Sponsors Link

8 Penyebab Bintik Merah Di Sekitar Mulut Anak Yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Penyebab bintik merah di sekitar mulut anak bila dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan komplikasi penyakit hingga peradangan jaringan otak.

ads

Sebagai orang tua yang mawas diri dan mengerti betul akan kesehatan sang anak, hendaknya para orang tua harus ekstra hati – hati dan waspada bila sang buah hati masih di bawah umur 10 tahun. Mengapa ? Sebab di usia ini, anak – anak masih rentan dengan berbagai jenis penyakit yang sumbernya berasal dari tangan kotor, jajan sembarangan ataupun kebiasaan memasukkan jari tangan atau benda ke dalam mulut. Hal – hal seperti inilah yang  yang seharusnya tidak lepas dari pandangan orang tua supaya anak – anak terhindar dari penyakit terlebih penyakit mulut.

Jadi sebenarnya apa saja akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut yang menjadi 8 penyebab bintik merah di sekitar mulut anak, berikut penjelasannya :

  1. Sindrom alergi mulut (oral allergy syndrome/OA)

Rasa gatal di sekitar bibir, mulut dan kerongkongan ini sebagai efek dari sindrom alergi mulut karena alergi akan kandungan protein pada bahan makanan terutama seperti  sayur dan buah yang dikonsumsi dalam kondisi mentah atau alergi susu sapi.

Hal ini bisa disembuhkan dengan menghindari sumber penyebab alergi seperti buah pisang, apel, pir, kiwi, mentimun, sayur mentah atau kacang – kacangan. Bila Anda sudah menemukan sumber masalahnya, Anda bisa mengganti sayur atau buah tersebut ke dalam bentuk lain untuk mengkonsumsinya. Misal sang buah hati alergi buah apel, maka Anda bisa menggantinya dengan jus apel. Atau misal alergi dengan kacang tanah, Anda bisa mengganti selai roti anak Anda dengan kacang almond.

Dan contoh lain, bila sang anak sering menunjukkan gejala bintik merah di sekitar mulut setelah meminum susu sapi kesukaan mereka baik susu bubuk atau UHT, sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama. Segeralah mengganti susu sapi sang buah hati dengan susu lain seperti susu soya yang berasal dari kacang kedelai, tentu setelah Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak.

  1. Jamur mulut candida albicans

Jamur yang biasanya tumbuh di sekitar bibir, gusi dan lidah anak ditandai dengan munculnya bintik merah di sekitar mulut anak. Penyebab utama dari keberadaan jamur mulut candida albicans ini dikarenakan sang anak terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi akan kandungan gula.

Gejala awal yang mudah sekali dikenali ini terlihat pada lidah yang berwarna keputihan selain keberadaan bintik merah di sekitar mulut. Untuk menghindari munculnya jamur ini pada bayi Anda, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu puting Anda dengan air hangat sebelum menyusui dan melap bersih sisa ASI pada sekitar mulut bayi sesudah menyusui.

Sponsors Link

  1. Cheilitis

Atau dikenal dengan nama eksim jilatan adalah peradangan pada sekitar mulut termasuk area bibir. Ciri yang mudah dikenali dari kehadiran penyakit ini adalah adanya ruam bintik merah di sekitar mulut disertai dengan area tepi bibir dan juga bibir mengalami kering serta pecah – pecah.

Penyebab yang dapat menimbulkan munculnya penyakit ini karena :

  • Mudah iritasi
  • Infeksi kuman
  • Kekurangan zat besi, vitamin B atau folat
  • Faktor udara dingin dan kering
  • Terlalu lama terpapar sinar matahari
  • Reaksi akan alergi

Untuk mengatasi eksim jilatan atau Cheilitis ini, Anda sebagai orang tua harus rajin memberikan pelembab bibir pada bayi atau anak Anda guna mengurangi melebarnya area luka.

ads
  1. Flu Singapura

Jenis penyakit ini pernah menggemparkan seluruh negeri ketika pertama kali dikemukakan oleh beberapa ahli pada tahun 2008 lalu. Penyakit flu singapura atau yang biasa dikenal dengan penyakit kaki, tangan dan mulut (KTM) ini disebabkan oleh hadirnya virus yang bernama enterovirus A yang masuk melalui pembuluh darah dan melakukan penyebaran dimulai dari mulut, masuk ke saluran pencernaan dan berakhir di seluruh tubuh.

