Sponsors Link

7 Penyebab Sariawan Di bawah Lidah Yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Anda pernah mengalami sakit di area lidah saat makan akibat bahaya kumur air garam setiap hari? Hati-hati, itu bisa jadi merupakan gejala penyakit sariawan di lidah. Sekalipun tidak berefek pada hilangnya nyawa, tetapi penyakit ini harus tetap diobati dan dicari penyebabnya. Karena jika tidak segera diobati, atau penyebab sariawan di bawah lidah tidak diatasi,  penyakit akan bertambah parah.

ads

Definisi Penyakit Sariawan

Sariawan merupakan luka infeksi yang muncul di daerah mulut, termasuk menyerang lidah. Bahkan penyakit ini juga bisa menyerang area lain di mulut anda seperti di bibir bagian dalam, pipi, gusi, atau bahkan daerah tenggorokan.

Memang penyakit sariawan tidak begitu berbahaya asalkan bukan akibat makanan penyebab kanker mulut. Namun dampak rasa sakitnya tetap membuat hidup tidak nyaman apalagi ketika sedang makan dan berbicara.  Atas dasar itulah penyakit ini membutuhkan perawatan dan pengobatan maksimal. Supaya lidah masih bisa digunakan dengan baik.

Gejala Penyakit Sariawan di Bawah Lidah

Untuk bisa mengobati sariawan, anda harus tahu dulu apa sajakah penyebabnya. Karena dengan penyebab ini, pengobatan tidak salah sehingga penyakit sariawan akan hilang dengan segera.

Sebelum kami menjelaskan secara detil tentang penyebab-penyebab tersebut dan cara mengobati sariawan di langit-langit mulut, berikut kami sertakan gejala penyakit sariawan terlebih dahulu. Tanda-tanda penyakit menyerang yang membedakannya dengan penyakit yang lain.

Gejala sariawan yang pertama adalah munculnya rasa sakit di bawah lidah.  Bahkan dari beberapa kasus, rasa sakit ini juga diiringi dengan hawa panas seperti terbakar.  Efek dari gangguan ini adalah semua aktivitas dengan mulut tidak bisa dilakukan dengan nyaman seperti menggosok gigi, berkumur-kumur dan lain-lain

Jika gejala di atas sudah muncul, coba perhatikan lidah anda di cermin. Jika itu benar gejala sariawan, biasanya akan muncul luka berbentuk bulat berwarna putih dan tepiannya berwarna merah.

Gejala selanjutnya adalah luka sariawan menyebar ke seluruh lidah. Terkadang luka sariawan menyerang lidah atas, kadang juga menyerang lidah bawah. Bahkan samping kanan kiri lidah juga tidak lepas dari gangguan penyakit ini.   Selain itu sariawan juga tergolong penyebab macam macam penyakit gigi.

Penyebab Sariawan Di Bawah Lidah

Memang, mencermati letak lidah yang ada di dalam rongga mulut mengakibatkan organ ini rawan diserang bakteri jahat. Bahkan gangguan eksternal seperti tergigit, tertusuk duri juga acap kali menyerang lidah yang akhirnya menimbulkan sariawan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap mengenai penyebab sariawan, maka berikut listnya yang bisa anda jadikan sebagai pedoman pengobatan, yaitu:

  1. Oral Thrush

Oral Thrush adalah penyakit yang muncul akibat tumbuhnya jamur candida albicana di dalam mulut juga akibat bahaya mengunyah daun sirih yang kotor.  Jamur pembunuh nutrisi makanan pencegah sariawan ini terlihat seperti lapisan berwarna putih yang di dalamnya penuh dengan bercak.

Biasanya posisi jamur ini ada di bagian lidah dan pipi dalam. Jika fenomena ini tidak segera diatasi, lukanya akan semakin membesar sehingga muncullah sariawan. Bahkan gangguan ini juga bisa menimbulkan mulut kering dan berbau tidak sedap. 

Sponsors Link

  1. Cidera Lidah

Cidera ringan yang terjadi pada lidah juga bisa berkembang menjadi penyakit sariawan. Biasanya gangguan ini disebabkan oleh gigitan, menggosok gigi atau kecelakaan saat berolahraga.  Luka inilah yang akan membesar sehingga muncullah sariawan.

  1. Sensitif terhadap Makanan Tertentu

Sebagian orang akan menderita iritasi lidah akibat mengkonsumsi makanan tertentu yang tidak tergolong makanan penyembuh sariawan.  Biasanya makanan yang paling berpotensi menimbulkan iritasi adalah makanan dengan corak rasa yang tajam seperti makanan pedas, makanan asam dan makanan terlalu panas. Jika iritasi akibat makanan ini dibiarkan, lidah bisa terluka lalu muncul sariawan.

  1. Alergi

Penyebab sariawan di bawah lidah selanjutnya adalah akibat alergi. Mulut merupakan rongga sempit yang di dalamnya penuh dengan bakteri baik maupun bakteri jahat.  Fungsi dari bakteri ini berbeda-beda. Bahkan ada bakteri yang fungsinya hanya untuk menimbulkan alergi mulut terutama lidah.  Sariawan merupakan dampak dari alergi tersebut. 

Sponsors Link

  1. Bakteri dan Virus

Bakteri dan virus yang tinggal di dalam mulut, ketika melakukan serangan akan melukai mukosa sehingga muncul sariawan. Salah satu bakteri yang paling keras adalah Helicobacter Pylori.  Bakteri jahat yang juga menyebabkan gangguan herpes dan tukak lambung serta tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan sindrom sjogren.

  1. Kelainan Sistem Imun

Jika kekebalan mulut (imun) tidak terbentuk dengan baik, salah satu dampaknya adalah lidah akan mudah diserang sariawan. Bahkan auto imun yang tidak ideal juga bisa menyebabkan munculnya infeksi kronis di bagian lidah.

  1. Sensitif terhadap Bahan Kimia

Pasta gigi atau odol biasanya mengandung zat kimia yang disebut dengan istilah sodium lauryl sulfate. Sekalipun zat ini bagus untuk gigi, tetapi sebagian kecil orang sensitif terhadap zat tersebut. Akibatnya mulut menjadi terluka dan lidah mengalami jenis jenis sariawan.

Itulah beberapa penyebab sariawan di bawah lidah yang bisa disembuhkan karena manfaat mengunyah daun sirih. Semoga penyebab ini bisa anda antisipasi dengan baik sehingga lidah anda terbebas dari luka sariawan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 26th, April 2019 / 10:29 Oleh :
Kategori : Sariawan