Sponsors Link

10 Pantangan Sariawan yang Wajib di Hindari

Sponsors Link

Mereka mungkin kecil,  mungkin bersifat sementara, tapi sariawan pastinya adalah gangguan. Sariawan juga disebut ulkus apthous biasanya berukuran kecil dan muncul pesisten di dalam mulut, lidah, langit-langit lunak, pipi, dasar gusi atau di bibir. Penyebab pastinya belum  diketahui, namun pemicu nya dapat berupa stres, kekurangan kekebalan tubuh,  penyakit atau infeksi, cedera jaringan (seperti menggigit bibir anda), penyakit saluran cerna, kekurangan nutrisi dan lainnya.

ads

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang populer dan mempengaruhi sekitar 25 persen orang Amerika dengan tingkat kekambuhan melebihi 50 persen. Sariawan juga menjadi salah satu penyakit penyebab yang menyebabkan nafas bau. Meski bisa menyakitkan dan tahan lama, sariawan jarang menjadi penyebab kekhawatiran kebanyakan orang memerlukan perawatan profesional.

Jika anda khawatir dengan warna atau ukuran mulut yang sakit anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter pribadi anda untuk menghindari sesuatu yang lebih serius seperti herpes oral atau kanker.

Meskipun anda mungkin tidak akan mencari perawatan profesional untuk sariawan, namun tidak berarti tidak ada langkah yang dapat anda lakukan untuk menghindari kondisi yang lebih parah, membantu penyembuhan lebih cepat atau bahkan mengurangi rasa sakit yang dirasakan. anda tahu bahwa sariawan dapat menyerang siapa saja, jika anak anda menderita sariawan hal yang paling memusingkan adalah anak susah makan. resep makanan untuk anak sariawan ini bisa dicoba dirumah agar nutrisi anak terpenuhi dan tidak memperparah sariawan.

Mungkin tidak semua orang tahu pantangan saat sariawan. Maka dari itu disini penulis akan membahas mengenai beberapa pantangan yang wajib dihindari ketika sariawan melanda agar sariawan cepat sembuh dan bisa kembali makan makanan enak dengan nyaman tanpa rasa sakit. Oleh karena itu penulis menyediakan informasi tentang 10 pantangan sariawan yang haram dilakukan:

  1. Makanan yang menyebabkan iritasi

Ketika sariawan melanda terkadang penderita akan mengalami bibir pecah pecah dan luka pada bagian gusi, dalam pipi dan bibir. Bisa dibayangkan kan ketika bibir dan lidah anda yang sedang sariawan terkena makanan seperti ini. Makanan yang dimaksud diantaranya : sambal, cabe, lada dan makanan yang bercita rasa pedas lainnya. Namun selain menjadi pantangan, cabe dan lada teryata juga bisa digunakan sebagai bahan pada cara mengobati gigi berlubang secara alami lho.

Jadi,ingat tidak selamanya makanan yang mengiritasi itu selalu merugikan. Ada juga manfaat yang dapat kita ambil. Tergantung bagaimana cara kita menempatkannya.

  1. Makanan yang bertekstur keras

Penderita akan mengunyah lebih lama jika makanan yang dimakan bertekstur keras. Selain itu makanan jenis ini juga dapat membuat luka sariawan semakin parah. Itulah alasan kenapa makanan bertekstur keras dilarang untuk penderita sariawan. Makanan yang memiliki tekstur keras diantaranya yaitu biskuit yang memiliki tekstur keras, jambu biji, dan makanan sejenisnya.

  1. Makanan yang mengandung alkohol

Mekanan dan minuman yang mengandung alkohol haram dikonsumsi bagi penderita sariawan. Karena alkohol akan menghambat penyembuhan sariawan dikarenakan zat yang terkandung di dalam alkohol akan mengikis luka sariawan. Makanan dan minuman yang dimaksud adalah tape singkong, ketan dan makanan/buah yang mengalami fermentasi sehingga mengubahnya menjadi alkohol.

