Sponsors Link

5 Jenis Jenis Stomatitis yang Harus Anda Ketahui dan Waspadai

Sponsors Link

Pernah dengarkah anda dengan penyakit stomatitis? Lantas bagaimana tanggapan anda dengan penyakit stomatitis tersebut? Hati hati! Penyakit stomatitis bukan penyakit ringan. Bahkan, jika penyakit ini terjadi tanpa henti, bisa jadi itu pertanda munculnya gangguan penyakit mematikan yaitu kanker dan herpes.

ads

Stomatitis adalah penyakit yang sering disebut dengan istilah sariawan. Yang mana sariawan ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang mulut. Biasanya stomatitis ini menyerang area mulut seperti bibir, lidah hingga gusi yang tidak pernah merasakan minuman penghilang bau mulut. Ciri cirinya adalah area mulut meradang yang disertai munculnya bintik putih kecil berjumlah banyak.

Jika anda mengalami gejala ini, hendaknya diobati sesegera mungkin sebelum terlambat dengan cara membuat napas harum. Sebab, bukan hanya masalah komplikasi yang mengancam, tetapi ketika mulut anda diserang stomatitis, pasti anda akan merasa kesulitan menelan, menggigit dan mengunyah. Apalagi jika stomatitis anda pecah dan berdarah yang rasa nyerinya sungguh luar biasa.

Nah agar anda tidak salah ketika mengobati stomatitis malah menggunakan pengobatan pulpitis akut, maka berikut ini akan kami list macam macam atau jenis jenis stomatitis yang tindakan pengobatannya berbeda beda.

  1. Stomatitis Aftosa

Stomatitis aftosa atau dikenal dengan istilah SAR merupakan sariawan yang lukanya tidak begitu dalam. Akan tetapi nyerinya terasa menyengat. Pada umumnya stomatitis aftosa menyerang bibir, pipi, gusi dan dasar mulut yang gejalanya adalah pada luka terdapat bintik putih dengan ukuran hanya 1 inci saja. Sampai saat ini penyebab stomatitis aftosa masih belum diketahui. Namun, pada ahli beranggapan kalau penyakit ini disebabkan oleh mal nutrisi terutama vitamin untuk bibir kering dan pecah pecah vit B dan zat besi di dalam tubuh.

  1. Stomatitis Generalisata

Stomatitis generalisata adalah stomatitis yang terjadi pada sebagian besar mulut dengan progress penyakit datang hampir bersamaan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti minum minuman keras, terlalu banyak asupan gula, akibat obat dan makanan penyembuh sariawan berbahan kimia, perokok berat hingga pengkonsumsi kafein yang berlebihan.

Stomatitis generalisata termasuk stomatitis yang paling berbahaya dan paling membuat anda merasa tidak nyaman. Makan menjadi tidak nikmat, yang akhirnya tubuh kekurangan nutrisi dan anda pun akan mudah sakit. Maka dari itu, mengobati stomatitis generalisata sejak dini adalah langkah yang bijak.

  1. Stomatitis Mikotik

Penyakit stomatitis bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa karena bakteri, kuman, hingga akibat tingginya sensitifitas mulut sehingga mudah terluka dan meradang ketika bersentuhan dengan makanan yang harus dihindari saat sariawan yaitu makanan yang bersuhu ekstrim seperti makanan terlalu dingin ataupun makanan dan minuman yang terlalu panas. Selain itu, ada penyakit stomatitis yang disebabkan oleh protozoa atau jamur. Nah salah satu stomatitis tersebut adalah stomatitis mikotik.

Stomatitis mikotik atau yang disebut juga dengan kandisiosis Oris terjadi ketika kulit bibir sudah terinfeksi jamur yang mana jamur ini mungkin sudah berkembang biak di dalam ludah atau pun di dalam liur. Sehingga, jamur tersebut mudah saja berpindah tempat dan melukai area mulut yang lainnya.

Sponsors Link

  1. Stomatitis Herpetika

Jenis jenis stomatitis dan macam macam pulpitis yang keempat adalah stomatitis herpetika. Stomatitis herpetika disebut juga penyakit herpes ringan. Biasanya herpes terjadi dimana tempat salah satunya dibawah lidah. Namun stomatitis herpetika terjadi ketika penyakit herpes sudah menyerang mukosa oral dan juga area bibir.

Nah, jika anda mengeluh rasa nyeri pada bibir, coba anda raba. Jika terasa ada tonjolan berwarna kekuningan dan sedikit pecah serta berdarah, sudah bisa dipastikan anda diserang penyakit stomatitis herpetika.

  1. Stomatitis Medikamentosa

Stomatitis medikamentosa adalah sariawan yang terjadi akibat alergi. Gejala pulpitis dari gangguan ini adalah luka di bibir tidak hanya menimbulkan nyeri tetapi juga ada hawa panas dan gatal yang sangat luar biasa. Sehingga jika anda tidak tahan dengan rasa gatalnya, luka tersebut akan digaruk sehingga luka stomatitis tidak kunjung sembuh.

Itulah 5 macam jenis jenis stomatitis yang sering terjadi sekaligus cara mengobati pulpitis ireversible. Silahkan jaga mulut tetap sehat dan steril dari bakteri dan kuman penyebab pulpitis, jika anda tidak ingin diserang oleh stomatitis. Ingat! Stomatitis bukan penyakit enteng. Lebih baik cegah stomatitis daripada mengobatinya. Karena pengobatan apapun bisa manjur bisa juga tidak.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 29th, October 2018 / 02:46 Oleh :
Kategori : Stomatitis