Sponsors Link

Kandidiasis Oral pada Bayi: Penyebab, Ciri Ciri, dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kandidiasis oral pada bayi diketahui adalah salah satu gangguan kesehatan mulut yang paling sering diderita oleh bayi. Bayi diketahui memang memiliki daya tahan tubuh yang masih mudah untuk kalah dengan banyak penyakit di bumi. Itulah mengapa penjagaan bayi sangat dibutuhkan dengan memberikan asupan nutrisi yang baik. Namun, ternyata masih ada penyakit yang bisa menyerang bayi melalui konsumsi susunya, yaitu penyakit kandidiasis oral ini.

ads

Bayi yang terserang kandidiasis oral perlu segera ditolong. Sayangnya tidak banyak yang mengetahui apa penyakit ini, apa saja penyebabnya, dan bagaimana ciri serta cara mengatasinya. Itulah sebabnya pada bagian berikut ini akan coba dijelaskan apa penyebab, ciri ciri, dan cara mengatasi penyakit kandidiasis oral bayi.

4 Penyebab Kandidiasis Oral pada Bayi

Pertama tama, perlu anda ketahui bahwa penyakit kandidiasis oral memang dapat menyerang bayi. Bukan hanya satu atau dua kasus, kandidiasis oral memang hampir menyerang setiap bayi. Penyebabnya adalah jamur candida yang dapat menyebar saat bayi mengkonsumsi susu. Namun selain itu, berikut ini kondisi bayi yang menjadi penyebab kandidiasis mulut menyerang:

  1. Oral Trush

Penyebab pertama seorang bayi sesuai namanya adalah oral trush. Artinya terjadi masuknya jamur ke mulut dan berkembang pada lapisan kulit mulut anda. Anda harus segera menggunakan obat oral trush untuk bayi agar dapat menanggulanginya.

  1. Daya Tahan Tubuh Lemah

Selanjutnya, perkembangan penyakit kandidiasis oral dapat menyerang bayi yang daya tahan tubuhnya lemah. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memastikan pencukupan gizi agar daya tahan tubuh bayi anda selalu kuat.

  1. Infeksi saat Persalinan

Diketahui bahwa seorang bayi dapat menderita kandidiasis oral saat sejak persalinan. Sebelumnya mungkin saja ibu bayi tersebut menderita kandidiasis vaginal yang tertular pada bayi dan menyebar ke bagian mulut, sehingga terjadilah kandidiasis oral.

  1. Alat Minum Susu yang Kotor

Penggunaan alat minum susu yang tidak dijaga kebersihannya merupakan salah satu penyebab utama bayi dapat terkena kandidiasis oral. Jamur lebih mudah berkembang dan masuk ke mulut melalui alat yang digunakan untuk minum susu.

Ciri Ciri Kandidiasis Oral pada Bayi

Jika seorang bayi telah menderita kandidiasis oral, maka akan muncul berbagai tanda dan gejala pada bayi tersebut. Berikut ini beberapa ciri ciri yang perlu anda waspadai. Jika muncul pada bayi anda, maka segeralah lakukan upaya penanganan yang terbaik yang bisa anda lakukan.

  • Muncul Sariawan
  • Panas Tinggi
  • Lidah Kemerahan
  • Bagian dalam Pipi Muncul Bintik Putih
Sponsors Link

Cara Mengatasi Kandidiasis Oral pada Bayi

Setelah mengetahui beberapa ciri dan penyebab bayi dapat terkena kandidiasis oral, maka selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini informasi mengenai cara mengatasi penyakit kandidiasis oral bayi anda.

  • Menggunakan Obat Anti Jamur

Cara mengatasi yang pertama adalah dengan menggunakan obat anti jamur. Ada beberapa obat anti jamur yang dapat digunakan pada bayi adalah obat kandidiasis oral. Namun harus diketahui dosis yang aman.

  • Membersihkan Alat Minum Susu Bayi

Salah satu bentuk perawatan kandidiasis oral yang terjadi pada bayi anda adalah dengan memastikan anda selalu membersihkan alat minum susu bayi tersebut. Jangan sampai digunakan masih kotor dan menjadi media penghantar jamur ke mulut bayi anda.

Sponsors Link

  • Memberikan Bayi Air Putih Setiap Minum Susu

Cara penularan penyakit kandidiasi oral diketahui dapat dilakukan dengan sisa susu di mulut bayi. Oleh karena itu, anda disarankan untuk memberikan bayi air putih setiap selesai minum susu. Hal ini akan membantu membersihkan sisa susu di mulut bayi anda.

  • Berikan Madu pada Sariawan

Sariawan pada bayi merupakan tanda awal perkembangan lidah berjamur pada bayi. Hal ini harus segera diatasi. Salah satu cara anda dapat menghindarinya adalah dengan memberikan madu pada sariawan anda.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai penyebab, ciri ciri, dan cara mengatasi kandidiasis oral pada bayi. Jadi setelah mengetahui informasi di atas anda dapat memperhatikan kesehatan pada bayi anda. Jangan anggap sepele tanda tanda yang dimunculkan di mulut bayi anda. Mungkin saja bayi anda sedang menderita kandidiasis oral namun anda kurang sigap dalam mendeteksinya. Segera periksakan kesehatan bayi anda jika salah satu saja gejala kandidiasis oral pernah ditunjukkannya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Saturday 27th, January 2018 / 02:43 Oleh :
Kategori : Candidiasis