Sponsors Link

6 Penyebab Nafas Tak Segar Yang Mengganggu

Sponsors Link

Kondisi nafas yang tidak segar dapat mengganggu aktivitas sehari – hari kita, apalagi yang sering berinteraksi dengan orang lain. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab nafas tak segar, pada umumnya faktor tersebut adalah bakteri yang terdapat pada mulut. Perkembangbiakan bakteri yang berlebihan pada organ mulut dapat menghasilkan aroma yang tidak sedap dan tentunya tidak segar. Salah satu pemicu nafas tidak segar adalah kurang atau jarangnya merawat kesehatan mulut dan gigi.

ads

Oleh karena itu, keuntungan dari menjaga bersihan gigi dan mulut, karena Anda dapat mendapat keuntungan seperti nafas yang segar. Apabila Anda sudah mengalami nafas dengan aroma yang tak sedap dan bau mulut, Anda bisa mencoba beberapa tanaman penghilang bau mulut. Selain faktor adanya aktivitas bakteri yang sudah dsebutkan di atas, penyebab nafas tak segar juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan nafas tidak segar. Bila Anda tidak minum air yang cukup, makanan yang masih tersissa pada mulut dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri yang terdapat pada mulut. Bakteri dapat berkembang dengan pesat hingga menyebabkan nafas menjadi tidak segar. Banyak minum air putih merupakan salah satu cara mengatasi bau mulut secara tradisional.

2. Sakit Maag

Sakit maag dapat menyebabkan bau mulut, hal ini dipengaruhi oleh aktivitas bakteri penyebab sakit maag itu sendiri, yaitu Helicobacter pylori. Bakteri tersebut dapat menyebabkan nafas tak segar karena infeksi yang terjadi pada daerah lambung. Infeksi yang diakibatkan oleh aktivitas bakteri tersebut dapat menghasilkan gas atau senyawa yang memiliki bau tidak sedap. Selain itu, bakteri tersebut dapat menurunkan tingkat keasaman daripada lambung, sehingga pencernaan makanan seperti protein tidak dapat dicerna dengan baik, hingga makanan yang terdapat pada lambung bisa menghasilkan aroma yang tidak segar.

3. Kelebihan Berat Badan

Berat badan dapat menjadi salah satu faktor penyebab nafas tak segar. Penelitian yang dilakukan oleh Tel Aviv University menunjukkan bahwa orang dengan kelebihan berat badan cenderung memiliki nafas yang tak segar, hal ini mungkin dapat disebabkan adanya kesalahan fungsi pada sistem biologis dari orang dengan berat badan berlebih. Oleh karena itu, sebaiknya kita menjaga berat tubuh yang normal dengan sering berolahraga dan mengonsumsi pola makan yang sehat dan teratur.

4. Mengidap Penyakit yang Berbahaya

Anda mungkin tidak menyangka bahwa beberapa penyakit yang serius dan berbahaya dapat menyebabkan nafas Anda tidak segar. Beberapa penyakit tersebut antara lain penyakit ginjal dan hepatitis. Selain penyakit tersebut, terdapat juga beberapa penyakit penyebab bau nafas seperti sinusitis dan radang amandel juga dapat menyebabkan nafas tidak segar. Bila Anda merasa kurang sehat disertai dengan ada baiknya Anda segera mengecek kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Sponsors Link

5. Baru Bangun Tidur

Hal ini tentunya sering terjadi pada hampir setiap orang. Pada saat Anda bangun tidur, nafas yang dikeluarkan terasa sangat tidak segar dan memiliki aroma yang tidak sedap. Hal ini dapat diakibatkan karena menurunnya produksi saliva pada mulut, sehingga menyebabkan bakteri mengalami perkembangan yang pesat saat kita tidur. Bila Anda sudah mengalami bau mulut ataupun nafas yang tidak segar, Anda bisa mencoba berbagai cara alami menghilangkan bau mulut seperti mengonsumsi air rebusan jahe.

6. Merokok

Merokok adalah penyebab nafas tak segar, hal ini disebabkan karena asap rokok yang memang memiliki aroma tidak segar (untuk sebagian orang kecuali perokok) dan juga pengaruhnya pada mulut. Merokok dapat menyebabkan produksi air liur menurun, sehingga meningkatkan aktivitas bakteri penyebab nafas tak segar. Anda bisa mencoba cara merawat mulut berbau paling mudah seperti menggunakan obat kumur, apabila nafas Anda tidak segar karena merokok, hingga menyebabkan bau mulut.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 31st, January 2018 / 07:12 Oleh :
Kategori : Bau Mulut