Sponsors Link

10 Pencegahan Pulpitis yang Bisa Dilakukan Dari Rumah

Sponsors Link

Pulpitis adalah gangguan radang atau pembengkakan yang terjadi di dalam area pulpa gigi. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang berhasil melukai pulpa hingga ke jaringan syaraf. Nah, akibat dari luka ini, saluran akar ikut terganggu. Itu artinya seluruh komponen gigi ikut terimbas pembengkakan dengan rasa nyeri yang sangat luar biasa. Sekalipun anda sudah rutin konsumsi vitamin untuk bibir kering dan pecah pecah.

ads

Penyakit pulpitis ternyata bisa dicegah. Jika anda rajin menerapkan list pencegahan pulpitis, niscaya gigi anda aman dari radang pulpa sehingga gigi anda masih bisa berfungsi dengan baik.

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang cara mencegah radang pulpa atau pulpitis plus bentuk perawatan pasca operasi gigi geraham bungsu, yang mana cara ini bisa anda lakukan sendiri di rumah dan biaya untuk membeli sarananya tidak terlalu mahal.

  1. Hindari Makanan Bersuhu Ekstrim

Makanan bersuhu ekstrim seperti terlalu dingin atau terlalu panas tidak bagus untuk dikonsumsi. Karena makanan semacam ini bisa merusak gigi hingga ke akar gigi. Selain itu, makanan semacam ini bisa membuat gigi cepat aus dan berlubang. Nah, jika gigi sudah berlubang, tentu pulpitis dan penyakit gigi lainnya akan mudah untuk menyerang.

  1. Menggosok Gigi

Menggosok gigi merupakan tehnik pencegahan pulpitis sekaligus cara menyembuhkan luka di bibir dengan cepat yang mudah untuk dilakukan. Selain mudah, cara ini bisa anda terapkan di rumah tanpa harus konsultasi pada dokter atau pergi ke rumah sakit.

Menggosok gigi dua tiga kali sehari, mampu mengurangi sensitifitas gigi sekaligus mencegah munculnya karies. Nah, jika gigi sudah aman dari karies, tentu gigi menjadi lebih kuat dan tahan lama. Pulpa dan akar gigi juga lebih sehat dan kuat.

  1. Perbanyak Asupan Vitamin E

Vitamin E dibutuhkan tubuh karena bisa membantu menjaga kesehatan mata, kulit dan gigi. Jika vitamin ini tercukupi, tentu revitalisasi sel syaraf di dalam gigi lebih maksimal. Alhasil gigi lebih sehat dan terhindar dari nyeri.

Selain itu, vitamin E mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang bekerja untuk membebaskan gigi anda dari infeksi dan inflamasi yang dilakukan oleh bakteri jenis apapun.

  1. Membersihkan Sisa Makanan dari Sela Sela Gigi

Cara  mencegah pulpitis yang keempat adalah membersihkan sisa makanan penyembuh sariawan yang menempel pada sela sela gigi. Namun, anda harus hati hati ketika membersihkannya. Jangan sampai gigi anda tertekan dengan keras apalagi sampai terluka.

Membersihkan sela sela gigi dengan benang gigi khusus adalah cara yang aman dibandingkan anda menggunakan benda yang bertekstur tumpul apalagi tajam.

Sponsors Link

  1. Rutin Konsultasi Medis

Melakukan kunjungan rutin ke dokter spesialis gigi adalah cara menjaga gigi tetap sehat terbebas dari radang pulpa atau pulpitis.  Lakukanlah kunjungan ini minimal 6 bulan sekali dengan tujuan untuk memonitor postur gigi termasuk didalamnya adalah pulpa, saluran akar, jaringan syaraf dan lain lain.

  1. Berkumur kumur Menggunakan Mouthwash

Menggosok gigi sehabis makan terkadang tidak cukup untuk membersihkan gigi  dari bakteri. Maka dari itu, berkumur kumur sehabis menggosok gigi dan sehabis minum minuman penghilang bau mulut juga harus dilakukan. Berkumur menggunakan mouthwash bisa melindungi gigi dari kerusakan yang disebabkan oleh bakteri dan kuman termasuk pulpitis. Karena mouthwas mengandung senyawa antimikroba yang cukup ideal. Itulah manfaat mouthwash untuk kesehatan mulut yang layak anda coba.

  1. Tidak Merokok

Rokok mengandung zat nikotin yang mudah menempel pada cairan. Jika dibiarkan, zat ini akan membusuk sehingga mudah diinfeksi oleh kuman atau bakteri.

Jika nikotin menempel di gigi anda, perlahan lahan zat ini akan mencipta karies yang semakin lama akan semakin tebal. Akibatnya karies akan menggerogoti lapisan gigi dan membuatnya berlubang. Nah gigi berlubang inilah yang bisa dimanfaatkan oleh bakteri untuk menyerang pulpa dan membuatnya meradang. Ingat gigi anda berlubang, segala pengobatan pulpitis akut akan sia sia.

Sponsors Link

  1. Hindari Menyentuh Gigi

Kebiasaan menyentuh gigi dengan tangan, apalagi saat sesudah makan merupakan kebiasaan buruk bukan cara mengatasi kanker mulut yang harus segera dihentikan. Sebab, tangan anda yang penuh dengan bakteri, bisa membuat gigi, pulpa hingga saluran akar terinfeksi. Akibatnya pulpitis atau radang pulpa terjadi tanpa bisa dicegah atau ditunda.

  1. Kurangi Makanan Sea Food

Sea food atau makanan laut memang mengandung protein cukup tinggi. Selain itu, rasa dari makanan ini juga nikmat. Namun, jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan, justru gigi anda bisa rusak. Pasalnya, makanan sea food yang menempel di sela sela gigi akan dijadikan tempat terbaik bagi kuman untuk berkembang biak. Nah, semakin banyak kuman di gigi anda, kedatangan gejala pulpitis atau radang pulpa tinggai menunggu waktu saja.

  1. Hindari Makanan Bertekstur Tajam

Tehnik dan tips Pencegahan pulpitis yang terakhir adalah hindari makanan bertekstur tajam penyebab stomatitis. Kalau gigi anda sudah berlubang tetapi masih tersisa pulpa dan akar gigi, maka hati hati ketika makan makanan tajam seperti kripik, krupuk, gorengan dll. Sebab, jika patahan dari makanan tersebut berhasil masuk ke dalam lubang gigi dan menusuk pulpa hingga berdarah, maka keesokan harinya pulpa bisa membengkak. Bahayanya, sisa makanan tersebut akan membusuk sehingga peradangan menjadi semakin akut.

Itulah 10 pencegahan penyakit pulpitis yang harus anda hindari. Itupun jika anda masih ingin memiliki pulpa gigi sehat dan akar gigi kuat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 18th, October 2018 / 01:54 Oleh :
Kategori : Pulpitis