Tanda awal kemunculan flu singapura, dapat dikenali dengan adanya bintik merah pada sekitar mulut anak, tangan dan kaki juga terkadang dapat ditemukan pada lipatan paha atau siku, lutut dan pantat. Bersamaan dengan gejala itu, juga muncul demam tinggi yang tak kunjung turun, sakit pada tenggorokan dan munculnya luka seperti melepuh di gusi, lidah dan pipi.

Langkah antisipasi pertama yang harus diajarkan dan diterapkan pada buah hati Anda adalah dengan rajin mencuci tangan sebelum makan atau minum. Karena penyakit flu singapura ini tidak membutuhkan karantina perhatian khusus dan konsumsi obat anti biotic. Jadi sangat disarankan menjaga kebersihan menjadi kunci utama dalam mencegah penyebaran penyakit flu singapura ini.

  1. Pertumbuhan sel kanker

Bukan bermaksud menakuti Anda, namun seringkali munculnya kanker mulut ini sebelumnya ditandai dengan kehadiran bintik merah di sekitar area mulut anak Anda. Jumlah bintik merah yang semula sedikit dan hanya terfokus di area mulut saja, lambat laun akan menjadi banyak dan menyebar.

Anda harus segera menemui dokter bila menemukan bintik merah pada sekitar mulut anak secara tiba – tiba dan disertai dengan pembengkakan.

  1. Terkena paparan sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet yang kejam di waktu matahari terik mengakibatkan munculnya bintik merah di sekitar mulut anak sebagai akibat dari perubahan pigmentasi.

Dengan menghindari paparan sinar matahari langsung, dapat mengobati dan mengurangi dampak terkana paparan sinar matahari.

  1. Reaksi akan alergi

Pada bayi atau anak – anak, reaksi akan alergi makanan, minuman, obat, serta polutan udara dapat menjadi sebab munculnya bintik merah di sekitar mulut. Hal ini menandakan bibir mengalami tingkat sensitifitas yang berlebih.

Guna menghindari timbulnya alergi, sebaiknya Anda memberikan perhatian ekstra pada sang buah hati mengenai makanan, minuman atau jenis obat apa saja yang bisa menjadi pemicu timbulnya alergi.

  1. Sindrom peutz – jegher

Munculnya sindrom ini karena adanya efek genetika yang diturunkan kepada buah hati. Sindrom ini dapat mengakibatkan bibir pecah pecah dan kering serta timbul bintik merah di sekitar mulut anak.

Sponsors Link

8 penyebab bintik merah di sekitar mulut anak ini dapat dihindari dengan tips pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti berikut :

  • cara menghilangkan bibir kering dan mengelupas yakni dengan rajin menyikat gigi dan berkumur ketika selesai makan atau meminum susu
  • Jangan pernah biasakan sang buah hati Anda terlelap dalam kondisi sambil minum susu
  • Siapkan pasta gigi khusus anak dengan sikat gigi karakter yang lucu untuk membangkitkan semangat anak bersikat gigi sebelum dan sesudah bangun tidur
  • Anda dan buah hati harus sesering mungkin mengkonsumsi air putih guna menghindari resiko dehidrasi
  • Anda dan buah hati juga bisa mengkonsumsi obat tradisional mulut kering secara rutin sebagai pencegahan munculnya penyakit mulut
  • Bila ibu terkena infeksi pada vagina yang ditandai dengan rasa gatal serta keputihan, sebaiknya hindari terlebih dahulu memegang area mulut bayi ataupun memberikan puting susu Anda

Inilah 8 penyebab bintik merah di sekitar mulut anak yang harus mendapat perhatian ekstra oleh Anda selaku orang tua.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Tuesday 30th, January 2018 / 02:56 Oleh :
Kategori : Radang Mulut