gusi yang tidak segera diatasi akan memicu berkembangnya tumor jinak yang apabila dibiarkan maka akan berbahaya bagi gusi Anda.

ads

Perlu Anda ketahui bahwa semakin berkembangnya sel tumor pada gusi, maka akan berdampak pada penumbuhan sel dari ciri-ciri kanker gusi stadium awal. Bahaya gusi bengkak hingga dapat mengakibatkan gejala tumor bahkan kanker perlu diobati agar tidak menyebar menuju sel-sel tubuh lainnya.

Banyak sekali faktor penyebab tumor gusi yang sering dilakukan oleh seseorang, khususnya sering melakukan kebiasaan buruk. Tumor gusi terjadi karena akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut serta gusi.  Selain itu, pola hidup yang tidak sehat juga dapat memicu berkembangnya tumor di gusi.

Peradangan yang terjadi pada gusi akibat dari pola hidup yang tidak sehat apabila tidak segera diatasi, maka akan menjadi penyebab infeksi gusi. Kondisi pembengkakan gusi tersebut yang nantinya akan semakin parah dan bisa berkembang menjadi tumor gusi.

Berikut ini penyebab tumor gusi yang perlu Anda ketahui, yaitu diantaranya.

  1. Genetik/Keturunan

Faktor genetik atau keturunan merupakan salahsatu penyebab yang sulit dihindari dan diatasi. Hal ini karena hormon dan gen pembawa yang diperoleh dari orang tua yang memiliki riwayat penyakit kanker pastinya akan menurun kepada anaknya sebesar 5-10%. Walaupun kemungkinan terjadinya tidak terlalu besar, tetapi tetap harus diwaspadai dengan cara menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari tumor gusi.

Perlu Anda ketahui, bahwa seseorang yang menderita tumor gusi karena faktor genetik kemungkinan akan sembuh totalnya hanya sedikit persentasenya. Meskipun sudah diobati dan disembuhkan, kemungkinan yang akan terjadi lagi akan lebih besar apabila tidak dilakukannya upaya pencegahan.

Namun hal ini masih bisa diatasi dengan cara pencegahan terjadinya tumor gusi. Walaupun gen pembawanya memiliki riwayat penyakit tumor gusi, apabila Anda bisa menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dengan baik dan benar, maka hal ini akan terhindar. Sebisa mungkin Anda harus bisa menghindari hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan terjangkitnya tumor gusi.

  1. Inveksi HIV

Inveksi HIV/AIDS sudah semakin banyak di dunia ini. Banyak sekali penyakit yang dapat ditularkan melalui HIV/AIDS, melalui udara, darah, dan bersentuhan antar anggota tubuh, khususnya mulut yang akan memicu perpindahan virus menuju tubuh Anda. Orang yang terkena infeksi HIV bisa memicu terjangkitnya tumor gusi dan kanker jenis lainnya.

  1. Merokok

Merokok memang kebiasaan yang sangat tidak menyehatkan, bahkan dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Zat nikotin dan zat kimia lainnya yang terdapat dalam tembakau rokok dapat menyebabkan penyebabkan tumor gusi, bau mulut tidak sedap, hingga  dapat menimbulkan ciri-ciri kanker rongga mulut.

Munculnya tumor digusi memang tidak sekaligus dalam bentuk yang besar, akan tetapi dimulai dari adanya benjolan kecil seperti sariawan. Hal ini yang terjadi tanpa Anda sadari, khususnya bagi perokok aktif. 

Sponsors Link

  1. Kurangnya Menjaga Kesehatan Mulut

Seseorang yang kurang menjaga kesehatan mulut sangat mudah terserang penyakit mulut, seperti sariawan, bau mulut, sakit gigi, radang gusi, tumor, hingga kanker. Tumor gusi terjadi karena adanya bakteri yang berkembang di dalam gusi sehingga mengalami benjolan bahkan hingga pembengkakan yang semakin lama tumbuh menjadi sel tumor. Perlunya Anda melakukan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dan berkumur secara rutin, minimal 2 kali sehari agar terhindar dari bahaya penyakit mulut.

  1. Luka

 Luka di gusi yang tak kunjung sembuh akan menimbulkan radang gusi hingga terjadinya infeksi yang berkepanjanga. Terinfeksinya gusi dalam waktu yang lama tanpa diatasi dengan segera, maka akan menyebabkan tumor gusi. Teruntuk gusi yang luka karena terinfeksi bakteri, lakukanlah pengobatan dengan segera sebelum luka tersebut semakin parah hingga berkembang menjadi tumor gusi.

