Sponsors Link

10 Penyebab Kista Mulut paling Menakutkan

Sponsors Link

Salah satu penyakit yang sering diabaikan oleh orang adalah kista mulut. Kista mulut adalah benjolan yang tumbuh secara liar di dalam rongga mulut. Tonjolan ini berbentuk kantung yang didalamnya berisi nanah. Statusnya serupa dengan tumor jinak dan blistik.

ads

Kista mulut tidak terlalu berbahaya dibandingkan abses. Namun, jika mulut mengalami gangguan ini, tentu anda akan mendapatkan berbagai macam kesulitan terutama ketika sedang mengunyah makanan. Apalagi biaya operasi gigi geraham bungsu dan kista sama mahal. Selain itu, kista mulut bisa berbahaya jika nanah dan darah yang pecah berhasil diinfeksi oleh bakteri. Karena berbagai macam gangguan mematikan bisa menyerang seperti kanker lidah dan kanker bibir.

Nah, jika anda tidak ingin mengalami penyakit mematikan diatas, berikut ini kami list penyebab kista mulut yang bisa anda jadikan bahan kewaspadaan sesuai dengan manfaat mouthwash untuk kesehatan mulut sehingga anda mampu mencegah penyakit ini sejak dini.

  1. Infeksi Bakteri

Mulut adalah tempat berkembangbiaknya berbagai macam bakteri. Ada bakteri penyebab bau mulut dan juga ada bakteri yang tugasnya membuat organ mulut seperti gigi, lidah dan gusi membengkak.

Nah terkadang pembengkakan organ mulut tidak semata berbentuk tonjolan padat melainkan tonjolan lembut yang berisi nanah. Nah tonjolan inilah yang disebut dengan kista mulut yang sulit disembuhkan sekalipun sudah menggunakan cara menyembuhkan luka di bibir.

  1. Gigi Berlubang

Jika gigi berlubang tidak segera dicabut, biasanya kuman yang menempel didalamnya akan melakukan distraksi ke berbagai organ lainnya. Contohnya adalah melakukan infeksi pada jaringan lunak di sekitar mulut.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok tidak baik bagi kesehatan mulut. Selain membuat mulut bau menyengat, rokok juga bisa menimbulkan tonjolan lunak pada mulut yang disebut dengan penyakit mulut pada anak yaitu kista.  Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin pada rokok yang berfungsi untuk  menipiskan mineral di  mulut sehingga bakteri mudah melukai dan membuat mulut bengkak.

  1. Menyentuh Rongga Mulut dengan Tangan

Jika anda selesai makan makanan penyembuh sariawan dan terasa mulut masih penuh dengan sisa makanan, jangan ambil makanan tersebut dengan menggunakan  tangan. Sebab, tangan anda adalah pintu masuk bakteri ke dalam mulut. Lebih baik anda menghilangkan sisa makanan tersebut dengan berkumur kumur lembut atau menggosok gigi.

  1. Makanan Panas

Penyebab kista mulut yang kelima adalah makanan panas. Makanan panas membuat ludah mengental. Jika ada bakteri yang berhasil melukai mulut, maka rongga yang panas dan ludah yang kental akan bersatu membentuk tonjolan atau pembengkakan. Tentu kita harus hati hati dengan pembengkakan tersebut. Khawatir itu pembengkakan kanker atau kista.

Sponsors Link

  1. Minuman manis

Minuman penghilang bau mulut dengan kandungan banyak gula tidak baik bagi kesehatan mulut. Bahkan minuman jenis ini bisa menimbulkan tumor lunak di dalam rongga mulut yang dikenal dengan sebutan kista mulut. Bukan itu saja, minuman yang sangat manis bisa merusak email gigi sehingga gigi mudah berlubang dan keropos.

  1. Sariawan Kronis

Jika anda terkena sariawan segera obati dengan cara mengobati bibir gatal dan kering sebelum statusnya bertambah parah. Sebab, luka sariawan jika terkena kuman akan terinfeksi sehingga timbul masalah baru yang lebih kronis, yaitu inflamasi atau peradangan pada bibir dan mulut.

  1. Makanan berpostur tajam

Makanan berpostur tajam tidak layak anda konsumsi. Karena makanan seperti keripik, kerupuk dan yang sejenisnya bisa membuat mulut terluka. Jika yang terluka adalah area mulut yang lunak, pembengkakan pasti terjadi. Bahkan yang paling parah, kista mulut bisa datang menyerang anda.

Sponsors Link

  1. Minuman Keras

Minuman keras atau minuman beralkohol bukan cara mengobati kanker mulut yang baik karena bisa membuat ludah mengental. Sebab, minuman ini mengandung zat pengering ekstrim yang membuat mineral di di dalam mulut menjadi habis. Akibatnya, bakteri mudah berkembangbiak sekaligus semakin leluasa untuk melakukan infeksi pada sel dan jaringan lunak.

  1. Infeksi Gigi

Penyebab kista mulut dan penyebab sariawan berkepanjangan yang terakhir adalah infeksi gigi. Jika gigi sudah rusak, tapi tidak segera dicabut, bakteri akan menyerang gigi tersebut hingga posturnya menjadi meradang. Ketika gigi sedang meradang atau bengkak, ternyata masih ada beberapa bakteri yang menularkan infeksinya pada bagian lain di dalam mulut. Jika bagian jaringan lunak yang diserang, tentu tonjolan atau kista bisa saja terjadi.

Itulah beberapa penyebab penyakit kista mulut yang harus diwaspadai dan diobati dengan cara mengobati kista di mulut. Jika anda ingin bebas dari tumor jinak ini, segera cegah perilaku perilaku diatas sebelum anda menyesal. Ingat, masih lebih bagus mencegah daripada mengobati.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 10th, September 2018 / 08:06 Oleh :