Sponsors Link

4 Penyebab Radang Mulut yang Berbahaya Bagi Tubuh

Sponsors Link

Penyebab radang mulut adalah berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit radang di mulutnya, dan kondisi ini harus sangat diwaspadai. Radang merupakan penyakit yang sering kali dianggap sepele. Padahal ada banyak sekali masyarakat yang terkena radang dan terlambat penanganan sehingga kemudian mengalami infeksi lebih lanjut.

ads

Radang mulut sebenarnya adalah juga termasuk penyakit yang disebabkan oleh kondisi gangguan kesehatan di mulut anda. Kondisi ini masih ada hubungannya dengan penyakit mulut lainnya yang terjadi akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin.

Mulut anda dapat mengalami peradangan atau kondisi sakit saat menelan karena dipengaruhi oleh keberadaan virus serta bakteri bakteri yang masuk ke mulut anda hingga ke tenggorokan. Kemudian bila dibiarkan terlalu lama maka radang ini akan berubah menjadi infeksi yang dapat menyerang bukan saja bagian mulut, tetapi juga hidung dan telinga yang terhubung.

Radang mulut ini dapat menyerang setiap manusia tanpa memandang usia. Kebanyakan pasien radang mulut tersebar mulai dari usia 5 tahun hingga 15 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan anda yang di luar rentang umur tersebut juga dapat mengalami radang mulut karena penyebabnya. Apa saja sebenarnya penyebab radang mulut ini? Bagi anda yang belum mengetahuinya, jangan sampai terlewat dan simaklah penjelasan mengenai berbagai penyebab tersebut pada bagian di bawah ini.

Penyebab Radang Mulut yang Berbahaya

Bagian sebelumnya sudah menjelaskan bahwa ada cukup banyak pemicu radang pada seseorang. Namun, karena banyak yang menganggap sepele maka anda pun lengah untuk menghindari penyebabnya. Berikut ini akan disampaikan beberapa penyebab radang pada mulut yang tergolong berbahaya efeknya. Jadi segera lakukan pencegahan setelah anda mengetahuinya.

  1. Radang Mulut Akibat Pengaruh Alergi

Penyebab pertama dari radang mulut pada manusia diketahui dapat karena adanya alergi yang anda alami. Alergi ini memiliki pemicu yang bisa berupa debu, jamur, serbuk sari bunga yang ada di sekitar anda lalu mengalami kontak dengan mulut anda. Selain itu, alergi juga dapat terjadi karena anda mengonsumsi suatu jenis makanan tertentu. Saat ini, ada banyak orang yang mengalami alergi terhadap makanan laut ataupun makanan jenis lain yang kemudian membuat terjadinya rongga mulut bengkak dan peradangan di mulut anda.

  1. Radang Mulut Akibat Pengaruh Udara Kotor yang Masuk ke Mulut

Selanjutnya, anda juga dapat mengalami radang mulut sebagai akibat dari masuknya udara kotor ke mulut anda. Udara kotor diketahui dapat membuat mulut bereaksi seperti gatal-gatal. Hal ini karena masuknya benda asing yang berbahaya untuk kesehatan mulut. Selain itu, udara kotor pun dapat membawa bakteri yang menjadi penyebab utama radang terjadi di mulut anda. Jadi sebaiknya, anda hindari udara kotor masuk ke mulut anda apapun caranya. Anda dapat menggunakan masker di tempat tempat tertentu misalnya.

Sponsors Link

  1. Radang Mulut Akibat Iritasi di Bagian Mulut

Penyebab yang ketiga ini dapat menjadi pemicu radang mulut karena adanya iritasi di mulut. Iritasi ini dapat dialami seseorang akibat selalu sering merokok, minum-minuman alkohol dan mengkonsumsi makanan pedas, juga penyakit mulut pada anak yang cukup sering terjadi. Hal ini membuat kondisi mulut anda akan menjadi terinfeksi dan membusuk dalam waktu singkat.

Oleh karena itu bahan dan kandungan dalam rokok, minuman alkohol dan konsumsi makanan pedas sangat tidak disarankan untuk terlalu sering anda konsumsi. Jika mulut mengalami iritasi, maka tidak lama lagi peradangan pun dapat terjadi.

  1. Radang Mulut Akibat Adanya Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Terakhir, kondisi radang mulut diketahui dapat juga terjadi akibat sariawan yang tak kunjung sembuh. Anda tentu sudah pernah mendengar bahwa sariawan adalah juga bentuk dari iritasi di mulut. Mulut yang iritasi akibat sariawan ini pun dapat terjadi karena kekurangan cairan dan vitamin. Akhirnya, radang mulut pun menjadi lebih mudah berkembang dan menyerang kesehatan anda. Jadi segera upayakan penggunaan obat sariawan yang manjur, agar radang mulut dapat dicegah.

Itulah tadi informasi mengenai setidaknya 4 penyebab radang mulut yang berbahaya dan harus anda cegah sedini mungkin. Berbagai penyebab yang telah dijelaskan di atas sebenarnya dapat dengan mudah anda hindari, jika saja anda lebih waspada. Selain itu, radang mulut pun dapat anda hindari sebagai manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Mulai sekarang anda sebaiknya selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dan memiliki mulut yang sehat tanpa peradangan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 17th, April 2018 / 03:47 Oleh :
Kategori : Radang Mulut