Sponsors Link

4 Macam Macam Pulpitis Dan Pengobatannya

Sponsors Link

Tahukah anda apa definisi pulpitis itu? Dan apakah anda juga tahu kalau penyakit pulpitis banyak macamnya dengan tehnik pengobatan yang  juga berbeda beda? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang macam macam penyebab bintik merah pada mulut anak dan jenis jenis pulpitis.

ads

Pulpitis adalah penyakit yang menyerang pulpa gigi. Bentuk dari penyakit ini adalah munculnya peradangan atau pembengkakan ( inflames ) di area pulpa yang terkadang menyebar hingga ke jaringan akar. Nah, karena pulpa berada di dalam gigi, tentu tekanan peradangan menjadi sangat besar. Tekanan inilah yang membuat pulpitis mampu menimbulkan rasa nyeri luar biasa.

Macam macam varian pulpitis dan cara hilangkan bau petai di mulut cukup banyak. Biasanya, pengobatan dan perawatannya disesuaikan dengan jenis jenis pulpitis yang terjadi. Maka dari itu, salah diagnosis, tindakan pengobatan pulpitis juga salah.

Ini dia jenis dan macam macam pulpitis yang harus anda tahu supaya ketika anda melakukan pengobatan, hasilnya lebih tepat sasaran.

  1. Pulpitis Reversibel

Pulpitis reversibel adalah radang pulpa yang stadiumnya ringan. Biasanya, pupitis jenis ini disebabkan oleh munculnya karies, yang mana kariesnya masih belum banyak sehingga belum menggerogoti gigi. Biasanya,  jika karies sudah berhasil dihilangkan dengan cara menghilangkan bau gigi palsu, peradangan pulpa juga mereda hingga sembuh total.

Pengobatan pulpitis reversibel relatif lebih mudah dibandingkan pulpitis jenis lain. Kadang, dengan diberi obat anti radang dan antibakteri saja, gangguan pulpitis ini bisa dihilangkan dengan segera.

  1. Pulpitis ireversibel

Jenis pulpitis yang kedua adalah pulpitis ireversibel. Jenis pulpitis ini merupakan pulpitis terberat yang harus dihindari sedini mungkin dengan mengoptimalkan semua cara membuat napas harum. Pulpitis inilah yang terkadang bisa memunculkan komplikasi seperti sinusitis, polip, tumor gusi hingga serangan jantung.

Pulpitis ireversibel adalah radang pulpa yang cukup parah. Biasanya radang pulpa ini disebabkan karies yang akut sehingga berhasil membuat gigi berlubang. Nah gigi berlubang inilah yang berhasil diinfeksi oleh bakteri sehingga pulpa menjadi meradang.

Saking parahnya pulpitis jenis ini, penyebaran infeksi bisa menyentuh saluran akar gigi. Itu artinya jika pulpitis ireversibel tidak segera diobati dengan minum minuman penghilang bau mulut, pulpoktomi dan pencabutan gigi adalah solusi akhir. Jika tidak, infeksi bisa menyebar hingga merusak sel yang berpeluang menghadirkan radikalitas metabolisme. Dan salah satu resikonya adalah kanker gusi.

Pengobatan untuk pulpitis jenis ini tidak boleh asal asalan. Selain harus dilakukan oleh dokter spesialis, pengobatan yang diterapkan juga harus prosedural dan teliti. Biasanya tehnik pengobatan pulpitis Ireversibel diawali dengan diagnosis penyakit. Dilanjutkan dengan tes riwayat penyakit secara lisan hingga monitor gejala dan bentuk pulpitis secara visual yang melibatkan foto rontgen dan lain lain.

Sponsors Link

  1. Degenerasi Pulpa

Degenerasi pulpa adalah penyakit pulpitis atau radang pulpa yang sebagian besar menyerang gigi orang dewasa. Penyebab utamanya adalah munculnya karies yang dibiarkan sejak lama akibat kegemaran makan buah penyembuh sariawan tetapi lupa berkumur kumur. Namun, karies yang terjadi pada pulpitis ini tidak mengalami pergerakan ekstrim sehingga tidak sampai melubangi gigi.

Selain itu, degenerasi pulpa juga terjadi akibat retaknya gigi akibat faktor traumatik. Bisa karena kecelakaan, akibat terlalu over dalam melakukan cara mengatasi mulut asam saat hamil atau karena peristiwa keras yang lainnya. Degenerasi pulpa terjadi karena penyebab diatas dibiarkan terlalu lama tanpa penanganan. Bahkan saking lamanya, bukan hanya pulpa gigi yang sudah aus atau nekrosis saja tetapi warna gigi secara keseluruhan juga berubah.

Anda juga mesti waspada apabila terdapat gangguan nyeri berkepanjangan beberapa saat pasca penambalan gigi. Karena bisa jadi itu merupakan gejala munculnya degenerasi pulpa. Jika dimungkinkan, lebih baik dicabut saja gigi anda supaya tidak mengalami masalah pulpa atau pulpitis yang lebih besar.

Sponsors Link

  1. Nekrosis Pulpa

Aneka macam macam pulpitis yang keempat adalah nekrosis pulpa. Nekrosis pulpa disebut juga pulpa yang mati. Ya, nikrosis pulpa adalah hilangnya fungsi pulpa akibat peradangan pulpa yang parah. Pada umumnya pulpitis jenis ini disebabkan oleh berhentinya pasokan darah yang masuk ke dalam pulpa yang diakibatkan oleh kecelakaan, atau terkena pukulan. Tanpa pasokan darah, pasti pulpa tidak bisa bekerja dengan baik sekalipun sudah dilakukan cara mengobati kista mulut yang handal dan mahal.

Jika nekrosis pulpa sudah terjadi, gigi anda tidak perlu dipertahankan lagi. Pencabutan gigi tentu cara yang bijak sebelum akar dan jaringan syaraf ikut tidak berfungsi.

Itulah 4 macam macam pulpitis  dan penyebab pulpitis yang harus diwaspadai. Silahkan anda deteksi sendiri, pulpitis yang manakah yang sedang menyerang anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 22nd, October 2018 / 04:12 Oleh :
Kategori : Pulpitis