Sponsors Link

  1. Makanan yang mengandung minyak berlebih

Jenis makanan ini akan memperburuk panas dalam. Panas dalam adalah salah satu penyebab penyakit sariawan, jika dilanggar makan hanya akan memperparah sariawan. Beberapa makanan tersebut diantaranya : gorengan, martabak, margarin, nasi goreng dan makanan yang memilliki kandungan minyak berlebih.

  1. Makanan yang panas

Makanan bersuhu panas dilarang disantap oleh penderita sariawan, hal ini dikarenakan makanan panas akan semakin memperburuk iritasi sariawan pada bibir dan lidah. Selain itu makanan ini dapat merusak lapisan email gigi, sehingga semakin mempercepat kerusakan pada gigi.

  1. Menghindari kebiasaan buruk oral higiene

Walaupun mengalami sariawan mungkin suatu hak yang tak terelakkan, bukan berarti anda tidak bisa mencegahnya. Membiasakan untuk sikat gigi secara rutin 2 kali sehari dan setelah makan dapat menjaga mulut anda tetap bersih dan bebas dari makanan penyebab sariawan. Dianjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut untuk menghindari iritas pada jaringan. Dalam 10 pantangan sariawan yang haram dilakukan salah satunya adalah menghindari menggunakan pasta gigi dan mouthwash yang mengandung bahan kimia seperti lauryl sulfat. Jika anda tidak sedang sariawan, berkumur dengan mouthwash merupakan salah satu cara membuat nafas harum.

  1. Jangan berbicara saat berbicara

Satu saja gerakan yang salah dapat menyebabkan anda tidak sengaja menggigit pipi bagian dalam anda atau bagian lain dari mulut anda. Kebanyakan sariawan timbul karena hal ini.

  1. Hindari stres

Jika sariawan timbul dikarenakan faktor stres, pastikan anda belajar teknik untuk mengurangi atau memenej masalah ini. Aktivitas yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres antara lain, tidur yang adekuat, menggunakan aroma terapi, meditasi dan yoga.

Sponsors Link

  1. Hindari merokok

Bagi perokok yang sering mengalami sariawan sebaiknya berhentilah merokok karena hal ini akan terus berlangsung jika anda tetap memilih untuk merokok. Sariawan yang terus menerus di derita oleh perokok membutuhkan perawatan secara keseluruhan mulai dari dalam rongga mulut bukan hanya sariawannya saja yang di rawat. Sehingga tidak akan timbul sariawan lagi di masa yang akan datang.

Panas dari asap rokok akan merangsang aliran darah dan akang mengurangi produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan berakibat pada mulut yang akan terasa kering dan dan terasa lebih anaerob sehingga menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan bakteri anaerob di dalam mulut. Kondisi seperti inilah sebagai pemicu sariawan menjangkiti rongga mulut. Dengan tidak merokok anda juga sekaligus melakukan cara mencegah radang gusi yang bisa timbul jika sariawan tidak teratasi.

  1. Jangan sering begadang

Dengan Begadang tubuh akan kekurangan tenaga dan energi dikarenakan tubuh harus bekerja lebih lama dan tidak mendapatkan haknya untuk istirahat yang cukup. Kondisi tubuh saat anda sariawan sedang tidak fit, begadang akan membuat daya tahan tubuh anda semakin menurun yang kemudian akan memperparah sariawan.

Nah, demikian 10 pantangan sariawan yang haram dilakukan yang bisa anda terapkan agar anda dapat segera terbebas dari sakit akibat sariawan. Jangan lakukan pantangan-pantangan di atas jika anda tidak mau sariawan anda bertambah parah. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda setiap hari. Ada banyak keuntungan menjaga kesehatan gigi dan mulut yang akan anda dapat. Tidak ada ruginya untuk membiasakannya sejak dini untuk menghindari akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut yang mungkin muncul. Semoga selalu sehat dan lekas sembuh 🙂

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 23rd, December 2017 / 04:06 Oleh :
Kategori : Sariawan