Sponsors Link

8 Penyebab Pulpitis yang Harus Anda Waspadai

Sponsors Link

Radang pulpa gigi atau istilah medisnya disebut pulpitis adalah penyakit yang menyerang gigi bagian dalam. Bentuk dari gangguan ini adalah munculnya peradangan atau pembengkakan ekstrim ( inflamasi ) di daerah pulpa hingga ke jaringan syaraf. Akibat dari penyakit ini adalah munculnya rasa nyeri luar biasa seperti tertusuk benda tajam. Yang mana, rasa nyerinya sulit hilang sekalipun sudah anda minimalkan dengan makan buah penyembuh sariawan yang manjur.

ads

Untuk menghindari penyakit pulpitis, anda harus tahu dulu faktor penyebabnya. Karena, dengan mengetahui faktor penyebab pulpitis, tentu tindakan pencegahan lebih tepat sasaran. Dan ingat! Dalam urusan penyakit semacam pulpitis, tindakan mencegah masih lebih baik daripada mengobati.

Atas dasar itulah, berikut ini kami list penyebab pulpitis dan tips pencegahan pulpitis atau radang pulpa yang justru sebagian besar dari list penyebab ini, sering dilakukan oleh banyak orang.

  1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah penyebab penyakit pulpitis yang paling sering terjadi. Jika gigi berlubang, tentu senyawa asam yang ada di dalam gigi akan mudah terinfeksi bakteri. Akibatnya pembengkakan atau peradangan hingga pembusukan pulpa muncul tanpa bisa kita cegah. Maka dari itu, mencabut gigi secara total merupakan langkah tepat untuk mencegah gigi berlubang terinfeksi bakteri penyebab pulpitis.

  1. Karies Gigi

Anda gemar merokok dan minum kopi? Hati hati! Karena senyawa nikotin dan kafein memiliki kecenderungan yang sama yaitu bisa mempercepat hadirnya gejala pulpitis yaitu karies gigi. Jika karies sudah banyak dan memenuhi postur gigi, tentu gigi akan mudah aus dan rusak dan gigi berlubang adalah hasil akhirnya. Nah, jika gigi sudah berlubang resiko pulpitis menyerang sangat besar.

  1. Gigi Retak

Gigi retak bisanya terjadi akibat faktor traumatik seperti kecelakaan dan peristiwa keras lainnya. Jika gigi retak tidak segera diatasi, sensitifitas gigi anda akan semakin tinggi. Sehingga, utamanya pulpa dan jaringan syaraf akan begitu mudah merespon suhu ekstrim secara kuat pula. Akibatnya, hanya terkena air dingin atau air terlalu panas saja, gigi sudah bengkak dan meradang. inilah bahaya pulpitif yang dijamin 100 % akan mengganggu anda.

  1. Kista Gusi

Salah satu penyebab pulpitis dan penyebab tumor di gusi yang juga harus diwaspadai adalah kista gusi. Kista gusi adalah penyakit borok yang terjadi pada gusi. Biasanya penyakit ini disertai dengan pembusukan yang baunya sangat menyengat.

Nah, jika kista gusi menyerang, tentu berbagai macam bakteri yang ada didalamnya akan melakukan penyebaran infeksi Hingga sampai pada permukaan gigi. Lama kelamaan infeksi ini akan masuk ke dalam pulpa. Nah jika pulpa sudah diserang infeksi, tentu posisinya yang dikelilingi lapisan luar gigi menyebabkan pulpa semakin tertekan dan bengkak. Dan jika ini sudah terjadi, minuman penghilang bau mulut harus anda siapkan di rumah.

Sponsors Link

  1. Gangguan Tulang dan Kulit Lunak

Pulpitis juga disebabkan oleh gangguan tulang serta kulit lunak. Jika tulang gigi keropos, gigi akan cepat aus sehingga terkena karies sedikit saja, lapisan gigi bisa rusak hingga berlubang. Dan ini terjadi sekalipun anda sudah melakukan seluruh tehnik pengobatan pulpitis akut  paling mahal sekalipun.

Selain itu, lapisan kulit gigi yang lunak juga beresiko menyebabkan pulpitis. Karena lapisan ini mudah sekali terluka dan lukanya bisa menyebar hingga ke daerah pulpa.

Selain 5 penyebab diatas, ternyata masih ada beberapa penyebab lain yang terjadi karena pola hidup yang anda lakukan tidak sehat. Nah, berikut ini kami berikan list penyebab masalah pulpitis yang ada hubungannya dengan pola hidup tidak teratur dan asal asalan alias tidak sehat.

  1. Kebiasaan Mencungkil Gigi

Apapun aktivitas anda yang sekiranya bisa melukai gigi, jangan dilakukan. Salah satunya adalah kebiasaan mencungkil gigi. Memang, ada beberapa orang yang merasa giginya tidak nyaman terutama saat setelah makan. Namun, mencungkil sisa makanan tersebut dengan benda tajam tidak dianjurkan. Karena bisa membuat gigi terluka dan pulpa membengkak. Jika ini sudah kadung terjadi tentu penanganan pulpitis harus dilakukan segera.

Sponsors Link

  1. Merokok dan Minum Alkohol

Hentikan kebiasaan anda merokok dan minum alkohol sekarang juga. Karena ini bukan cara mengobati kista mulut, Justru membuat kesehatan anda terkuras. Selain bisa merusak jantung, senyawa yang dikandung oleh benda benda diatas juga bisa merusak gigi. Terutama nikotin yang begitu mudah menempel di lapisan gigi yang lama kelamaan bisa menjadi karies penyebab pulpitis.

  1. Menyentuh Gigi Dengan Tangan

Gigi mengandung berbagai organ lunak yang amat rentan terhadap bakteri. Sebut saja, pulpa, jaringan syarat hingga akar gigi. Nah, jika anda suka menyentuh gigi dengan tangan, sama saja anda memasukkan bakteri ke dalam gigi. Bukankah tangan tempat berkumpulnya bakteri ?

Itulah 8 penyebab pulpitis atau radang pulpa yang tidak boleh anda anggap remeh. Silahkan jauhi penyebab diatas dengan mengkonsumsi makanan pencegah sariawan, niscaya gigi anda terbebas dari pulpitis. Itu artinya gigi anda lebih sehat, kuat dan tahan lama.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Saturday 20th, October 2018 / 08:28 Oleh :
Kategori : Pulpitis