Sponsors Link

7 Macam-Macam Penyakit Gigi yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Gigi merupakan organ tubuh yang berfungsi sangat penting karena di organ tersebut makanan akan dihancurkan sehingga proteinnya bisa disebar ke organ tubuh yang lainnya. Ironinya, bukan cuma serangan penyakit jantung dan penyakit gagal ginjal saja yang bisa menimbulkan bahaya ekstrem bagi kehidupan manusia, tapi ada macam-macam penyakit gigi yang juga berdampak sama bahkan ada yang bisa merenggut nyawa jika tidak segera diatasi dengan  cara membersihkan gusi.

ads

Pertanyaannya adalah Jenis penyakit gigi apakah yang ternyata bisa menimbulkan kematian sehingga harus diwaspadai dengan serius? Ini dia macam-macam penyakit gigi yang menjadi jawabannya.

Macam Macam Penyakit Gigi

  1. Gingivitis

Penyakit gigi yang pertama adalah radang gusi yang disebut juga dengan istilah gingivitis. Gingivitis atau Radang gusi merupakan satu gangguan yang biasanya terjadi akibat organ mulut tidak terjaga kebersihannya serta suka mengkonsumsi makanan penyebab kanker mulut.

Akibatnya akan bermunculan karies gigi atau plak yang semakin hari semakin menumpuk sehingga menimbulkan penekanan pada tepi gusi.

Jika gangguan ini dibiarkan, Infeksi akan semakin parah karena pada bagian gusi sudah ditempati oleh bakteri yang awalnya berasal dari plak atau karang gigi tersebut. Penyakit akan semakin kronis dan bahkan akut jika penyakit gingivitis ini tidak segera mendapatkan penanganan terbaik.

  1. Gigi Hipersensitif

Masalah Hipersensitivitas tidak hanya terjadi pada kulit saja tetapi juga bisa terjadi pada gigi yang salah dalam menerapkan pengobatan leukoplakia. Pada umumnya, masalah ini ditandai dengan munculnya gejala yang salah satunya adalah gejala ngilu pada gigi.

Problem gigi yang sering juga disebut hipersensitivitas dentin ini juga sering menyerang orang usia dewasa yang secara medis, gigi yang dimilikinya mulai mengalami erosi terutama daerah gigi gusi.

  1. Abses Gusi

Abses gusi merupakan satu penyakit gigi yang salah satu gejalanya adalah gusi bernanah. Nanah yang terlihat pada area gusi tampak seperti cairan yang berwarna keruh agak kekuningan. Nanah ini muncul akibat terjadinya pembengkakan (inflamasi) gusi yang tidak teratasi sampai semua permukaan gusi menjadi terinfeksi.

4. Karies Gigi

Macam-macam penyakit gigi yang berbahaya keempat adalah Karies gigi. Penyakit ini memiliki nama lain yaitu dental caries yang tergolong penyakit kategori infeksi penyebab kerusakan pada struktur gigi dengan gejala mirip gejala sindrom sjogren.

Masalah inilah yang bisa menimbulkan gangguan gigi berlubang. Jika karies gigi tidak mendapatkan penanganan terbaik dengan cara mengobati pulpitis ireversible, rasa nyeri yang dimunculkannya tidak akan pernah hilang. Bahkan komplikasi akibat gigi tanggal dan bernanah yang ditempati bakteri bisa menyerang penderitanya dengan cepat.

Sponsors Link

5. Tumor Gigi

Penyakit tumor gigi merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kematian dengan cepat. Bahkan dampak penyakit ini sama kronisnya dengan penyakit tumor organ lainnya.

Tumor gigi terjadi manakala di dalam gigi terdapat pembesaran daging yang ekstrim akibat ditumbuhi oleh parasit tertentu. Akibatnya, jaringan sel aktif pada gigi dan mulut menjadi lemah bahkan rusak.

6. Gigi Berlubang

Gigi berlubang dan sindrom sjogren merupakan problematika gigi yang paling populer dan paling sering mendera semua orang. Bahkan saking viralnya penyakit ini, ada sebagian orang yang menganggapnya biasa-biasa saja. Padahal, manakala gigi berlubang dibiarkan hingga akut, akibatnya bisa fatal bahkan bisa menyebabkan kematian.

Gigi berlubang dan rongga mulut bengkak sering kali disebabkan oleh berkumpulnya bakteri di dalam mulut. Jika bakteri ini mampu menyemprotkan zat asam pada email gigi, lapisan gigi akan terkikis sehingga gigi mudah berlubang. Jika pengikisan gigi semakin kronis dan dalam, tentu rasa perih yang muncul juga semakin tajam.

Makanan manis ternyata bisa membuat gigi berlubang sukar disembuhkan. Alasannya adalah gula yang melekat pada gigi akan mengundang bakteri masuk ke dalamnya.

Sponsors Link

Akibatnya, bakteri semakin berkembangbiak yang artinya zat asam yang dihasilkan juga semakin banyak. Anomali ini semakin kronis jika anda malas untuk menyikat gigi dan malam makan makanan pencegah sariawan.

7. Periodontis

Jenis penyakit gigi yang terakhir adalah Periodontitis. Penyakit Periodontitis adalah penyakit yang terjadi akibat munculnya infeksi gusi yang statusnya sudah parah yang tidak bisa diobati dengan pengobatan stomatitis aftosa. Bahkan saking parahnya gangguan ini, posturnya pasti berhasil merusak jaringan lunak sampai ke area tulang penyangga gigi.

Masalah ini tidak boleh diremehkan dan harus segera dilakukan tindakan pengobatan yang tepat. Pasalnya, selain bisa membuat gigi rontok, bakteri yang berkembangbiak di dalam luka juga bisa berpindah ke dalam sirkulasi darah yang bukan tidak mungkin, bakteri yang dibawanya akan menyerang organ tubuh penting lainnya, seperti paru-paru dan organ jantung.

Itulah macam-macam penyakit gigi yang harus diwaspadai dan diobati dengan makanan penyembuh sariawan. Penyakit yang rasa perihnya luar biasa dan bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Semoga artikel ini bisa menjadi landasan kewaspadaan anda untuk menghindari penyakit gigi jenis apapun.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 22nd, April 2019 / 04:10 Oleh :