Sponsors Link

7 Penyebab Bibir Cepat Kering yang Wajib Anda Tahu

Sponsors Link

Bibir kering merupakan masalah kulit yang lumrah terjadi. Sekalipun sepele, gangguan ini bisa merusak penampilan dan kecantikan. Jangan harap anda menjadi pusat perhatian jika tekstur bibir seperti itu, sekalipun paras anda sangat cantik dan seksi.

ads

Yang menjengkelkan dari bibir kering ialah rasa sakit yang ditimbulkan. Jika bibir sampai terluka karena saking keringnya, rasa perih yang ditimbulkan sungguh luar biasa. Anda akan terus menjilati bibir supaya rasa perihnya hilang. Tentu, aktifitas yang anda lakukan tersebut akan membuat anda risih saat berbicara dengan orang lain. Anda para orang tua juga harus hati hati dengan bibir kering. karena bibir kering merupakan awal mula munculnya penyakit mulut pada anak.

Banyak orang mengatakan penyebab bibir kering adalah cuaca ekstrim. Jika udara terlalu panas atau terlalu dingin, otomatis mineral di dalam tubuh berkurang sehingga berefek pada mengeringnya kulit bibir. Maka dari itu, semakin minim stok mineral tubuh, kulit bibir juga  semakin kering. Cuaca panas juga penyebab mulut sering sariawan yang harus anda waspadai.

Selain karena cuaca ekstrim, ternyata bibir cepat kering juga disebabkan oleh faktor lain. Nah, berikut ini kami jelaskan penyebab bibir cepat kering yang harus anda ketahui dan waspadai.

  1. Menjilat Bibir

Kebiasaan menjilat bibir merupakan penyebab bibir cepat kering yang tidak banyak diketahui orang.

Dengan alasan cuaca panas dan bentuk bibir tidak seksi, seringkali anda menjilati bibir anda sendiri. Padahal, ketika ludah bercampur dengan angin, penguapannya lebih cepat. Ironinya, penguapan ludah di bibir juga membawa serta mineral dari permukaannya sehingga bibir menjadi kering. Bukan itu saja, metabolisme campuran ludah dan angin inilah yang menjadi penyebab air liur bau. Anda juga harus tahu kalau kebiasaan menjilat bibir bisa menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan bau mulut menyengat yang bikin anda tak PD.

  1. Mengalami dehidrasi

Dehidrasi atau kurang cairan merupakan masalah serius yang kurang mendapat perhatian. Padahal, dehidrasilah penyebab munculnya penyakit berbahaya sekaliber asma dan gagal ginjal. Selain itu, Dehidrasi menjadi faktor penyebab utama bibir anda cepat kering.

Fungsi cairan di dalam tubuh tidak hanya membantu proses metabolisme dan cara membuat nafas wangi semata, melainkan ikut menjaga kulit bibir tetap lembab. Nah jika kulit bibir lembab, serangan panas dari cuaca maupun bakteri akan tersaring oleh hawa sejuk, sehingga bibir terhindar dari proses pengeringan yang kronis.

  1. Efek Samping Obat Kimia

Jika anda sedang sakit, tentu anda akan  berobat supaya penyakit anda sembuh. Namun, keseringan mengobati penyakit menggunakan obat kimia bukan langkah tepat. Sebab, obat obat kimia mengandung banyak efek samping.

Pada umumnya, efek samping obat kimia adalah  pusing, sesak napas, mual mual hingga muntah. Dan Ada juga satu efek samping obat kimia yang pasti terjadi saat anda mengkonsumsinya yaitu, membuat bibir kering.

Nah, daripada penampilan anda rusak akibat bibir kering, lebih baik ganti obat kimia  dengan obat herbal tradisional. Anda juga bisa menggunakan obat tradisional mulut kering jika bibir anda sudah kadung mengering karena efek samping obat kimia.

Sponsors Link

  1. Menggigit Bibir

Anda suka menggigit bibir saat sedang resah atau sedang mengkhawatirkan sesuatu? Kebiasaan ini lumrah dilakukan oleh masyarakat. Namun, tahukah anda jika kegemaran menggigit bibir memiliki resiko besar?

Mengigit bibir beresiko mencederai bibir anda. Bahkan, gigitan tersebut bisa melukai bibir anda dan merusaknya. Ujung ujungnya anda akan mencari obat sariawan yang manjur bukan? Selain itu, keseringan menggigit bibir juga membuat bibir kering. Karena ludah dan gigi akan membawa bakteri mengendap di permukaan bibir anda.

  1. Iritasi Kosmetik

Mengoleskan lipstik, lip balm, scrub ataupun alat kosmetik khusus bibir lainnya tidaklah dilarang. Namun, anda harus hati hati dengan produk kosmetik kimia atau produk imitasi. Karena kosmetik semacam ini rawan mengiritasi kulit bibir anda sehingga bibir akan terlihat lebih kering.

Pastikan juga anda menggunakan kosmetik perona bibir dan semacamnya dengan tidak berlebihan. Karena yang berlebihan hasilnya tidak bagus. Salah satunya bisa membuat bibir pucat, retak bahkan luka. Menakutkannya lagi, kosmetik perona bibir palsu adalah penyebab radang mulut dan kanker yang amat membahayakan.

  1. Minum alkohol

Efek minum alkohol, tidak hanya merugikan kesehatan seperti penyebab munculnya gejala tumor lidah saja, tetapi juga bisa membuat bibir cepat kering. Bahkan alkohollah penyebab bibir cepat kering permanen yang sukar disembuhkan. Maka dari itu, hentikan kebiasaan minum alkohol apalagi saat cuaca sedang panas.

Sponsors Link

Perlu anda ketahui, ketika alkohol bercampur dengan ludah, penguapan mineral mulut akan semakin cepat sekalipun anda tidak banyak membuka mulut. Pasalnya,  zat alkohol terbentuk dari molekul panas yang pasti menguap ketika bercampur asam dan bakteri di dalam ludah. Nah semakin cepat penguapan mineral di mulut anda, tentu kelembaban bibir akan berkurang sehingga bibir anda menjadi kering.

  1. Mengoleskan pasta Gigi

Anda pernah mendengar kalau mengoleskan pasta gigi pada bibir akan membuat bibir lebih basah dan terlihat sensual? Sesungguhnya cara diatas tidak benar. Justru dengan mengoleskan pasta gigi pada bibir, akan membuat tekstur bibir mengkerut dan mengalami penipisan. Bahkan, dengan mengoleskan pasta gigi pada bibir akan membuat bibir retak dan berdarah.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut paling mudah adalah menggogok gigi menggunakan pasta gigi. Tetapi tidak untuk dioleskan pada bibir anda. Pasta gigi yang dioleskan pada bibir secara rutin akan menjadikan bibir kehilangan kekebalannya dari hawa panas dan bakteri. Ciri ciri pertama ditunjukkan oleh warna merah bibir yang semakin kental. Memang, warna kental inilah yang membuat bibir anda nampak lebih seksi. Tetapi itu hanya sementara. Karena setelah pasti gigi meresap, bibir mulai kering dan bermasalah.

Itulah 7 penyebab bibir cepat kering yang harus anda ketahui. Pelajari dan waspadailah dan ingat, mencegah masih lebih baik daripada mengobati. apalagi bibir kering itu sangat menyakitkan dan memalukan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 30th, April 2018 / 21:49 Oleh :
Kategori : Mulut Kering