Sponsors Link

10 Penyebab Stomatitis yang Harus Dicegah Secepatnya

Sponsors Link

Stomatitis adalah penyakit yang terjadi di dalam mulut. Penyakit stomatitis disebabkan oleh serangan bakteri herpes. Pertumbuhannya bisa dimana saja seperti di bibir bagian dalam, di rongga mulut atau di daerah gusi. Biasanya, penyakit stomatitis ini berupa pembengkakan pada jaringan lunak yang jika sudah parah, akan menimbulkan luka. Nah, Anda harus berhati-hati dengan penyakit ini. Selain rasa nyerinya luar biasa, stomatitis juga menjadi gejala awal munculnya tumor, sekalipun sudah dilakukan cara membuat napas harum paling mahal sekalipun. Lalu, apa saja kira-kira daftar penyebab stomatitis yang harus dicegah secepatnya? Paparan ini juga bisa Anda jadikan tips agar air liur tidak bau dan sebagai pedoman pencegahan. Saran kami, hindari penyebab tersebut agar mulut Anda lebih nyaman.

ads
  1. Kekurangan Vitamin C

Penyebab penyakit stomatitis dan penyebab kista mulut yang pertama adalah kurangnya vitamin C. Kurangnya vitamin C dapat diartikan bahwa Anda membiarkan hilangnya antioksidan di dalam tubuh. Padahal, antioksidan ini dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, detoksifikasi hingga kerusakan sel. Lantas apa jadinya sel di dalam mulut Anda, jika antioksidan di dalamnya sirna? Tentu saja akan berakibat buruk.

  1. Hidung Tersumbat

Jika Anda mengalami hidung tersumbat, segera cari cara untuk melegakan penyebab air liur bau tersebut. Sebab, dengan mampatnya hidung Anda, tentu pernafasan akan bertumpu pada mulut semata. Nah, efek panas dari oksigen yang Anda keluarkan lewat mulut tentu akan membuat mulut lebih kering sehingga bakteri mudah melukai rongga mulut Anda.

  1. Minuman Panas

Hindari kegemaran Anda minum minuman panas. Lebih baik Anda tunggu minuman tersebut menjadi hangat atau dingin terlebih dahulu untuk diminum kemudia. Jika Anda minum kopi atau teh yang masih panas, tentu mineral di dalam mulut akan mengering, sehingga ludah menjadi kental. Ludah kental inilah yang rawan menjadi pintu masuk kuman. Selain itu, hobi minum teh dan kopi panas akan membuat gigi cepat aus.

  1. Makanan Bertekstur Tajam

Makanan sehat itu identik dengan makanan yang bertekstur lembut. Sebab, selain mudah dikunyah, makanan juga mudah dicerna menjadi energi serta tidak mudah melukai kulit. Tentu, Anda tidak akan mendapatkan manfaat ini jika Anda mengkonsumsi makanan bertekstur tajam. Karena makanan sejenis kripik dan krupuk justru bisa melukai gusi, bibir dan pipi yang mana luka tersebut bisa terinfeksi bakteri yang menyebabkan Anda diserang stomatitis. Ini yang disebut akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut secara teratur.

  1. Luka Tergigit

Jangan entengkan masalah luka di dalam mulut akibat tergigit. Karena jika luka tersebut tidak segera tertutup, bakteri akan mudah berkembangbiak disana sehingga pembengkakan atau stomatitis tidak bisa dihindarkan. Bahkan, kanker darah bisa terjadi jika darah tersebut berhasil di rusak oleh kuman berbahaya.

  1. Efek Samping Obat

Penyebab stomatitis atau sariawan yang keenam adalah efek samping obat. Jika mulut terasa terbakar pasca Anda minum obat kimia, segera dinginkan dengan makanan pencegah bau mulut dan hentikan asupan obat tersebut. Karena dari mulut yang panas, akan muncul pengeringan frontal di sekitar mulut sehingga bakteri akan dengan mudah melakukan infeksi disana.

  1. Demam atau Panas Dalam

Demam atau panas dalam adalah penyebab munculnya penyakit stomatitis yang paling sering terjadi. Penjelasan sederhananya adalah jika tubuh sedang panas dingin dalam waktu cepat, tentu, energi Anda akan banyak terkuras. Sehingga Anda mudah lelah, mudah dehidrasi dan yang pasti, semua organ tubuh akan kekurangan pasokan mineral sehingga suhu panas akan menyebar dengan cepat pula. Suhu panas inilah yang bisa membuat mulut kering dan membengkak.

Sponsors Link

  1. Alergi Makanan

Salah satu bentuk alergi makanan adalah mulut terasa tebal karena ada pembengkakan di dalamnya. Jika Anda mengalami masalah ini, segera jauhi makanan tersebut sebelum pembengkakan di dalam mulut berubah menjadi stomatitis. Ganti makanan anda dengan resep makanan untuk anak sariawan yang bisa dibuat di rumah.

  1. Penurunan Imunitas

Penurunan sistem kekebalan tubuh juga termasuk penyebab luka bengkak stomatitis. Tentunya, jika imun sedang lemah, energi akan terkuras lebih cepat yang efeknya tubuh menjadi lemah dan mudah capek.

Nah, jika tidak dilakukan pemulihan tenaga, tentu imun yang lemah akan meminta produksi mineral secara kasar dari organ lainnya. Tujuannya untuk memberi anda sedikit tenaga untuk beraktifitas. Persoalannya adalah mineral di dalam mulut juga terkuras. Sehingga bukan hanya tubuh Anda lemah, mulut Anda pun juga mengering yang bisa di infeksi oleh bakteri.

  1. Mulut Kotor

Anda jarang gosok gigi dan berkumur kumur? Hati hati! Itu salah satu penyebab ciri ciri kista mulut. Jaga mulut Anda tetap sehat dengan cara mengobati mulut terasa pahit untuk meminimalkan masuknya kuman ke dalam mulut. Sebab, kuman di dalam mulut tidak diam saja. Mereka melakukan infeksi untuk melukai dan tempat luka tersebut yang akan dijadikan sangkar mereka ketika berkembangbiak.

Itulah 10 penyebab stomatitis yang harus Anda waspadai. Semoga mulut kita semua tetap sehat, karena dari mulutlah berbagai macam penyakit bisa bermunculan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 14:53 Oleh :