Sponsors Link

10 Penyebab Sariawan Berkepanjangan yang Tidak Diketahui Orang

Sponsors Link

Gangguan sariawan memang menjengkelkan. Selain bisa mengurangi selera makan, gangguan panas dalam ini juga bikin badan demam dan susah buang air besar. Bahkan, jika sariawan sudah berstatus kronis, bahaya yang lebih parah seperti kanker bibir bukan mustahil untuk terjadi.

ads

Berhati hatilah dengan sariawan berkepanjangan. Sariawan yang tidak kunjung sembuh ini merupakan cikal bakal munculnya sariawan kronis yang efek bahayanya sudah kami jelaskan di muka.

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan penyebab sariawan berkepanjangan yang bisa dijadikan sebagai pedoman pencegahan. Ingat, masih lebih baik mencegah daripada mengobati! karena pengobatan itu mahal dan belum tentu sembuh total kecuali obat bau mulut dan nafas herbal.

  1. Menjilat Bibir

Kebiasaan mempraktekkan penyebab pinggir bibir hitam yaitu menjilat bibir saat sedang sariawan hanya menambah luka semakin parah. Memang, rasa nyeri sariawan sedikit ringan jika bersentuhan dengan ludah. Akan tetapi, jika ludah penuh bakteri, tentu bakteri tersebut akan menempel pada luka sariawan dan membuatnya lebih terinfeksi.

  1. Merokok

Jika sariawan menyerang, hendaknya anda berhenti merokok jika tidak ingin rasa nyerinya semakin parah. Lebih baik anda mengganti rokok dengan makanan pencegah sariawan. Ini lebih sehat.

Pasalnya, rokok membuat bibir kering, lapisan bibir menipis dan ludah mengental sehingga luka sariawan lebih sulit untuk disembuhkan.

Selain itu, asap rokok akan membuat tenggorokan kering dan gusi berdarah. Karena kandungan nikotin pada asap rokok akan menggerogoti mineral mulut hingga membuatnya kering kerontang. Lantas bagaimana anda tidak menderita? Sudah bibir sariawan tidak sembuh sembuh, bau mulut dan tenggorokan kering jadi masalah kedua.

  1. Makanan Panas

Makan makanan panas penyebab tumor gusi saat sedang sariawan hanya menambah gangguan ini sukar untuk sembuh. Boleh saja menggunakan produk anti sariawan yang mahal, tetapi kalau makanan harian anda semacam ini, dijamin obat tersebut tidak akan memberikan hasil maksimal. Malahan, makanan panas akan semakin melukai sariawan sehingga gangguan panas dalam ini akan berkepanjangan.

  1. Menyentuh Bibir

Penyebab sariawan berkepanjangan adalah kebiasaan menyentuh bibir dengan tangan. Jika tangan penuh bakteri, menyentuh bibir hanya membuat sariawan bertambah akut. Karena bakteri tersebut berpindah dari tangan ke bibir anda.

Maka dari itu, hentikan kebiasaan menyentuh bibir yang sedang sariawan sekalipun anda merasakan tidak nyaman jika tidak menyentuhnya.

  1. Radang Bibir

Radang bibir juga termasuk penyebab bibir sariawan berkepanjangan dan termasuk ciri ciri kanker rongga mulut yang harus diwaspadai dengan serius. Radang bibir ini biasanya disebabkan oleh kerusakan sel di dalam lapisan kulit bibir sehingga bentuk bibir tidak proporsional.

Sponsors Link

Selain itu, radang bibir juga disebabkan oleh pembekuan darah di dalam bibir. Nah. Jika radang bibir sudah terjadi, biasanya gejala yang timbul adalah sariawan. Sariawan karena radang bibir inilah yang sulit untuk disembuhkan.

  1. Menggaruk Bibir

Gejala sariawan dan ciri ciri bibir alergi lipstik yang sering terjadi adalah bibir terasa panas dan gatal. Hal ini disebabkan oleh pergerakan bakteri di dalam luka sariawan. Namun, sekalipun rasa gatal tidak terbantahkan, anda jangan menggaruknya.

Sebab, jika sariawan digaruk, lukanya akan semakin membesar. Sehingga harus ekstra keras untuk menghilangkannya. Tentu saja, proses penyembuhan sariawan semacam ini akan sangat lama.

  1. Minum Alkohol

Minuman keras jenis apapun jangan diminum saat sedang sariawan. Karena alkohol memiliki kecenderungan membuat bibir kering dan tipis. Selain itu, alkohol juga penyebab bibir tiba tiba bengkak yang membikin bibir pecah pecah dan panas.

Itu artinya jika anda minum alkohol bukan minuman penghilang bau mulut saat sedang sariawan, luka sariawan menjadi bertumpuk tumpuk sehingga benar benar sukar untuk diatasi dengan obat apapun. 

Sponsors Link

  1. Pemerah Bibir Kimia

Penyebab bibir dan mulut sariawan berkepanjangan yang harus diperhatikan oleh kaum wanita adalah pemerah bibir kimia. Pemerah bibir kimia bukan lipstik berbahan buah penyembuh sariawan jika bersentuhan dengan luka sariawan, senyawanya akan melakukan distraksi yang membuat luka semakin parah. Bahkan, luka yang awalnya berbau tawar bisa berubah menjadi busuk bahkan postur lukanya menjadi bengkak.

  1. Efek Samping Obat

Berhati hatilah ketika mengobati sariawan. Pilihlah obat yang tepat dan tidak mengandung efek samping. Sebab, efek samping obat sariawan salah satunya adalah menipiskan bibir sehingga sariawan tidak kunjung sembuh. Saran kami, pakailah obat sariawan herbal yang tentunya lebih aman dan tidak membahayakan. Cara ini lebih maksimal jika dikolaborasikan dengan cara mengobati kista di mulut yang alami.

  1. Terik Cahaya Matahari

Penyebab sariawan tidak sembuh sembuh yang terakhir adalah terik cahaya matahari. Jika keluar rumah, disarankan untuk menggunakan pakaian tertutup terutama di siang hari. Karena paparan sinar matahari secara langsung bisa mengeringkan bagian wajah termasuk bibir. Nah, bibir sariawan terkenal imbas cahaya matahari yang panas, tentu bibir menjadi kering dan sariawan menjadi lebih lama.

Itulah 10 penyebab sariawan berkepanjangan yang harus diwaspadai. Mengobati sariawan secepatnya adalah hal wajib yang mesti dilakukan. Karena jika sariawan terjadi berhari hari bahkan tahun, dijamin penderitaan anda semakin besar.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 27th, August 2018 / 10:32 Oleh :
Kategori : Sariawan