Sponsors Link

7 Jenis-Jenis Sariawan Paling Berbahaya yang Harus Dicegah

Sponsors Link

Terkena penyakit sariawan memang sangat menyakitkan. Apalagi ketika sedang berbicara maupun saat sedang makan. Gejala  sariawan sendiri sama dengan gejala kanker mulut yaitu bisa dideteksi dari luka kecil yang terdapat di area mukosa atau jaringan lunak mulut maupun di permukaan lidah.

ads

Pada umumnya, penyakit sariawan menyerang di kala usia remaja dan menginjak dewasa. Nah untuk melakukan tindakan pengobatan, anda harus tahu dulu  jenis-jenis sariawan agar tidak salah pengobatan.

Penyakit sariawan banyak macamnya. Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan kategori tersebut sehingga anda bisa menyimpulkan pasal perbedaannya. Bahkan dengan narasi artikel ini, anda bisa menentukan teknik pencegahannya yang paling tepat.

Jenis-Jenis Penyakit Sariawan

1. Sariawan minor

Sariawan minor merupakan penyakit sariawan yang paling sering terjadi. pada umumnya bentuk organ yang diserang berbentuk oval yang di bagian tepinya berwarna merah dengan ukuran bintik lebih kecil. Sesungguhnya Penyakit Sariawan ini bisa sembuh secara otomatis tanpa pengobatan asalkan rajin minum minuman penghilang bau mulut. Istimewanya kesembuhannya tidak disertai dengan bekas luka. Sedangkan, untuk proses kesembuhan biasanya memakan waktu satu hingga dua minggu.

2. Sariawan Mayor

Sariawan mayor memiliki ukuran lebih besar dibandingkan penyakit sariawan kecil (minor). Bentuk luka akibat sariawan ini bulat dengan warna permukaan merah menyala yang terlihat jelas. Jika ukuran luka sudah membesar, biasanya warna permukaannya menjadi tidak teratur.

Jika anda diserang penyakit sariawan kategori ini, rasa sakit yang bakal anda alami lebih perih dibandingkan rasa perih sariawan seperti biasanya. Ditambah lagi progres kesembuhan lebih lama dibandingkan sariawan yang lain.

Kabarnya penyakit bisa sembuh selama 6 minggu dengan perawatan konsisten menggunakan obat alami herpes di bibir. Ironinya, sekalipun sudah sembuh, biasanya penyakit masih menyisakan bekas pada organ.

  1. Sariawan Herpetiform

Penyakit sariawan herpetiform adalah penyakit yang tergolong langka. Bahkan dari beberapa penelitian disampaikan kalau sariawan jenis ini tidak disebabkan oleh serangan herpes. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah bentuk lukanya sangat tipis dengan bintik-bintik putih yang jumlahnya bisa mencapai ratusan. Walaupun begitu ada beberapa kasus dimana ditemukan sariawan herpetiform dengan luka yang sangat besar.

Untuk penyakit sariawan dengan warna organ yang tidak beraturan ini proses kesembuhannya cukup cepat. Bahkan jika perawatan yang anda lakukan cukup konsisten, penyakit akan sembuh jika sudah melewati satu minggu.

  1. Stomatitis Aphtous

Jenis-jenis sariawan dan bahaya nekrosis pulpa yang keempat adalah ulkus apthous. Gejala penyakit sariawan ini salah satunya adalah warna luka terlihat kuning pucat dan terkadang berwarna keemasan. Sedangkan permukaan luarnya berwarna sedikit kemerahan.

Sponsors Link

Bintik yang muncul terkadang tunggal. Namun ada beberapa kasus jumlahnya juga banyak dan berkelompok. Sedangkan lokasi serang biasanya di area lidah dan bibir bagian dalam.

Pada umumnya penyakit sariawan jenis ini akan sembuh dengan perawatan maksimal menggunakan buah penyembuh sariawan jika sudah melewati 5 hari.  Akan tetapi jika gejala demam sudah muncul, lebih baik konsultasi ke dokter untuk dilakukan penanganan yang lebih baik.

  1. Sariawan Herpex Simplex

Sariawan herpex simplex adalah penyakit sariawan yang diakibatkan oleh serangan bakteri herpes akibat bahaya merokok bagi kesehatan mulut yang ekstrim. Sedangkan ciri-cirinya adalah bintik yang terlihat berjumlah cukup banyak dan berkelompok.

Jika penyakit ini menyerang bibir disertai gejala sindrom sjogren, maka di permukaannya terlihat ada pembengkakan yang di dalamnya berisi cairan.  Jika tidak segera diobati, pembengkakan tersebut akan pecah sehingga muncullah borok.

Penyakit sariawan ini jarang menimpa gusi dan langit-langit mulut. Tetapi sering terlihat pada area lidah dan bibir. Pada umumnya penyakit menyerang selama 7 sampai 10 hari.  Namun jika tidak diobati dengan baik, penyakit untuk sembuh butuh waktu lebih lama.

Ciri-ciri selanjutnya adalah sebelum sariawan ini menyerang, mulut terasa panas dan beberapa anggota tubuh seperti leher mengalami kesemutan. Bahkan ada kasus pasien penyakit sariawan herpex simple diawali dari gangguan flu. 

Sponsors Link

  1. Sariawan Iritasi

Keseringan mengalami iritasi di mulut yang tidak segera diobati dengan buah penghilang bau mulut bisa menyebabkan lapisan jaringan lunak mulut menjadi kering dan rusak sehingga timbullah ulkus yang disebut dengan istilah luka sariawan.

Biasanya sariawan semacam ini dialami akibat bibir tergigit saat makan.  Karena luka yang terjadi akibat gigitan ini tidak dirawat dengan baik, maka pembekuan darah akan terjadi yang jika pecah terjadilah sariawan.

  1. Moniliasis atau Oral Trush

Penyakit sariawan dan bahaya degenerasi pulpa yang terakhir ini disebabkan oleh serangan jamur yang disebut jamur Candida albicans. Serangannya biasanya menimpa lidah bahkan juga ada kasus menyerang pipi area dalam.

Jika penyakit ini menyerang akan muncul bintik lesi berwarna putih pucat yang sangat menyakitkan bila tersentuh bahkan bisa berdarah jika tergigit.Yang perlu diwaspadai adalah kondisi buruk yang sering terjadi apabila penyakit sariawan ini tidak diatasi. S

alah satunya adalah bisa menimbulkan pembengkakan yang menyebar hingga ke langit-langit mulut, amandel (tonsil), bahkan ke bagian esofagus.

Itulah jenis-jenis sariawan yang harus diwaspadai dan diobati dengan cara menghilangkan benjolan di langit-langit mulut. Penyakit yang bisa membuat kehidupan anda tidak tenang, makan tidak nyaman bahkan bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 20th, April 2019 / 04:57 Oleh :
Kategori : Sariawan