Sponsors Link

Mulut Terasa Sepet : Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Sponsors Link

Mulut terasa sepet atau masam adalah salah satu akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut yang banyak dirasakan dalam masyarakat. Jika mulut anda terasa sepet, maka anda perlu mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Mulut adalah organ yang merupakan rumah bagi gigi, gusi, dan lidah. Jika anda ingin memiliki mulut yang sehat tentu anda harus selalu menjaga kesehatannya. Jika anda rajin menjaga kesehatan mulut, maka anda akan merasakan keuntungan menjaga kesehatan gigi dan mulut tersebut seperti diantaranya terhindar dari gangguan mulut yang terasa sepet.

ads

Bagaimana anda dapat memiliki mulut terasa sepet? Ada beberapa penyebab mulut sepet yang mungkin menyerang seseorang. Tahukah anda apa saja diantaranya? Jika anda belum mengetahuinya, maka hal ini akan menjadi penyebab sulitnya anda mengatasi rasa sepet di mulut tersebut. Oleh sebab itu, ketahui beberapa penyebab mulut anda yang terasa sepet berikut ini.

Beberapa Penyebab Mulut Terasa Sepet pada Seseorang

Pada penjelasan sebelumnya sudah disebutkan bahwa seseorang dapat merasakan mulut sepet karena penyebab yang berbeda beda. Setidaknya ada 5 penyebab mulut sepet yang perlu anda ketahui. Apa saja kelima penyebab tersebut? Berikut ini penjelasannya.

  • Akibat Asam Lambung

Asam lambung adalah penyakit yang menghubungkan antara kondisi lambung anda dan kesehatan mulut. Lambung yang asam lambungnya naik akan mengeluarkan rasa masam ke mulut anda. Bisa juga asam lambung ini menjadi penyebab bau mulut tidak mau hilang.

  • Kekurangan Vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan tubuh, maka salah satu akibatnya anda akan mengalami bau mulut atau mulut yang terasa sepet.

  • Mulut yang Selalu Kotor

Anda yang jarang membersihkan gigi dengan menggosok gigi atau menggunakan obat kumur diketahui memiliki resiko lebih tinggi memiliki mulut yang sepet. Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk menjaga kesehatan gigi anda. Karena jika gigi kotor, maka terjadilah berbagai penyebab gigi bau yang mengganggu anda.

  • Pengaruh Rokok dan Kopi

Rokok dan kopi merupakan dua kebiasaan buruk dalam masyarakat yang paling sering menyebabkan mulut seseorang menjadi masam. Keduanya memberikan pengaruh yang tidak baik untuk mulut anda.

  • Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C

Konsumsi vitamin C yang terlalu banyak diketahui juga menjadi penyebab utama seseorang menjadi memiliki mulut yang masam.

Setelah mengetahui beberapa penyebab mulut terasa sepet di atas, kemudian anda juga dapat mengetahui apa saja yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa sepet di mulut anda. Bagian selanjutnya akan dijelaskan pada bagian di bawah ini.

Sponsors Link

Cara Menghilangkan Rasa Sepet di Mulut

Rasa sepet di mulut seperti diketahui adalah banyak disebabkan oleh kebiasaan buruk. Oleh sebab itu, anda dapat segera menghilangkannya dengan beberapa cara. Berikut ini informasi mengenai apa saja cara menghilangkan rasa sepet di mulut yang dapat anda coba lakukan.

  1. Berhenti Merokok

Rokok memiliki kandungan nikotin dan racun jenis lainnya yang sangat berbahaya. Kandungan dalam rokok ini diketahui sangat berbahaya untuk kesehatan mulut anda. Jadi segeralah berhenti merokok untuk menghilangkan rasa sepet di mulut anda.

  1. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Zinc

Pasta gigi yang mengandung Zinc diketahui baik untuk mengembalikan kesegeran tubuh anda. Kandungan Zinc ini dapat mengangkat dan menghilangkan berbagai penyebab mulut anda menjadi masam.

  1. Menggunakan Obat Kumur

Manfaat obat kumur atau manfaat mouthwash untuk kesehatan mulut salah satunya juga adalah untuk menghilangkan rasa sepet di mulut anda. Jadi rutinlah menggunakan obat kumur untuk mendukung pembersihan gigi anda.

Sponsors Link

  1. Menghindari Kafein

Kafein merupakan senyawa yang banyak terkandung dalam minuman kopi dan teh. Kandungan kafein ini akan meningkatkan rasa masam lambung dan menyebabkan anda menjadi lebih mudah asam mulutnya. Jadi pastikanlah untuk menghindari kafein.

  1. Mengonsumsi Makanan Banyak Vitamin

Kandungan vitamin dalam makanan yang banyak diketahui baik untuk mengangkat rasa masam dan sepet. Jadi anda dapat mengonsumsi makanan tersebut untuk kebutuhan menghilangkan rasa sepet di mulut anda.

Demikianlah tadi berbagai informasi yang banyak dibutuhkan masyarakat mengenai mulut terasa sepet baik penyebabnya atau cara menghilangkannya. Semoga berbagai cara di atas dapat anda gunakan untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan mulut anda. Apalagi jika sampai mulut anda yang sepet tersebut menjadi penyebab bau mulut yang mengganggu.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Thursday 28th, December 2017 / 09:52 Oleh :