Gusi yang luka juga bisa disebabkan karena terjadinya sariawan gusi. Sebaiknya Anda melakukan cara mengatasi sariawan gusi terlebih dahulu apabila mengalami luka akibat dari sairawan gusi, karena gusi tersebut apabila semakin meradang maka akan menimbulkan tumor gusi. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan cara membersihkan gusi dan gigi dengan benar agar tidak terluka dan menimbulkan bekas luka yang nantinya akan memicu tumbuhnya sel tumor.

  1. Makanan

Penyebab tumor gusi juga bisa dikarenakan faktor makanan yang dikonsumsi secara tidak sehat. Faktor makanan tersebut bisa karena dari bahan kandungannya yang tidak sehat, bisa juga karena cara mengolahnya yang tidak benar. Hal ini menyebabkan berkembangnya bakteri dalam mulut atau zat aktif dalam tubuh yang dapat memicu terjangkitnya tumor gusi.

ads

Perlu Anda sadari bahwa mengkonsumsi makanan yang tidak bersih atau dalam keadaan mentah berpotensi mengakibatkan berkembangnya bakteri dalam tubuh, khususnya gusi. Selain itu, makanan bertekstur keras yang dapat melukai gusi dan makanan yang mengandung penyedap rasa (monosodium glutamat) pada makanan siap saji dapat memicu terjangkitnya tumor jinak. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar tetap sehat dan terhindar dari jenis-jenis penyakit mulut karena mengandung vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

  1. Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan sangat tidak dianjurkan untuk tidak dikonsumsi. Salahsatu dampak negatif dari alkohol adalah dapat memicu terjangkitnya tumor dan kanker dalam tubuh apabila dikonsumsi secara terus-terusan dalam jangka waktu yang panjang. Zat kimia yang terdapat dalam alkohol dapat merusak sel-sel jaringan dalam tubuh, khususnya pada gusi yang dapat mengakibatan timbulnya tumor.

  1. Mengkonsumsi Obat-obatan Terlarang

Sama halnya dengan alkohol, bahwa obat-obatan terlarang mengandung zat aditif yang mengakbatkan ketergantungan dan dapat merusak sel-sel jaringan dalam tubuh, khususnya pada gusi. Sudah ditetapkan juga oleh negara bahwa adanya larangan mengkonsumsi obat-obatan terlarang, sehingga bukan hanya tidak baik bagi kesehatan, melainkan merupakan tindakan kriminal jika Anda tetap mengkonsumsinya.

  1. Setres

Setres merupakan suatu keadaan seseorang yang terlalu memikirkan keadaan atau permasalahan yang ada hingga mengakibatkan depresi yang berkepanjangan. Hal ini akan mempengaruhi hormon seseorang yang nantinya akan berdampak pada berkembangnya sel tumor, khususnya pada gusi. Pola hidup sehat juga perlu agar terhindar dari efek setres yang berkepanjangan.

  1. Kurang Berolahraga

Olahraga merupakan hal terpenting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang agar terhindar dari segala jenis penyakit. Tumor gusi juga bisa disebabkan karena kurangnya olahraga, karena sistem imun dalam tubuh berkurang sehingga menyebabkan bakteri yang menyebabkan tumor cepat menyerang gusi Anda.

Itulah 10 penyebab tumor gusi yang perlu Anda ketahui. Faktor penyebab tersebut sebaiknya dihindari agar dapat diantisipasi supaya tidak terjadi pada diri Anda maupun keluarga Anda. Jika Anda mengalami pembengkakan gusi, maka segeralah diatasi agar tidak semakin parah dan berkembang menjadi tumor gusi.

Sebaiknya untuk mencegah terjadinya tumor, Anda terlebih dahulu melakukan cara mencegah gusi bengkak yang Anda alami. Jika gusi Anda sudah membengkak, pastikan Anda bisa melakukan cara menyembuhkan gusi bengkak dengan obat herbal agar aman dan nyaman tanpa menimbulkan efek samping agar pembengkakan tersebut tidak berkembang semakin parah menjadi tumor gusi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 08th, August 2018 / 04:18 Oleh :