Sponsors Link

Gingivitis : Definisi, Ciri Ciri Penyebab Pengobatan Dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyakit mulut itu banyak macamnya. Sebut saja, penyakit sariawan, radang lidah, gejala kanker mulut dan penyakit abses. Namun, ada satu penyakit mulut yang sangat berbahaya yaitu gingivitis.

ads

Apa Itu Penyakit Gingivitis?

Bahaya penyakit mulut tidak bisa diremehkan. Selain bisa menghilangkan fungsi mulut anda, penyakit penyakit diatas juga bisa menimbulkan komplikasi yang terkadang juga menjurus pada kematian.

Salah satu penyakit mulut yang bisa memicu komplikasi adalah penyakit radang gusi yang dikenal dengan istilah penyakit gingivitis.

Akan tetapi, ternyata masih banyak orang yang tidak memahami cara mengobati luka pada gusi yang identik dengan penyakit gingivitis. Sehingga, penyakit gingivitis sangat sulit untuk dihindari.

Tidak bisa dipungkiri pula, akibat ketidakpahaman ini, telah menjadikan penyakit radang lidah atau gingivitis menjelma menjadi penyakit baru yang apabila statusnya menjadi kronis, bahaya komplikasi menyerang.

Komplikasi itu tidak tanggung tanggung, selain kanker lidah, komplikasi penyakit gingivitis juga terjadi pada darah yang disebut dengan keracunan darah.

Maka dari itu, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang penyakit gingivitis secara lengkap. Tujuannya adalah, supaya anda tahu kalau penyakit ini bukan penyakit main main.

Diharapkan pula, dengan adanya artikel ini, kewaspadaan anda terhadap semua penyakit mulut, terutama penyakit gingivitis menjadi lebih tinggi lagi.

Pengertian Penyakit Gingivitis

Penyakit Gingivitis adalah penyakit radang yang terjadi pada gusi. Ciri ciri penyakit ini, gusi berwarna kemerahan yang terasa nyeri ketika disentuh. Penyakit ini tergolong medium, namun jika tidak segera diobati dengan buah penyembuh sariawan, gigi anda bisa hilang.

Setiap orang di Indonesia pasti pernah mengalami penyakit gingivitis. Dan 80 % dari seluruh penderita adalah orang dewasa. Bukan itu saja, ternyata penyakit gingivitis juga menjadi masalah di seluruh dunia.

Gejala Penyakit Gingivitis

Penyebab gingivitis tidak juga sembuh adalah pasiennya sering menyepelekan penyakit dengan menyebutnya sebagai penyakit gigi biasa. Padahal, penyakit ini sangat berbeda.

Nah, pada penjelasan berikut ini, kami list gejala yang membedakan Penyakit gingivitis dengan penyakit nekrosis pulpa serta dengan penyakit gigi yang lain.

Sponsors Link

  1. Terjadi peradangan pada gusi
  2. Jika diraba gusi terasa sakit dan nyeri
  3. Gusi terlihat bergeser lebih rendah dari posisi awal
  4. Gusi berdarah ketika menggosok gigi
  5. Warna gusi merah menyala agak kehitaman
  6. Aroma napas berbau menyengat

Nah, jika anda mengalami gejala diatas, segera temui dokter gigi agar segera dilakukan tindakan pengobatan yang lebih detail.

Penyebab Penyakit Gingivitis

Mengetahui penyebab gingivitis sangat penting. Karena dengan pengetahuan tersebut, anda bisa mencegah penyakit ini sejak dini dengan menggunakan cara hilangkan bau petai di mulut yang alami. Ini dia, penyebab penyebab gingivitis yang harus anda pahami tersebut, yaitu :

  1. Akibat infeksi bakteri
  2. Tumpukan plak yang berlebihan
  3. Munculnya karang gigi berpostur padat
  4. Akibat kuman yang menempel pada gusi
  5. Malas menggosok gigi
  6. Kebiasaan merokok dan minum minuman keras
  7. Berkumur kumur tidak bersih
  8. Berkumpulnya kuman di area gusi

Penyebab penyebab diatas akan memicu Penyakit gingivitis jika tidak segera diobati secara menyeluruh dengan minuman penghilang bau mulut.

ads

Pengobatan Penyakit Gingivitis

Mengobati Penyakit gingivitis adalah langkah tepat untuk mencegah penyakit menyebar semakin jauh. Namun, pengobatan radang gusi ini, tidak bisa sembarangan.

Selain pengobatannya harus tepat, semua tehnik pengobatan untuk penyebab glositis juga harus sesuai dengan resep dokter. Ini dia pengobatan Penyakit gingivitis secara medis maupun tehnik pengobatan  Penyakit radang lidah secara alami dan tradisional.

  1. Mendiagnosis Gusi dan gigi secara menyeluruh
  2. Membersihkan gusi dari kuman dengan menggunakan cairan pembersih
  3. Memberikan obat anti nyeri
  4. Menambal gigi yang berlubang
  5. Pengobatan saluran akar
  6. Melakukan pencabutan gigi
  7. Mengkonsumsi Obat Anti Radang
  8. Minum Obat herbal
  9. Mengkonsumsi ramuan makanan penyembuh sariawan tradisional.

Itulah jenis pengobatan Penyakit radang lidah atau Penyakit gingivitis dengan cara menghilang karang gigi yang paling lumrah dilakukan.

Jika penyakit tidak juga sembuh, mungkin ada gejala penyakit lain yang menyertainya, akibat penyakit radang gusi sudah terlanjur parah.

Pencegahan Penyakit Gingivitis

Mengobati Penyakit gingivitis adalah tindakan yang bagus. Tetapi mencegahnya merupakan aktivitas yang paling utama. Berikut ini, kami juga list cara mencegah penyakit gingivitis yang harus anda lakukan setiap hari, yaitu :

  1. Rajin Menggosok Gigi
  2. Berkumur menggunakan mouthwash.
  3. Menggunakan benang gigi khusus
  4. Tidak mencungkil gigi menggunakan benda tajam
  5. Menghindari menyentuh gusi dengan tangan.
  6. Menghindari kebiasaan memainkan gusi dengan ujung lidah
  7. Hentikan kebiasaan makan makanan panas

Jika tehnik pencegahan dengan cara mengobati pulpitis ireversible ini anda lakukan setiap saat, tentu pertumbuhan plak dan karang gigi pada gusi anda tidak bertahan lama. Efeknya adalah penyakit radang gusi atau Penyakit gingivitis bisa anda cegah sejak dini.

Itulah penjelasan singkat dan padat tentang penyakit radang gusi atau Penyakit Penyakit gingivitis yang kami ulas dari sudut pandang definisi atau pengertian, gejala atau ciri ciri, penyebab penyakit, cara mengobati baik secara medis maupun secara alami serta tehnik untuk mencegahnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda sebagai landasan pengetahuan kalau gingivitis adalah penyakit yang tidak boleh dibiarkan merajalela.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 26th, December 2018 / 09:56 Oleh :
Kategori : Gingivitis