Sponsors Link

8 Penyebab Sariawan di Lidah dan Mulut yang Sering Diabaikan

Sponsors Link

Salah satu penyebab sering munculnya sariawan yang paling utama disebabkan karena kondisi perubahan hormonal, misalnya pada remaja yang mengalami pubertas, menstruasi, stress bahkan pada saat mengalami kehamilan. Sebagai contoh, apabila tubuh mengalami stres maka dapat membuat asam lambung mengalami peningkatan hingga akhirnya terkana tukak lambung.

ads

Bukan hanya lambung yang akan terkena efeknya akan tetapi pada daerah rongga mulut akan mengalami perubahan sel-sel dan mengakibatkan terjadinya sariawan. Sariwan bisa terjadi di lidah dan mulut. Pada artikel ini akan dibahas penyebab sariawan di lidah dan mulut.

Penyebab sariawan ini pun berbeda untuk dewasa dan anak – anak. Oleh sebab itu cara penanganan sariawan juga berbeda seperti pemberian obat sariawan untuk anak  umur 1 tahun. Pada anak sering mengalami bintik pada mulut. Penyebab bintik merah di sekitar mulut pada anak biasanya merupakan pertanda munculnya sariawan. Pada umumnya anak ketika sakit sariawan pasti mengalami susah makan.

Bagi para orang tua sebaiknya mengetahui cara mengatasi anak tidak mau makan karena sariawan, salah satu caranya adalah membuat resep makanan untuk anak sariawan atau menambahkan menu jus yang bagus untuk sariawan sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Sariawan pada lidah merupakan luka terbuka atau erosi yang bisa terjadi di mana saja di sepanjang permukaan lidah. Luka sariawan pada lidah seperti ini dapat diikuti munculnya sariawan di bagian lain di rongga mulut, misalnya di bibir bagian dalam, pipi, gusi, atau bahkan  di daerah tenggorokan. Berikut ini penyebab sariawan di lidah dan mulut.

Penyebab Sariawan di Lidah dan di Mulut

Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa kalian kenali untuk mencegah hal hal yang kemungkinan terjadi:

  • Oral Thrush

Kondisi pada mulut ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan berlebih dari jamur Candida albicana. Jamur candida albicana ini mengakibatkan bercak – bercak putih di sepanjang pipi bagian dalam termasuk lidah.

Lapisan tersebut jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka berpotensi dapat membentuk luka sariawan. Selain akan menyebabkan luka yang berwarna putih tadi akan tetapi oral thrush juga dapat menyebabkan retakan pada sudut mulut, lidah tidak berasa dan mulut kering.

  • Cidera Mulut

Kondisi mulut yang mengalami cidera ringan pada lidah berpotensi besar dapat berkembang menjadi sariawan. Dalam situasi ketidak sengajaan menggigit lidah, menyikat gigi terlalu keras, atau kecelakaan saat olahraga yang menimbulkan luka yang dapat berkembang menjadi sariawan di lidah.

  • Sensitif atau Alergi pada Makanan Tertentu

Mayoritas orang dapat mengalami reaksi iritasi atau alergi pada permukaan lidahnya apabila mereka mengonsumsi makanan tertentu. Sebagai contoh makanan seperti coklat, kopi, keju, kacang-kacangan, makanan pedas atau asam yang dapat menimbulkan iritasi hingga akhirnya membentuk sariawan pada lidah.

Sponsors Link

  • Kelainan Sistem Imun

Apabila daya tahan tubuh atau sistem imun tidak berfungsi secara benar, merupakan salah satu akibat dari sariawan pada lidah. Pada kondisi autoimun yang kurang baik dapat berpotensi menjadi penyebab terjadinya infeksi pada mulut dan lidah.

2. Penyebab Sariawan di Mulut

  • Kekurangan asupan vitamin C, B12 serta zat besi

Penyebab Mulut Sering Sariawan yang palig utama  adalah kurangnya beberapa mineral yang bermanfaat bagi organ tubuh manusia dalam meregenerasi sell, yaitu vitamin C, vitamain B12 serta zat besi.  Ketiga mineral tersebut sangat membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dari berbagai penyakit serta mampu memperlancar aliran darah ke bibir atau rongga mulut.

  • Konsumsi jenis obat-obatan tertentu yang juga dapat meningkatkan suhu tubuh

Aktifitas mengkonsumsi obat – obat tertentu yang belum pernah kita konsumsi dapat meningkatkan suhu tubuh yang berakhir pada kondisi badan lemah. Hal ini akan berdampak domino terhadap daya tahan tubuh menurun dan berakhir pada mudahnya terserang penyakit. Sebagai contohnya panas dalam dan sariawan, kondisiini diakibatkan oleh efek samping dari penggunaan obat tertentu.

Contoh obatnya seperti obat anti inflamasi nonsteroid yang mengakibatkan efek sariawan kepada orang yang alergi terhadap obat tersebut. Proses kemoterapi dan radioterapi serta mengkonsumsi obat yang berlebihan ternyata juga dapat menyebabkan terjadinya panas dalam disertai sariawan.

  • Kekurangan cairan sehingga tubuh mengalami dehidrasi

Kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan panas dalam dan sariawan. Hal ini berakibat berkurangnya mineral – mineral tertentu yang bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Sponsors Link

Sebagai contoh mineral tersebut adalah zat besi, karena zat besi ini mampu mencegah timbulnya panas dalam dan sariawan.  Selain itu cairan juga membantu tubuh manusia tetap segar karena cairan dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

  • Faktor emosional

Terdapat hubungan yang erat antara kondisi psikologi dengan kesehatan kita. Kondisi mental seseorang sedang terganggu  seperti terlalu banyak tekanan, pikiran dan stress maka kondisi tersebut dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti dapat terserang hipertensi, gangguan jantung, insomnia dan tubuh mudah lelah.

Oleh sebab itu, faktor emosional yang berujung pada stress berat akan berdampak timbulnya penyakit panas dalam disertai sariwana. Hal ini berhubungan dengan bagaimana otak akan mengalami gangguan dalam menjalankan perintah perintah dan mulut menjadi kekurangan asupan nutrisi dan lebih mudah terkena sariawan.

Nah, itulah beberapa Penyebab Sariawan di Lidah dan Mulut yang dapat Anda dan keluarga Anda waspadai dari sekarang. Ada baiknya Anda menerapkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti menggosok gigi serta hindari pantangan sariawan.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti terhindar dari berbagai penyakit akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut serta memiliki mulut yang segar.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 23:29 Oleh :
Kategori : Sariawan