Sponsors Link

5 Penyebab Lidah Berjamur Pada Bayi Dan Solusinya

Sponsors Link

Lidah berjamur pada bayi diketahui adalah satu lagi permasalahan kesehatan pada mulut bayi yang sering luput diketahui oleh orang tua. Jamur pada mulut bayi memang diketahui sangat mudah perkembangannya. Khususnya dilatarbelakangi oleh bayi yang terus menerus mengkonsumsi susu dan tidak dapat membersihkan mulut yang kotor karna susu ataupun menunjukkan bahwa susu yang tertinggal di mulutnya belum dibersihkan. Hal hal seperti ini padahal yang menjadi tempat favorit jamur untuk berkembang di mulut. Artinya, kebanyakan alasan lidah berjamur pada bayi menderita bayi anda adalah akibat konsumsi susu yang tidak bersih ataupun secara umum disebut akibat tidak menjaga kesehatan dan mulut.

ads

Keadaan lidah yang terjangkit jamur memang tidak hanya diderita oleh bayi. Orang dewasa banyak juga yang menderita penyakit ini dan disebut sebut juga merupakan salah satu gejala kandidiasis oral. Kandidiasis oral memang dikenal sebagai masalah kesehatan mulut yang disebabkan oleh jamur candida, artinya lidah berjamur pada bayi pun dapat dijelaskan sebagai kandidiasis oral pada bayi. Hal ini harus segera anda atasi. Namun sebelum mengatasinya, lebih baik anda mempelajari dahulu kondisi apa yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur di lidah bayi anda.

5 Penyebab Lidah Bayi Berjamur

Diketahui sebelumnya bahwa ada beberapa faktor penyebab bayi dapat menderita jamur di lidah. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kira kira lima penyebab tersebut. Semoga dapat membantu.

  1. Sisa Susu di Lidah

Penyebab lidah berjamur  yang pertama adalah sisa susu di lidah yang tidak segera dibersihkan. Susu yang tersisa lama merupakan tempat favorit jamur berkembang biak. Jadi pastikan untuk selalu membersihkannya.

  1. Botol Susu Berjamur

Anda juga perlu memperhatikan penggunaan botol susu pada bayi. Jika anda menggunakan botol susu yang kurang bersih, maka jamur akan lebih mudah masuk ke mulut bayi anda. Akhirnya jamur tersebut akan berkembang pada lidah anda.

  1. Tertular dari Ibu

Tidak dapat dipungkiri bahwa jamur di lidah bayi juga dapat tertular dari ibu atau orang disekitarnya. Jadi pastikan jangan terbiasa menggunakan barang atau membiarkan anak anda mencium orang lain dan barang sembarangan.

  1. Akibat Oral Trush

Oral trush atau gangguan kulit pada bayi juga dapat menjadi penyebab kandidiasis mulut utama pada bayi anda terkena serangan jamur di lidah. Pastikan untuk menjaga bayi anda dari gangguan kulit dan perkembangan jamur.

  1. Daya Tahan Tubuh Bayi yang Kurang Kuat

Selain karena jamur yang masuk ke mulut, utamanya jamur tersebut dapat berkembang pesat akibat dari daya tahan tubuh bayi yang kurang kuat. Anda diharapkan dapat menjaga daya tahan tubuh bayi  anda untuk dapat melawan penyakit.

Sponsors Link

Solusi dan Penanganan Lidah Berjamur pada Bayi

Setelah mengetahui apa saja penyebab lidah berjamur pada bayi sebelumnya, maka pada bagian di bawah ini akan dijelaskan apa saja solusi yang dapat membantu anda menyembuhkan penyakit lidah berjamur yang diderita oleh bayi anda. Semoga sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

  • Memberikan Minum Air Putih pada Bayi setelah Minum Susu

Pastikanlah untuk membersihkan sisa susu pada mulut bayi dengan selalu memberikan air putih setelah minum susu.

  • Memberikan Obat Anti Jamur

Jika masih tidak bisa dihilangkan, maka anda dapat mengoleskan obat kandidiasis oral seperti obat anti jamur di mulut pada bagian lidah bayi anda.

Sponsors Link

  • Memberikan Madu pada Bayi dengan Rutin

Cara yang paling aman dan baik juga untuk kesehatan bayi anda adalah dengan mengoleskan madu. Oleskan madu pada lidah bayi dengan rutin.

  • Membersihkan Botol Susu secara Menyeluruh

Botol susu sebelum digunakan harus selalu anda pastikan bersih. Pastikan tidak ada sisa kotoran yang menyebabkan jamur dapat masuk ke mulut bayi anda.

Itulah tadi informasi mengenai apa saja penyebab dan solusi penanganan dari lidah berjamur pada bayi. Setelah anda mengetahui informasi ini, diharapkan anda dapat dengan efektif mencegah jamur berkembang pada lidah bayi anda dan juga membantu membersihkan lidah bayi anda dari jamur jamur yang mengganggu tersebut. Semoga anda dapat segera menemukan bentuk perawatan terbaik untuk anak anak anda yang menderita lidah berjamur.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Saturday 27th, January 2018 / 03:03 Oleh :