Sponsors Link

Waspadai 9 Parasit Penyebab Bau Mulut yang Harus Dijauhi

Sponsors Link

Bau mulut merupakan masalah laten yang menyerang semua manusia. Walaupun begitu menghilangkan bau mulut merupakan aktivitas cerdas untuk meningkatkan mutu komunikasi dengan orang lain yang bebas dari rasa jengah dan malu serta mencegah munculnya gejala kanker mulut.  Sayangnya tindakan mencegah bau mulut tidak akan sukses jika anda kurang mengetahui nama-nama parasit penyebab bau mulut menyengat.

ads

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang nama-nama parasit penyebab bau mulut menyengat. Silakan jauhi gejala yang ditimbulkannya dengan rutin menjaga mulut tetap sehat setiap hari.

Parasit Penyebab Bau Mulut

  1. Candida Albicans

Candida  albicans merupakan parasit sejenis jamur (protozoa) yang jika bersarang di mulut akan menimbulkan bau mulut menyengat. Kondisi ini muncul manakala anda baru memasang gigi palsu atau karena akibat pulpoktomi gigi berlubang yang tidak steril.

Untuk mengatasi bau mulut semacam ini, anda bisa berkumur menggunakan produk kumur anti bakteri serta anti jamur seperti produk mouthwash dan lain sebagainya.

  1. Trichinella

Trichinella merupakan parasit spesies cacing-cacingan yang bisa menjadikan mulut berbau busuk. Cacing ini biasa menyerang gigi yang mengalami abses. Selain itu, sela-sela gigi yang penuh sisa makanan penyembuh sariawan bisa ditempati trichinella.  Karena makanan sisa merupakan protein yang amat disukai cacing penyebab halitosis ini.

  1. Corynebacterium

Corynebacterium merupakan parasit penyebab difteri. Selain itu, parasit ini juga bisa menimbulkan permasalahan di tenggorokan sehingga tenggorokan menjadi panas. Akibatnya mineral di tenggorokan mengering, ludah dan dahak di mulut juga mengental. Jika anda meludah baunya terasa menyengat. Jika ini terjadi pastikan anda berhati hati ketika berbicara dengan orang lain. Jangan sampai mereka kabur karena tidak kuat mencium aroma mulut anda yang tajam.

  1. Guinea Worms

Guinea Worms merupakan parasit yang banyak di temukan di dalam air keruh. Maka dari itu, konsumsilah air minum dari minuman penghilang bau mulut yang dimasak terlebih dahulu atau pilihlah air bersih yang akan digunakan untuk memasak dan mandi. Karena jika air kotor masuk mulut, parasit ini juga masuk ke dalamnya dan bertahan di mulut anda.

Selain bisa menimbulkan infeksi kronis pada gusi dan lidah, parasit ini juga mengeluarkan sulvur manakala mulut dipenuhi zat asam utamanya saat bangun tidur. Perpaduan inilah yang menimbulkan bau menyengat luar biasa yang tidak bisa diobati dengan pengobatan sindrom sjogren.

  1. Protozoa

Protozoa adalah parasit sejenis jamur yang bisa mengganggu saluran pencernaan. Selain itu, parasit ini senantiasa bergerak melakukan pengrusakan senyawa di organ-organ terdekat. Jika parasit protozoa menyerang mulut, bahaya degenerasi pulpa, abses mulut hingga radang gusi serta amandel bisa terjadi. Bahkan sebagian besar organ yang diinfeksinya akan mengeluarkan bau yang luar biasa.

Sponsors Link

  1. Cymothoa Exigua

Cymothoa Exigua merupakan parasit penyebab bau mulut yang banyak ditemukan pada ikan. Parasit Ini menjadi salah satu alasan mengapa ketika makan ikan, bau amis di mulut sukar untuk hilang. Selain itu, ketika anda makan ikan baunya di mulut cepat menyeruak hingga tercium oleh lawan bicara.

Jika anda ingin mengusir bau mulut akibat bahaya merokok bagi kesehatan mulut dan bau amis karena parasit ini, minumlah jus buah atau berkumur dengan produk kumur beraroma. Dengan cara ini bau mulut anda sedikit lebih segar dan wangi.

  1. Anisakis

Anisakis adalah parasit jenis cacing yang bisa muncul di makanan siap saji. Apalagi makanan internasional yang sebagian besar jenis masakannya adalah setengah matang.

Pengolahan makanan pencegah sariawan setengah matang tidak bisa mengusir parasit ini sehingga dia tetap menempel pada makanan. Jika anda mengkonsumsi makanan semacam ini bukan hanya bau mulut menyengat yang muncul tetapi juga gangguan tubuh lainnya seperti demam hingga sulit BAB.

Sponsors Link

  1. Ecoli Bacteria

Ecoli bacteria merupakan parasit yang ditemukan pada buah buahan dan sayur. Bakteri ini berbahaya tetapi mudah dibersihkan dengan air. Atas dasar itulah, jika anda ingin makan atau memasak buah dan sayur, terlebih dahulu cuci dengan bersih. Karena jika tidak bersih, parasit ini akan masuk ke dalam mulut dan membuat mulut luka dengan bau menyengat.

  1. Propioni Bacterium Acnes

Parasit penyebab bau mulut dan rongga mulut bengkak yang terakhir adalah propioni bacterimum acnes. Parasit yang sangat kecil ini tergolong benalu yang bisa menimbulkan peradangan di dalam mulut. Jika mulut meradang tidak juga diobati dengan salep untuk bibir melepuh, tentu kondisi mulut panas sehingga liur menjadi kering dan ludah mengental.

Jika peradangan pecah, bau mulut pasti lebih menyengat karena di sana bercampur antara darah, nanah serta ludah yang kental. Jadi waspadalah dengan parasit ini.

Itulah beberapa parasit penyebab bau mulut dan sindrom sjogren yang harus anda waspadai. Pastikan mulut anda terbebas dari bakteri dan parasit ini. Jika tidak, komunikasi anda dengan tetangga dan teman menjadi bermasalah.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 20th, March 2019 / 08:00 Oleh :
Kategori : Bau Mulut