Sponsors Link

10 Penyebab Tumor di Gusi Paling Sering Terjadi

Sponsors Link

Tumor gusi ada yang jinak ada juga yang ganas. Tumor gusi jinak biasanya tidak melakukan penyebaran ke organ tubuh yang lainnya. Sedangkan tumor ganas memiliki efek sebaliknya. Sebagian besar tumor gusi berciri ciri sama dengan ciri ciri kista mulut yaitu berbentuk tonjolan lunak tidak berbahaya. Namun, jika tonjolan ini tidak dihilangkan, berbagai kesulitan akan menyerang penderitanya, seperti sulit saat mengunyah dan rasa nyerinya bikin susah untuk tidur.

ads

Hal pertama kali yang harus anda pahami sebelum mengobati tumor gusi adalah penyebab penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyebab, anda tidak akan salah dalam melakukan tindakan pengobatan tumor gusi. Namun sayang, ternyata masih banyak orang yang kurang memahami penyebab penyebab tumor gusi.

Nah, untuk artikel berikut ini, kami akan menjelaskan secara khusus penyebab tumor di gusi dan penyebab kista mulut. Keterangan ini nantinya bisa anda jadikan rujukan dalam pencegah penyakit sekaligus pedoman agar anda tidak salah melakukan tindakan perawatan dan pengobatan.

  1. Masalah Genetical

Tumor gusi terkadang juga disebabkan oleh masalah keturunan atau istilah medisnya masalah gen. Namun, kasus ini tidak banyak. Dari jumlah seluruh kasus, penyebab infeksi pada gusi kategori genetical ini hanya 10 % saja. Walaupun begitu, penyebab inilah yang menjadikan tumor gusi amat sulit untuk diatasi karena gejalanya kambuhan.

  1. Makanan Padat

Mengkonsumsi makanan padat tidak boleh sembarangan. Jika anda salah mengunyah, makanan jenis ini bisa melukai gusi. Akibatnya, darah akan terinfeksi bakteri sehingga gusi menjadi bengkak atau meradang. Bukan itu saja, gusi yang luka bisa mengganggu sirkulasi darah sehingga tumor pun bermunculan.

  1. Alergi Obat Kimia

Ketika akan dilakukan tindakan medis pada gusi, dokternya pasti bertanya tentang riwayat alergi pasien terhadap obat kimia. Sebab, alergi pada obat kimia, merupakan ciri ciri kanker mulut yang justru memicu terjadinya peradikalan pada sel yang ada di dalam lapisan gusi. Nah, yang perlu anda ketahui adalah, salah satu efek dari alergi obat gusi berbahan kimia tersebut adalah bisa menimbulkan tonjolan tumor pada gusi.

  1. Trauma Pada Gusi

Penyebab tumor di gusi yang keempat adalah trauma pada gusi. Gusi berdarah pasca kecelakaan harus ditangani dengan serius. Salah satu bentuk tindakannya adalah membersihkan gusi dari darah sebersih bersihnya. Hal ini diperlukan demi tujuan kesehatan gusi itu sendiri agar terhindar dari bahaya sering sariawan. Sebab, jika darah yang terjadi akibat trauma kecelakaan tersebut masih menempel pada gusi, lalu bakteri berhasil melakukan infeksi kedalamnya, tentu datangnya tumor hanya tinggal menunggu waktu.

  1. Mencongkel Gusi

Gusi adalah deretan gigi yang berfungsi untuk menghancurkan makanan pencegah sariawan.  Nah, melihat kerja dari gusi, tentu varian gigi inilah yang paling banyak menyimpan sisa makanan. Mencongkel gusi demi menghilangkan sisa makanan tersebut memang wajar dilakukan. Tetapi bahayanya, alat pencongkel bisa melukai gusi. Nah, jika darahnya tidak ikut dibersihkan, tentu pembekuan darah menjadi hadiah yang wajib diterima.

Sponsors Link

  1. Menyentuh Gusi

Apapun alasannya, menyentuh gusi dengan tangan tidak diperbolehkan. Sebab, gusi manusia sangat rentan dengan sentuhan. Selain bisa mempercepat munculnya karies, memegang gusi juga bisa membuat permukaan gusi menjadi terluka.

Ironinya, sudah gusi terluka, anda masih memegangnya dengan tangan. Padahal tangan adalah tempat berkumpulnya ratusan bakteri yang siap merusak gigi gusi anda dari berbagai penjuru.

  1. Salah Menyikat Gigi

Gusi adalah gigi yang sulit dibersihkan. Selain karena lokasinya yang terpencil, jalur oral untuk sikat gigi juga sempit. Sehingga anda harus ekstra hati hati ketika menggosok gigi di area tersebut.

Jika anda menyikat gusi dengan kasar, khawatir gusi akan tergores. Sehingga gusi pun berdarah. Nah, ketika darah gusi ini berhasil di tempati bakteri, tentu peradangan berisi nanah yang disebut dengan tumor akan menimpa gusi anda.

  1. Kebiasaan Merokok

Rokok memang masalah bagi kesehatan yang nomer satu. Jangankan berefek pada munculnya penyakit berat seperti jantung dan kanker, rokok ternyata mumpuni untuk mendatangkan penyakit sekelas tumor gusi.

Hal ini disebabkan oleh postur nikotin yang lengket sehingga mudah menempel pada gigi. Memang, zat racun ini bisa diusir dengan cara menyembuhkan gusi bengkak yaitu berkumur kumur sehabis merokok. Akan tetapi jika anda terlupa, tentu nikotin akan terus melakukan perusakan pada gusi. Sehingga tumor gusi tidak bisa lagi dicegah. Jadi ganti rokok anda dengan buah penyembuh sariawan yang bebas efek samping.

Sponsors Link

  1. Menyentuh Gusi dengan Ujung Lidah

Lidah manusia berfungsi untuk membantu memperjelas suara saat berbicara. Namun, Ketika lidah ini dijadikan alat untuk menyentuh gusi, tentu itu tidak dianjurkan. Sebab, ujung lidah akan menyentuh gusi sekaligus membawa ludah kedalamnya. Padahal, ludah itu tempat bakteri. Dikhawatirkan aktivitas ini bisa membuat bakteri masuk ke gusi dan menetap disana untuk melakukan inflames atau peradangan.

  1. Gusi Berlubang

Penyebab tumor ganas pada gusi yang terakhir adalah gusi berlubang. Jika gusi sudah berlubang, sebaiknya segera dilakukan operasi pencabutan. Sebab, gusi yang berlubang adalah tempat mangkalnya sisa makanan. Terkadang sisa makanan ini tidak hilang sekalipun anda sudah berkumur dan menggosok gigi menggunakan obat bau mulut dan nafas. Nah, sisa makanan inilah yang mengundang bakteri masuk melukai gusi.

Itulah 10 penyebab tumor di gusi yang harus anda perhatikan dengan sungguh sungguh. Sudah menjadi kewajiban anda untuk menghindari seluruh penyebab diatas dengan cara mengatasi kanker mulut. Itu pun jika anda masih berharap gigi gusi anda sehat tanpa gangguan penyakit jenis apapun.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 29th, September 2018 / 02:34 Oleh :