Sponsors Link

10 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sariawan Datang Menyerang

Sponsors Link

Sama dengan penyakit yang lainnya, ternyata sariawan juga memiliki makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi. Sebab, makanan makanan pantangan penyebab sariawan berkepanjangan ini bisa meningkatkan keparahan sariawan bahkan membuat luka sariawan menjadi busuk dan bernanah.

ads

Ketika sariawan menyerang, semua jenis makanan terlihat mengundang selera. Namun, anda tidak boleh asal comot saja. Anda harus tahu dulu apakah makanan tersebut pantangan bagi sariawan atau makanan pencegah sariawan. Jika ternyata makanan tersebut dilarang untuk dikonsumsi karena membuat sariawan semakin kronis, maka tinggalkanlah sebelum menyesal.

Makanan pantangan untuk sariawan sangat banyak. Nah, supaya tidak bingung, maka berikut ini akan kami list makanan yang harus dihindari saat sariawan yang sangat banyak tersebut. Silahkan patuhi tips ini, pasti hasilnya memuaskan. Itu pun jika anda ingin cepat sembuh dari sariawan.

  1. Es krim

Semua makanan yang mengandung gula tidak cocok dikonsumsi saat sariawan apalagi es krim. Pasalnya, es krim sekalipun yang berbahan buah penyembuh sariawan jika dikonsumsi berlebihan akan membuat bibir sariawan bertambah kering. Sehingga luka sariawan semakin lebar dan sukar untuk disembuhkan.

  1. Gorengan

Sariawan memiliki nama lain yaitu panas dalam. Hal ini dikarenakan ketika sariawan, seluruh organ di dalam tubuh terasa panas membakar atau demam. Bahkan, saking panasnya, bibir pun menipis, pucat dan pecah pecah.

Makan gorengan justru menambah hawa panas tubuh menjadi jadi. Maka dari itu, makanan non makanan pencegah bau mulut yang lumer dengan minyak goreng ini tidak boleh anda konsumsi ketika sedang sariawan. Lebih parah lagi jika anda konsumsi gorengan dengan sambal pedas. Wah bisa kronis itu sariawan.

  1. Bubur Panas

Bubur memang bagus untuk mencegah luka sariawan, karena bubur tidak memiliki unsur makanan padat yang melukai. Akan tetapi, jika bubur yang anda konsumsi masih panas mendidih, tentu ini pun tidak layak anda konsumsi saat sariawan.

Pasalnya, bibir yang sedang sariawan, panasnya sudah luar biasa apalagi jika tersentuh dengan panas mendidih dari bubur yang anda suap ke mulut. Pasti panasnya berlipat ganda, bahkan, bibir anda bisa pecah dan meradang.

  1. Biskuit

Semua makanan padat penyebab mulut terasa sepat yang diolah dengan tepung hendaknya tidak dikonsumsi saat sariawan. Karena makanan makanan ini pasti tersisa di daerah bibir apalagi kalau bibir sedang terluka. Akibatnya, bakteri akan datang membuat sariawan semakin iritasi.

Makanan padat seperti biskuit juga tidak layak dikonsumsi saat sariawan karena rawan bibir tergigit. Sehingga luka sariawan bertambah bukan hanya disatu tempat tetapi bisa di tempat lain pada bibir.

  1. Tape Singkong

Makanan yang harus dihindari saat sariawan yang kelima adalah tape singkong. Tape singkong adalah penyebab bintik merah pada mulut anak yang tidak boleh dikonsumsi saat sariawan.

Pasalnya, makanan hasil fragmentasi ini memiliki zat serupa dengan alkohol yang akan menimbulkan hawa panas ketika masuk ke dalam mulut. Selain itu, tape singkong bisa membuat bau mulut menyengat dan nafas tidak segar.

Sponsors Link

  1. Sambal Pedas

Bagi penyuka sambal yang kebetulan sedang sariawan, hentikan dulu kebiasaan tersebut sampai sariawan sembuh. Pasalnya, efek pedas dari sambal akan meningkatkan produksi liur secara alami yang otomatis membuat seluruh mulut termasuk bibir mengalami kekeringan yang frontal. Nah kekeringan inilah yang membuat sariawan betah berlama lama pada bibir.

  1. Ketan

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan tradisional ini? ternyata makanan yang melalui proses peragian ini tidak baik loh untuk kesehatan, karena bisa menimbulkan hipertensi, bukan obat sariawan yang manjur dan gangguan kolesterol untuk manula.

Selain itu, ketan juga bisa membuat sariawan semakin parah. Pasalnya, mengkonsumsi ketan berlebihan membuat tubuh terasa panas dan kering. Sehingga mineral tubuh dipaksa bekerja ekstra keras untuk menurunkan panas tersebut secara alami. Efeknya tentu, bibir menjadi kering, luka sariawan menjadi borok dan peradangan di mana mana.

  1. Buah Jambu

Resiko makan buah jambu selain bisa menimbulkan gangguan usus buntu dan susah buah air besar, ternyata buah lokal ini bisa menimbulkan iritasi pada sariawan. Selain itu, makan buah jambu sembarangan bisa membuat bibir tergigit sehingga luka menjadi tidak terelakkan.

Sponsors Link

Maka dari itu, daripada makan buah jambu lebih baik konsumsi buah penghilang bau mulut yang lebih lembut seperti buah naga dan  pepaya.

  1. ikan Kaleng

Ikan kaleng atau sarden dilarang dikonsumsi saat sariawan karena ada rasa pedas dan asam di dalamnya. Lebih baik mengganti lauk kaleng dengan ikan segar yang diasap atau dibakar karena lebih aman bagi sariawan.

  1. Buah Jeruk

Makanan yang harus dicegah saat sariawan yang terakhir adalah buah jeruk. Memang, sariawan disebabkan oleh kurangnya antioksidan sehingga bakteri berhasil melukai bibir. Nah, menambah pasokan vitamin C seharusnya sudah cukup untuk menyembuhkan sariawan.

Akan tetapi, memenuhi kebutuhan Vit C dengan makan buah jeruk tidak dianjurkan. Karena rasa asam jeruk justru bisa membuat luka sariawan bertambah parah. Maka dari itu, jangan makan buah jeruk! ingat bahaya sering sariawan. Lebih baik anda mengkonsumsi vit C yang berbentuk kapsul karena lebih aman.

Itulah 10 makanan yang harus dihindari saat sariawan. Silahkan hindari list makanan penyebab tumor gusi diatas jika tidak ingin sariawan bertambah parah dan kronis.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 29th, August 2018 / 04:04 Oleh :