Sponsors Link

8 Manfaat Mengunyah Daun Sirih untuk Mulut yang Sehat

Sponsors Link

Manfaat mengunyah daun sirih tidak boleh diremehkan. Bahkan medis sudah merisetnya. Dan terbukti daun sirih memiliki zat aktif bagus untuk mulut. Maka dari itu, silakan kunyah daun sirih. Tapi jangan berlebihan.

ads

Manfaat mengunyah daun sirih untuk kesehatan mulut sangat banyak termasuk sebagai cara menghilangkan bintik di bibir. Berikut rilisnya yang kami himpun dari berbagai sumber. Semoga menjadi motivasi diri untuk mengedepankan obat alternatif ketika mulut sedang bermasalah. Silakan disimak pasti bermanfaat.

  1. Menguatkan Gigi

Kebiasaan mengunyah daun sirih satu minggu dua kali berefek baik pada mulut. Bahkan, kebiasaan tersebut bisa menguatkan gigi. Para manula yang terbiasa nyirih, giginya pasti kuat.  Bahkan di usia udzur pun, jumlahnya tidak berkurang. Jadi tidak kaget, kalau kakek-kakek tidak hanya bisa minum minuman penghilang bau mulut tetapi masih mampu mengunyah makanan keras.

Daun sirih mengandung kalsium. Fungsi senyawa ini untuk melakukan filterisasi. Utamanya di organ-organ padat. Seperti tulang dan seluruh gigi. Jika filterisasi gigi maksimal, posturnya tidak mudah rusak. Bahkan membutuhkan waktu lama untuk keropos.

  1. Membuat Gigi Bersinar

Untuk memiliki gigi bersinar cemerlang tanpa bibir melepuh, tidak usah beli produk mahal. Mengunyah daun sirih secara teratur juga bisa. Kiat ini dilakukan oleh orang-orang jaman dulu. Manakala pasta gigi “mehong” belum ada. Dan sampai saat ini masih terjaga. Bahkan, beberapa produk Odol menggunakan daun sirih sebagai bahan baku.

Hal ini disebabkan daun sirih mengandung zat kapur berbentuk serbuk kristal. Posturnya halus sehingga tidak melukai gigi. Zat inilah yang melapisi gigi. Sehingga gigi terlihat bercahaya.  Walaupun begitu, zat ini tidak boleh menetap lama. Karena membuat gigi menipis.

  1. Mencegah Bau Mulut

Mulut berbau busuk penyebab diri diasingkan dari sekitar. Jangankan untuk mengobrol, tercium napas saja, orang sudah kabur. Ini yang mengganggu segala aktifitas. Jangan harap, interaksi dengan masyarakat berhasil jika bau mulut menyengat.

Bau mulut menyengat bisa diatasi dengan daun sirih. Caranya adalah kunyah daun sirih saat  bau mulut tidak enak. Meminum sebagian rebusan daun sirih juga bagus. Apalagi sebagian yang lain digunakan berkumur-kumur. Jika mulut tidak berbau, jangan mengunyah daun sirih. Justru sisa ampasnya menjadi makanan bagi kuman penyebab granuloma.

  1. Mencegah Gigi Berlubang

Manfaat mengunyah daun sirih keempat ialah cegah gigi berlubang. Gigi berlubang disebabkan zat asam. Yang mana zat ini terjebak di permukaan gigi. Semakin lama, zat asam semakin tebal. Akhirnya bakteri mengambil proteinnya sebagai makanan. Karena bakteri menguat, dia akan terus menggerogoti gigi hingga berlubang. Bahan memicu rongga mulut bengkak kronis.

Daun sirih mencegah gigi berlubang, karena didalamnya terdapat saponin. Zat yang bekerja sebagai anti asam. Zat ini menetralisir asam menjadi mineral. Sehingga mudah dikeluarkan melalui ludah. Tanpa zat asam, gigi akan sehat.

Sponsors Link

  1. Melembabkan Mulut

Mulut harus senantiasa lembab. Agar bakteri tidak berkembang biak. Selain itu, mulut basah mengurangi bau mulut. Bahkan membuat napas segar. Sebaliknya, mulut kering membuat ludah mengental. Sehingga penyakit mulut tidak bisa dicegah dengan buah penyembuh sariawan.

Mengunyah daun sirih bikin mulut basah. Karena daun sirih mengandung mineral alami.  Mineral inilah yang melumeri rongga mulut dengan cairan. Sehingga pengeringan jenis apapun tidak terjadi. Dan mulut serta gigi semakin sehat.

  1. Menyembuhkan Radang Mulut

Radang mulut dan sariawan herpes adalah penyakit paling perih. Jika tidak diobati, rasa perihnya mengurangi selera makan. Sehingga menurunkan berat badan. Bukan itu saja, radang mulut dibiarkan lama, bisa menimbulkan abses mulut.

Radang mulut bisa disembuhkan dengan daun sirih. Caranya ialah mengunyah daun sirih sesudah makan. Hal ini terjadi, karena daun sirih mengandung vitamin C. Yang bekerja sebagai antioksidan natural. Senyawa ini melumeri rongga mulut dengan antiseptik. Sehingga muncul pengobatan radang dari dalam.

Sponsors Link

  1. Memutihkan Gigi

Gigi putih adalah kebanggaan tersendiri. Dengannya senyum merekah tanpa batas. Dijamin, jika gigi putih bersih, berkomunikasi jadi semangat. Teman banyak, klien bertambah dan kesuksesan mudah.

Mengunyah daun sirih secara teratur membuat gigi putih. Karena daun sirih mengandung serbuk kristal. Serbuk kristal ini berubah putih jika bersentuhan dengan air. Maka dari itu, setelah mengunyah akhiri dengan berkumur-kumur. Gigi pasti terlihat lebih putih.

  1. Membuat Mulut Sejuk

Sekalipun tidak memiliki zat pendingin serupa daun mentol, daun sirih juga bisa menimbulkan efek dingin di mulut.  Sedangkan cara tradisional menghilangkan bau mulut diatas yang mudah. Anda tinggal berkumur-kumur dengan air rebusan daun sirih. Atau dengan mengunyahnya, setelah itu akhiri dengan berkumur-kumur.

Jika mulut sejuk, tentu napas segar, mulut lembab, stomatitis aftosa minggat dan bau busuk ludah hilang. Karena kuman mati dan tidak berani menyerang kembali. Atas dasar itulah, kebiasaan mengunyah daun sirih baik asal tidak menimbulkan candu atau ketagihan.

Itulah beberapa manfaat mengunyah daun sirih. Manfaat yang dirasakan jika kunyahan dilakukan teratur bersama jus untuk sariawan. Namun, pastikan penggunaan tidak berlebihan.  Karena daun sirih juga mempunyai efek samping bahaya.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Wednesday 06th, February 2019 / 02:59 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mulut