Sponsors Link

12 Jenis Jenis Penyakit Mulut yang Wajib Dikenali

Sponsors Link

Mulut adalah organ penting bagi kehidupan manusia. Proses awal pencernaan manusia berawal dari mulut. Oleh sebab itu ketika mulut merasakan kurang sehat berarti tingkat keinginan untuk makan semakin berkurang. Selain sebagai alat utama proses pencernaan, mulut juga sebagai alat utama dalam media berkomunikasi. Hal inilah pentingnya peran serta mulut sebagai alat utama atau penting untuk kehidupan manusia.

ads

Jenis – jenis penyakit mulut banyak dijumpai di masyarakat baik yang ringan -ringan saja seperti  bau mulut tidak mau hilang adalah adanya aktivitas bakteri pada rongga mulut, mulut terasa asam dan bau, atau penyakit mulut yang berat seperti rongga mulut bengkak yang berpotensi dapat menyebabkan kematian. Artikel ini akan membahas tentang 12 jenis jenis penyakit mulut .

Bukan hanya penyakit jantung, otak, ginjal, hati dan paru-paru saja yang dapat membahayakan hidup manusia, akan tetapi ada sejumlah penyakit gigi dan mulut yang berpotensi mengancam nyawa manusia. Berikut adalah 12 jenis jenis penyakit mulut yang wajib kita waspadai agar tidak berakhir dengan kondisi yang lebih serius atau bahkan kematian.

1. Stomatitis atau radang mulut

Radang mulut disebabkan oleh jamur. Gejala pada radang mulut ini berupa lidah berwarna pucat serta terdapat bercak berwarna kuning keputihan yang sangat mudah dikeruk. Kondisi bercak tersebut akan terasa perih ketika makan dan menggosok gigi. Kondisi ini orang sering menyebut pula penyakit sariawan.

Ketika bibir bagian dalam tergigit ketika sedang makan yang akhirnya menjadi sariawan. Jamur Candida albicans merupakan penyebab dari sariawan dan meski tak menular, sudah tentu kondisi seperti ini memberikan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Bagi penderita sariawan sebaiknya sering mengkonsumsi jus yang bagus untuk sariawan atau minum obat sariawan yang manjur.

2. Glositis

Jenis penyakit mulut glositis ini dapat dikatakan sebagai penyakit radang pada lidah.  Dimana kondisi ini adalah sebuah keadaan di dalam mulut yang dapat ditunjukkan dengan adanya pembengkakan di lidah. Jika pada kasus yang lebih serius, penyakit glositis dapat memicu penyumbatan pernapasan ketika lidah membengkak sangat parah.

3. Halitosis

Halitosis adalah istilah kondisi organ mulut ketika nafas tidak sedap pada saat nafas dihembuskan. Penyakit ini mengakibatkan nafas tidak sedap yang berasal dari rongga mulutAda beragam cara untuk mengobatinya seperti cara tradisional mengilangkan bau mulut, cara menghilangkan bau mulut busuk yang ampuh, cara alami menghilangkan bau mulut, serta cara menghilangkan bau mulut pada balita.

4. Tonsilitis 

Penyakit mulut ini merupakan peradangan pada bagian dari cincin waldeyer. Dimana cincin tersebut merupakan susunan dari kelenjar limfa yang ada di rongga mulut. Cincin ini terdiri dari tonsil faringeal, tonsil palatina, tonsil lingual atau tonsil pada pangkal lidah dan tonsil tuba eustachius.

Sponsors Link

5. Gingivitis

Gingivitis atau dikenal sebagai radang gusi atau gusi bengkak adalah sebuah kondisi yang biasanya terjadi karena mulut kurang terjaga kebersihannya dan akhirnya ada karang-karang gigi atau plak yang menumpuk. Radang gusi ini diakibatkan oleh tindakan pembersihan gigi dengan menggunakan benang gigi yang tidak sesuai dengan prosedur. Hal ini akan berdampak pada terbentuknya plak permanen di sepanjang garis.

Infeksi yang terjadi di bagian gusi disebabkan oleh banyaknya bakteri di bagian plak dan karang gigi. Kondisi ini akan makin parah jika gingivitis tidak segera diobati sehingga berpotensi dapat berkembang menjadi penyakit lainnya.

6. Abses gigi

Penyakit mulut ini merupakan segumpal nanah yang mengakibatkan timbulnya sakit gigi serta gangguan mulut lainnya.Penyakit ini adalah salah satu penyakit gigi dan mulut di mana gusi dapat bernanah. Dimana nanah yang keluar di bagian gusi terlihat berbentuk cairan kental berwarnanya kuning, putih kekuningan atau kuning kecoklatan. Kondisi ini dapat terjadi akibat infeksi yang berujung pada inflamasi pada gusi. 

ads

7. Tumor gigi

Kanker/tumor gigi hampir sama dengan tumor yang lainnya. Tumor gigi merupakan daging atau sel yang tumbuh berkembang seperti parasit yang merusak jaringan hidup disekitarnya, Penyakit tumor gigi adalah penyakit yang bukan main bahayanya karena dapat berujung pada kematian sama seriusnya dengan kasus tumor lainnya. Kondisi tumor ini terjadi akibat tumbuhnya parasit yang merusak jaringan hidup di area gigi dan mulut.

8. Karang gigi

Calculus atau dikenal dengan karang gigi adalah sisa-sisa makanan yang terbentuk dan melekat erat pada permukaan gigi di dalam mulut.

9. Karies gigi

Karies gigi atau dikenal dengan dental caries merupakan penyakit karena terjadinya infeksi yang bisa memicu kerusakan struktur gigi. Karies gigi dapat berdampak terjadinya gigi berlubang. Penyakit mulut dan gigi ini jika dibiarkan atau tidak diobati secara tepat maka dapat menyebabkan rasa nyeri, terjadinya infeksi, gigi tanggal, kasus bahaya lainnya dan bahkan membawa kematian.

10. Maloklusi

Maloklusi adalah suatu kondisi dimana bentuk antara rahang atas dan bawah yang menyimpang dari bentuk standar yang diterima sebagai bentuk yang normal. Dimana maloklusi dapat disebabkan karena tidak ada keseimbangan dentofasial. 

11. Hipersensitivitas

Penyakit mulut ini merupakan kondisi reaksi tubuh yang berlebihan yang disebabkan oleh terlalu sensitifnya respon imun yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuhHipersensitivitas bisa saja muncul pada bagian gigi dan biasanya hal ini dapat dirasakan pada ngilu di gigi. Hipersensitivitas ini sebagian besar dialami oleh para orang tua yang mengakibatkan penurunan fungsi gusi. Hal ini akan disebabkan oleh pertambahan usia seseorang.

12. Penyakit coxsackie

Kondisi penyakit mulut satu ini terlihat masih kurang begitu dikenal oleh masyarakat Indoenesia, akan tetapi sangat penting untuk diketahui bahwa penyakit ini cenderung menyerang anak-anak. Gejala penyakit ini terlihat titik-titik merah bukan hanya berada disekitar bagian mulut,melainkan terdapat pula disekeitar kaki dan tangan. Penyakit coxsackie, menurut medis tidak tergolong sindrom mulut. Hal ini dikarenakan penyakit ini juga menyerang tangan dan kaki.

Nah, itulah penjelasan 12 jenis jenis penyakit mulut yang berpotensi menyerang Anda dan keluarga Anda. Ada baiknya Anda menerapkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut  seperti menggosok gigi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti terhindar dari berbagai penyakit dan memiliki mulut yang segar.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 05:00 Oleh :