Sponsors Link

10 Penyakit Yang Berawal Dari Sariawan karena Tidak Kunjung Diobati

Sponsors Link

Bahaya sering sariawan adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya antioksidan tubuh sehingga bakteri mudah melukai bibir. Biasanya gangguan sariawan ini disertai dengan penurunan stamina badan, demam dan susah buang air besar.

ads

Menurut ahli, ternyata ada jenis sariawan yang termasuk satu dari gejala penyakit kronis sekaligus penyebab tumor gusi yang harus diwaspadai karena efeknya amat berbahaya bagi nyawa penderitanya.

Nah berikut ini kami akan list beberapa penyakit kronis tersebut yang awal mulanya disebabkan oleh sariawan. Ini dia penyakit yang berawal dari sariawan yang harus anda waspadai.

  1. Kanker Rongga Mulut

Kanker rongga mulut terjadi akibat abnormalitas sel yang ada di dalam mulut. Pembelahan sel tidak normal ini justru memerintahkan operasi metabolisme kelenjar ludah, produksi liur dan lain sebagainya berjalan secara radikal. Nah, tahukah anda jika gejala kanker rongga mulut ini adalah penyebab sariawan berkepanjangan?

  1. Penyakit Behcet

Penyakit behcet adalah penyakit yang disebabkan oleh munculnya pembekuan darah pada tubuh. Karena pembekuan ini, pembuluh darah menjadi bengkak dan sirkulasi darah tidak lancar penyebab pinggir bibir hitam. Jika bibir anda sariawan dan berwarna kebiru biruan, bisa jadi itu gejala awal munculnya penyakit mematikan tersebut.

  1. Campak / Rubela

Campak atau rubela adalah penyakit musiman yang sering menyerang orang Indonesia baik anak anak ataupun orang dewasa.

Penyakit ini terjadi akibat infeksi firus rubella yang menyerang saluran pernafasan. Efeknya selain asma dan sulit bernafas, gangguan pencernaan juga terganggu. Nah, salah satu gejala penyakit ini adalah rongga mulut terasa panas membakar yang membuat seluruh lapisan oral menjadi kering dan pecah pecah termasuk bibir.

  1. Esophagitis

Esophagitis adalah penyakit saluran pencernaan yang sangat jarang terjadi. Penyakit ini memiliki ciri ciri sama dengan ciri ciri kanker rongga mulut.Biasanya penyakit ini sering menyerang tenggorokan yang dikenal dengan istilah radang tenggorokan.

Penyebab esophagitis tidak hanya karena kebiasaan bersuara keras dan panjang, infeksi bakteri juga bisa menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah bakteri yang berhasil melukai bibir.

Maka dari itu, jika anda ingin terbebas dari gangguan ini, sembuhkan sariawan segera sebelum luka sariawan diinfeksi oleh bakteri jahat lalu dibawa masuk ke dalam tenggorokan.

Sponsors Link

  1. Lichen Planus

Bahasa sederhana dari Lichen planus adalah ruam pada kulit. Biasanya ruam yang gatalnya luar biasa ini menyerang rongga mulut bagian dalam. Namun, karena efek penyakit ini adalah mengeringkan semua mineral mulut seperti ludah dan liur, maka bibir pun mengalami imbasnya. Selain bibir menjadi pecah pecah, bibir luka pun bukan mustahil terjadi. Maka dari itu, amat sulit jika membedakan gejala sariawan dengan lichen planus karena persis ciri ciri bibir alergi lipstik.

  1. Syndrome Reiter

Syndrom reiter adalah peradangan kronis. Disebut kronis karena peradangan ini menyerang tanpa ampun di hampir seluruh tubuh manusia. Bibir pun tidak luput dari serangan inflamasi berbahaya ini. Sedangkan gejalanya mirip sariawan cuma pembengkakan pada bibir lebih tebal dan nyerinya lebih menyengat.

  1. Penyakit Celiac

Jika bibir anda mudah mengalami sariawan, terutama sehabis mengkonsumsi makanan manis, maka bisa jadi sariawan tersebut merupakan gejala munculnya penyakit celiac.

Penyakit celiac sendiri merupakan penyakit yang bahasa sederhananya adalah alergi kulit terhadap gluten atau segala unsur makanan yang terbuat dari gula. Nah, sariawan jenis inilah yang menjadi penyebab bibir tiba tiba bengkak sekaligus termasuk gejala awal munculnya penyakit diabetes atau kencing manis.

  1. Infeksi Mulut dan Gusi

Penyakit yang berawal dari sariawan selanjutnya adalah penyebab infeksi gusi dan mulut. Jika infeksi mulut dan gusi masih stadium ringan, mungkin tidak akan berefek luka pada bibir. Namun, jika infeksi masuk kategori berat apalagi jika disertai pembengkakan, tentu seluruh organ mulut mendapatkan imbasnya. Salah satunya adalah bibir menjadi kering dan mudah terluka.

Sponsors Link

  1. Bercak leukoplakia

Bercak leukoplakia biasanya menyerang selaput lendir yang ada pada bagian dalam mulut. Sekalipun tidak termasuk kategori kanker, penyakit ini juga bisa membuat efek panas membakar pada seluruh oral. Sehingga semua organ terdekat seperti pipi, bibir, dan gusi menjadi kering dan mudah mengalami iritasi.

  1. HIV / Aids

HIV atau AIDS adalah penyakit menular mematikan yang disebabkan oleh hancurnya kekebalan tubuh manusia. Jika HIV sudah menyerang, flu ringan pun bisa merenggut nyawa.

Nah, yang perlu diperhatikan adalah ternyata gejala penurunan imunitas atau penurunan kekebalan tubuh diawali oleh munculnya sariawan dan bengkak pada langit langit mulut. Hal ini disebabkan oleh mulut sebagai pintu gerbang masuknya bakteri sudah tidak mampu lagi membendung infeksi. Maka dari itu, datanglah sariawan menyerang bibir anda.

Itulah 10 penyakit yang berawal dari sariawan dan usus kotor penyebab bau mulut paling menakutkan dan mematikan. Pingin kena penyakit diatas? Tentu tidak bukan! Maka dari itu, sembuhkan sariawan segera sebelum semuanya terlambat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 28th, August 2018 / 12:58 Oleh :
Kategori : Sariawan