Sponsors Link

4 Penyebab Bau Mulut dan Nafas Tidak Sedap dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Penyebab bau mulut dan nafas tidak sedap  diketahui adalah beberapa kondisi yang dialami mulut yang kemudian memicu keluarnya bau nafas dari mulut yang mengganggu. Nafas yang bau merupakan kondisi di mana anda akan mengeluarkan bau tidak sedap dari mulut ini. Kondisi ini sebenarnya sangat erat dengan kondisi kesehatan mulut anda. Jadi secara umum bau mulut dan nafas tidak sedap dapat terjadi akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin. Secara istilah medis bau mulut dikenal dengan nama halitosis.

ads

Halitosis ini disebabkan adanya bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang biak di dalam mulut. Tumbuhnya bakteri ini bisa menyebabkan gusi membengkak dan gigi pun dapat membusuk dalam waktu singkat. Tidak menunggu lama, darah pun keluar dari gusi anda. Campuran darah dan liur serta kotoran dan sisa makanan di mulut ini kemudian akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu perlu menjadi perhatian untuk anda.

Bau mulut pastinya akan membuat anda menjadi kurang percaya diri. Anda harus segera mengatasinya dengan tips menghilangkan bau mulut untuk dapat kembali percaya diri. Cara mengatasi bau mulut erat kaitannya dengan penyebab bau mulut dan nafas tidak sedap itu sendiri. Jadi ketahuilah dahulu apa saja yang dapat menjadi pemicu bau mulut dan nafas anda melalui penjelasan pada bagian berikut ini.

Penyebab Bau Mulut dan Nafas Tidak Sedap yang Harus Anda Atasi

Secara umum diketahui ada cukup banyak yang dapat memicu mulut seseorang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun, pada kali ini akan coba dijelaskan sekitar 4 penyebab yang paling umum. Artinya, keempat penyebab di bawah ini paling banyak ditemukan dalam masyarakat dan sering kali tidak disadari secara langsung. Jadi ketahui apa saja penyebab tersebut dan cegah mulai dari sekarang.

  1. Bau Mulut Akibat Penyakit Infeksi di Gusi Anda

Penyebab yang pertama anda dapat mengalami bau mulut dan nafas tidak sedap adalah adanya penyakit yang berhubungan dengan bau mulut  yaitu infeksi di gusi. Infeksi pada gusi dapat terjadi karena pengaruh bakteri yang berkembang biak di gigi dan meluas hingga ke gusi. Biasanya, bakteri ini ada karena sisa kotoran yang menempel di gigi anda. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dan selalu jaga kesehatan mulut anda mulai dari sekarang.

  1. Bau Mulut Akibat Kandungan Makanan, Minuman, dan Obat-obatan

Jenis penyebab yang kedua ini adalah salah satu penyebab bau mulut dan nafas tak sedap yang disebabkan dari pengaruh kandungan dalam jenis makanan, minuman, dan obat-obatan yang anda konsumsi. Hal ini bisa dialami karena adanya jenis makanan, minuman, dan obat-obatan yang dapat meninggalkan bau khas.

Bau khas ini akan semakin berpengaruh ketika anda tidak langsung membersihkan mulut setelah mengonsumsinya. Misalnya anda mengonsumsi duren di malam hari dan tidur tanpa sikat gigi. Keesokan harinya maka nafas anda pasti akan sangat bau dan bau mulut tidak mau hilang.

  1. Bau Mulut Akibat Mulut Kering dan Kekurangan Cairan

Anda juga dapat sering mengalami bau mulut dan nafas tak sedap karena mulut yang kering akibat kekurangan cairan. Hal ini berawal kurangnya anda minum setiap harinya. Anda jarang minum bisa juga karena selalu ada di ruangan ber-AC. Lama kelamaan mulut anda akan terasa kering dan menjadi mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat kontak dengan air liur dan kotoran di gigi anda lainnya. Jadi segera lakukan cara mencegah bau mulut ini.

Sponsors Link

  1. Bau Mulut Akibat Konsumsi Rokok yang Rutin

Terakhir, tentunya anda dapat mengalami bau mulut karena kebiasaan buruk anda merokok. Rokok diketahui mengandung sangat banyak jenis racun. Racun dalam rokok ini akan menempel di gigi anda dan menjadi tempat bersarangnya bakteri yang menyebabkan bau mulut. Itulah mengapa seseorang yang merokok khas dengan bau mulutnya yang dipengaruhi oleh racun dalam rokok tadi.

Demikian informasi mengenai sedikitnya 4 penyebab bau mulut dan nafas tidak sedap yang harus anda waspadai mulai dari sekarang. Jangan anda lengah dalam menjaga kesehatan gigi. Selalu lakukan perawatan rutin untuk mendapatkan keuntungan menjaga kesehatan gigi dan mulut berupa terhindarnya anda dari bau mulut. Segera lakukan juga berbagai upaya pencegahan bau mulut dan anda akan kembali percaya diri dengan nafas anda yang harum.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 09th, April 2018 / 06:36 Oleh :
Kategori : Bau Mulut