Sponsors Link

10 Gejala Pulpitis yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Sponsors Link

Tiba tiba gigi anda bengkak tanpa alasan? Jangan disepelekan! Bisa jadi gangguan gigi bengkak yang anda alami merupakan gejala awal munculnya radang pulpa yang istilah medisnya disebut pulpitis.

ads

Pulpitis merupakan penyakit gigi yang diakibatkan oleh munculnya pembengkakan pada area pulpa. Karena pulpa berada di dalam gigi yang berdekatan dengan saluran akar, tentu rasa nyeri akibat peradangannya sangat luar biasa. Dijamin, akibat nyeri pulpitis, anda tidak akan nyaman ketika beraktifitas sekalipun sudah mempraktekkan cara membuat napas harum sepanjang hari.

Nah, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan tentang gejala pulpitis. Yang mana, gejala gejala tersebut bisa anda jadikan panduan pencegahan sekaligus prospek penanganan cara mengatasi air liur yang sangat bau sebelum penyakit semakin parah.

  1. Gigi Terasa Sakit Luar Biasa

Gejala penyakit pulpitis yang pertama adalah gigi terasa sakit luar biasa. Hal ini disebabkan oleh mampetnya pulpa yang bengkak karena terhalang dinding keras gigi. Namun, rasa sakit ini tidak intens melainkan kambuhan dengan durasi yang tidak terlalu lama.

  1. Rasa Nyeri Gigi datang Berbarengan Dengan Munculnya Karies

Jika gigi anda terasa nyeri akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut serta pasca munculnya karies, mungkin itu gejala dari radang pulpa atau pulpitis. Gejala ini muncul akibat penekanan karies dari luar gigi terhadap tembok gigi sehingga pulpa dan saluran akar menjadi ikut tertekan. Nah, nyeri ini timbul apabila pulpa sudah mengalami pembengkakan atau inflamasi.

  1. Gambaran Rasa Sakit Seperti Ditusuk Tusuk

Rasa sakit karena pulpitis tidak sama dengan rasa sakit akibat gangguan gigi lainnya. Rasa sakit akibat pulpitis seperti ditusuk tusuk dan menyentak. Nah, jika rasa sakit gigi anda semacam ini, mungkin penyebab air liur bau yaitu pulpa gigi anda sedang bengkak yang mana pembengkakan tersebut telah menyebar ke jaringan syaraf gigi.

  1. Rasa Sakit Menyebar

Rasa sakit akibat pulpitis tidak bertumpu pada satu titik. Bahkan anda akan kesulitan untuk menentukan gigi yang mana yang sedang mengalami peradangan. Gejala ini juga diikuti dengan penyebaran rasa sakit yang tidak hanya berlokasi di area gigi semata melainkan juga terasa hingga ke punggung, kepala hingga leher.

  1. Gigi Lebih Sensitif

Gejala pulpitis yang kelima adalah gigi lebih sensitif terhadap suhu. Apabila gigi anda terasa ngilu seperti kesemutan setelah makan buah penghilang bau mulut, makanan dingin dan makanan terlalu panas, itu artinya ada gangguan dengan pulpa anda. Segera lakukan pemeriksaan sebelum radang pulpa menyebar hingga merusak syaraf gigi. Sebab, jika syaraf pulpa ikut tertekan, pasti rasa ngilu pada gigi anda akan berganti rasa nyeri yang tajam dan menusuk nusuk.

Sponsors Link

  1. Nyeri Pada Area Rahang

Pulpitis adalah pembengkakan pulpa yang tertekan akibat tertutup dinding keras pada gigi. Nah efek dari gangguan ini, tentu rasa nyerinya akan sampai pada rahang anda. Karena sebagian besar radang pulpa terjadi pada gigi area samping dan amat jarang radang pulpa terjadi pada area gigi bagian depan.

  1. Terasa Sakit Saat Menggigit

Anda merasa punya gigi sehat karena rajin minum jus yang bagus untuk sariawan tetapi ketika digunakan menggigit justru terasa sakit? Jangan jangan itu akibat pulpa gigi yang sedang bengkak atau pulpitis. Ingat! Nyeri pulpitis tersebar hingga ke seluruh gigi. Maka dari itu, jika salah satu gigi tertekan, rasa nyeri akan muncul tiba tiba. Anehnya, anda akan kesulitan untuk menentukan lokasi munculnya rasa sakit tersebut.

  1. Nyeri Terparah Di Waktu Malam

Sebagian besar pasien pulpitis mengaku kalau rasa nyeri terparah terjadi di malam hari ketika sedang tidur. Hal ini ini disebabkan oleh perkembangan inflamasi pulpa yang semakin besar sehingga tekanan pada dinding gigi juga semakin kuat.

Atas dasar itulah penanganan pulpitis harus segera dilakukan agar malam malam anda tidak lagi terganggu dengan nyeri gigi yang luar biasa.

Sponsors Link

  1. Sisa Makanan Sulit Dikeluarkan

Salah satu gejala atau tanda pulpitis yang lainnya adalah sisa makanan yang masuk ke dalam lubang gigi akan sulit untuk dikeluarkan. Pasalnya, sela gigi semakin menyempit akibat penyempitan kulit lunak gigi yang melindungi saluran akar. Dan jika dipaksa untuk mencungkil, kulit lunak bisa terluka dengan rasa perih yang luar biasa. Dan jika ini yang terjadi, pengobatan pulpitis akut jenis apapun akan sia sia.

  1. Diawali Oleh Gigi Berlubang

Gigi berlubang memang masalah gigi yang paling laten. Makanya, gigi berlubang harus dihindari sedini mungkin dengan rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Gigi berlubang pada pulpitis dan stomatitis disebabkan oleh radikalnya pergerakan karies hingga menggerogoti lapisan padat gigi. Nah, jika gigi berlubang ini didalamnya masih tersimpan pulpa dan akar, tentu bakteri bisa menetap disana dan merusaknya. Sehingga pembengkakan pulpa tidak bisa dihindari lagi.

Itulah 10 bahaya pulpitis dan gejala pulpitis atau radang pulpa yang tidak boleh dianggap remeh. Silahkan jadikan gejala diatas sebagai panduan cerdas untuk mencegah pulpitis menyerang gigi anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 16th, October 2018 / 01:39 Oleh :
Kategori : Pulpitis