Sponsors Link

10 Penyebab Bibir Pecah Pecah Dan Berdarah yang Wajib Dicegah

Sponsors Link

Masalah bibir pecah pecah adalah problem yang normal terjadi terutama di musim panas. Akan tetapi, jika bibir pecah pecah disertai pendarahan, maka harus segera dilakukan tindakan pengobatan supaya gangguannya tidak semakin parah.

ads

Mengobati bibir pecah pecah lebih manjur jika obat yang diberikan sesuai dengan penyebab penyebabnya. Maka dari itu, berikut ini kami list penyebab bibir pecah pecah dan berdarah dan penyebab bibir bayi kering dan mengelupas yang bisa anda jadikan pedoman pencegahan maupun pengobatan yang lebih mengena.

  1. Bibir Terlalu Kering

Jika bibir kering dibiarkan terlalu lama, tekstur bibir akan menipis sehingga mudah sekali pecah dan berdarah. Apalagi di musim panas, yang mana di musim tersebut, penyebab bibir tiba tiba bengkak bermunculan akibat tubuh manusia cenderung mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Akibatnya bibir akan kehilangan kelembabannya.

  1. Radang Gusi

Masalah bibir pecah pecah dan usus kotor penyebab bau mulut juga disebabkan oleh radang gusi yang kronis. Biasanya penderita radang gusi kesulitan untuk mengunyah makanan. Itu artinya, kuantitas makanan yang masuk ke dalam mulut berkurang begitu juga bibir akan mengalami penurunan gerak mengunyah.

Bibir semakin kurang bergerak, kelembabannya akan semakin habis. Sehingga bibir menjadi lebih tipis dan mudah terluka. maka dari itu pelajari cara mencegah gusi bengkak untuk mengatasinya.

  1. Menjilat Bibir

Kebiasaan menjilat bibir tidak layak anda pertahankan. Memang, sensasi rasa yang dimunculkan sangat nikmat. Selain bibir terasa lebih sejuk, bentuknya juga seakan lebih tebal.

Akan tetapi, bahaya dari kebiasaan menjilat bibir adalah mempercepat proses pengeringan mineral yang ada di dalamnya. Maka jangan heran, kalau anda terbiasa menjilat bibir, anda juga sering mengalami bibir mengelupas dan pecah pecah.

  1. Bernafas dengan Mulut

Bernafas yang ideal adalah mengambil oksigen melalui mulut lalu mengeluarkannya melalui rongga hidung atau bernafas menggunakan hidung. Akan tetapi kadang kala ada orang bernafas justru mengeluarkan oksigen melalui mulutnya. Padahal bernafas melalui mulut ini bisa mengeringkan bibir. Maka dari itu, berlatih olahraga secara rutin bagus untuk meningkatkan kemampuan bernafas melalui hidung sekaligus membuat badan lebih sehat.

  1. Akibat Udara Dingin

Peringatan keras untuk anda yang gemar sekali menghidupkan AC di dalam ruangan, yaitu hentikanlah minimal mengurangi pemakaiannya. Memang, pendingin electric penyebab bibir cepat kering ini bisa membuat ruangan menjadi sejuk bahkan dingin. Akan tetapi efeknya bagi kesehatan tidak bagus. Selain bisa membuat paru paru basah, ruangan dingin juga membuat bibir pecah pecah.

Sponsors Link

  1. Akibat Sariawan

ciri ciri kanker gusi stadium awal yaitu Sariawan atau panas dalam merupakan efek dari meningkatnya suhu panas tubuh. Biasanya gangguan ini terjadi jika peningkatan suhu panas disertai rendahnya antioksidan yang membuat kekebalan tubuh ikut berkurang.

Saking panasnya tubuh akibat sariawan, pengeringan mineral penyebab sariawan di lidah terjadi dimana mana. Termasuk di daerah bibir dan tenggorokan. Jika sariawan ini tidak diobati, bibir akan semakin kering dan berdarah.

  1. Tenggorokan Meradang

Jika tenggorokan anda sedang meradang atau inflames, anda akan kesulitan untuk menelan. Akibatnya penurunan selera makan tidak bisa dihindari. Penurunan pola makan akan berakibat pada minimnya gerakan mulut. Padahal gerakan mulut dibutuhkan untuk menjaga tekstur bibir tetap ideal.

  1. Perokok Berat

Orang yang suka merokok apalagi perokok berat, kami jamin, selain mengakibatkan penyebab lidah sakit dan bibir menghitam, tekstur bibir juga kering dan tipis. Sebab, kelembaban bibir dirusak oleh zat nikotin yang menempel. Bukan itu saja, racun tembakau ini juga bisa merusak sel bibir sehingga mudah sekali diserang kanker.

Sponsors Link

  1. Penyakit Diare

Penyebab bibir pecah pecah dan berdarah selanjutnya adalah akibat penyakit diare. Salah satu bahaya diare adalah membuat penderitanya lemas dan mudah lelah. Hal ini disebabkan oleh terkurasnya mineral tubuh pasca BAB.

Jika mineral tubuh terkuras, tentu organ organ tubuh mudah sekali kehilangan kelembaban. Salah satu anggota tubuh yang ikut terbias pengeringan ini adalah bibir. Bibir akan pecah pecah. Bahkan, jika anda diare berhari hari, bibir akan mudah sekali mengelupas dan berdarah.

  1. Pemerah Bibir Kimia

Untuk anda para perempuan, berhati hatilah jika memilih pemerah bibir penyebab bau mulut saat bangun tidur. Pastikan produk lipstik yang anda gunakan tidak berbahan kimia. Pasalnya, kosmetik bibir berbahan kimia memiliki efek samping yang amat membahayakan bibir anda. Salah satu efek sampingnya adalah membuat bibir tipis dan terluka.

Itulah penyebab bibir pecah pecah dan berdarah dan penyebab infeksi gusi berbahaya yang harus anda cegah sejak dini. Mari, jaga kecantikan bibir anda dengan selalu merawat dan menjaga kesehatannya.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 26th, July 2018 / 13:32 Oleh :