Sponsors Link

5 Penyebab Bau Mulut Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Sponsors Link

Mulut anda berbau tidak sedap terutama saat bangun tidur? Anda sudah gosok gigi bahkan sudah mengkonsumsi makanan pencegah bau mulut tetapi hasilnya nihil?

ads

Mulut mengeluarkan bau tidak sedap saat bangun tidur adalah hal wajar. Bahkan, bau mulut semacam ini pasti pernah dialami semua orang di dunia.  Walaupun begitu, bau mulut pasca bangun tidur tidak sama dengan aroma mulut saat beraktifitas. Iya, bau mulut saat bangun tidur lebih menyengat dan busuk.

Ada berbagai cara mengatasi air liur berbau dan bau mulut di pagi hari. Salah satunya adalah rutin menggosok gigi menjelang tidur. Namun, menggosok gigi saja tidak cukup membuat mulut wangi. Sehingga harus diulang  diiringi berkumur menggunakan  produk pembersih dan penyegar mulut.

Pertanyaannya adalah mengapa ketika bangun tidur mulut masih tetap bau, sekalipun di malam hari sudah gosok gigi dan berkumur kumur?

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut terjadi akibat percampuran bakteri dan oksigen di dalam mulut. Bau mulut ini lebih terasa apabila kerongkongan juga mengering. Nah,pada kondisi inilah , banyak tempat bagi bakteri untuk mengeluarkan zat belerang berbau busuk.

Saat anda tidur, oksigen di dalam mulut tidak bisa menguap karena tertutup bibir anda yang mengatup rapat. Selain itu, saat anda tidur, produksi air liur juga berkurang karena anda tidak melakukan aktivitas oral seperti makan atau minum. Nah, kondisi inilah yang membuat mulut kering sehingga bakteri bisa bermanuver di dalamnya dengan mudah. Alasan ini juga menjadi jawaban atas pertanyaan mengapa saat tidur mulut kering dan sering haus.

Selain problema diatas, ternyata masih banyak penyebab bau mulut ketika bangun tidur yang lainnya.  Maka dari itu, pada artikel kali ini kami menjelaskan penyebab bau mulut yang bisa anda jadikan pedoman sehingga mulut tidak lagi mengeluarkan bau tidak sedap ketika anda bangun di pagi hari.

  1. Alkohol

Minuman beralkohol adalah penyebab bau mulut saat bangun tidur yang paling parah sekaligus faktor penyebab radang mulut paling menakutkan. Alkohol mengandung senyawa yang mudah menguap. Ketika senyawa ini masuk ke dalam mulut, mulut akan cepat kering. Sehingga bakteri mudah sekali melakukan gangguan pada ludah. Akibatnya ludah menjadi bau terutama saat di pagi hari.

Selain itu, alkohol membuat kerongkongan terasa panas. Akibatnya sistem imun di dalam mulut mengalami penurunan. Di kondisi itulah, bakteri leluasa membuat bau mulut menjadi tidak sedap.

  1. Sisa Makanan

Mengemil di malam hari selain bisa menggemukkan, memunculkan penyakit mulut pada anak juga bikin mulut anda bau. Bau ini akan tercium keesokan harinya ketika anda bangun tidur. Bahkan, jika anda lupa menggosok gigi, bau mulut di pagi hari bertambah luar biasa.

Cemilan yang anda konsumsi akan memasuki sela sela gigi. Jarak antar gigi yang renggang membuat makanan mudah menempel di dalamnya. Sisa makanan ini jika bercampur dengan ludah akan menimbulkan zat asam pembuat mulut sepat dan kering. Selain itu, zat asam ini juga produktif membunuh protein di dalam ludah. Sehingga ludah mudah diserang bakteri penyebab bau mulut.

Sponsors Link

  1. Mendengkur

Tidur mendengkur merupakan penyebab bau mulut dari tenggorokan yang menempel di air liur sehingga ketika bangun tidur bau mulut seperti aroma sampah basah. Saat anda tidur, keluar masuknya oksigen adalah melalui hidung. Karena dengan bernafas model seperti itu, mulut anda lebih aman dari percampuran ludah dengan oksigen yang membuat mulut terasa panas.

Namun, jika anda mendengkur berarti ketika tidur anda bernafas melalui mulut. Nah ketika anda mengambil nafas dan mengeluarkannya melalui mulut, produksi  air liur akan berkurang. Padahal, air liur dibutuhkan untuk menetralisir gas belerang yang dimunculkan bakteri di dalam mulut anda.

  1. Merokok

Anda merokok menjelang tidur? Kurangilah jika ingin bau mulut anda ketika bangun tidur tidak terlalu buruk. Percampuran antara nikotin dengan ludah akan menciptakan hawa panas di dalam mulut sehingga ludah lebih kental. Nah, jika anda tidak menggosok gigi sehabis merokok, keesokan harinya ludah yang kental akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika sudah seperti ini, usaha anda mengharumkan mulut sia sia kecuali anda menggunakan semua cara menghilangkan bau asap rokok di mulut secara kontinue dan serius.

Sponsors Link

  1. Kesehatan Gusi Terganggu

Penyebab bau mulut ketika bangun tidur yang terakhir adalah gusi sedang terganggu. Bisa karena keropos, meradang, rongga mulut bengkak atau karena gusi berlubang. Kondisi gusi semacam ini, sangat mudah diserang oleh bakteri. Efeknya mulut anda terasa asam dan berbau.

Jika masalah ini tidak anda selesaikan dengan cepat, bakteri juga bisa masuk ke dalam jaringan syaraf dan arteri. Sehingga darah anda terkontaminasi yang akhirnya gangguan penyakit lebih kronis bisa menimpa seperti stroke dan serangan jantung. Nah, Ini juga termasuk bahaya gusi bengkak yang wajib anda waspadai.

Itulah 5 penyebab terparah bau mulut saat bangun tidur yang harus anda waspadai. Lakukan pencegahan dengan rajin menggosok gigi, berkumur serta hentikan pola hidup tidak sehat supaya kesehatan mulut dan anggota tubuh anda lainnya lebih oke. Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan bau durian di mulut apabila saat bangun tidur mulut anda selalu berbau tidak sedap.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 30th, April 2018 / 21:51 Oleh :
Kategori : Bau Mulut