Sponsors Link

7 Gejala Kandidiasis Oral Berdasarkan Jenisnya

Sponsors Link

Gejala kandidiasis oral adalah informasi mengenai apa saja tanda tanda yang dapat ditunjukkan oleh penderita kandidiasis oral. Diketahui bahwa definisi kandidiasis oral adalah permasalahan kesehatan mulut yang banyak diderita masyarakat. Walau sudah banyak diderita masyarakat, tidak banyak yang mengetahui apa sebenarnya penyakit kandidiasis oral ini. Kandidiasis oral dapat dijelaskan sebagai suatu penyakit yang menyebabkan kondisi mulut terkena infeksi di sekitar bagian permukaan kulitnya. Infeksi yang dialami mulut tersebut dapat disebabkan oleh pengaruh dan perkembangan dari jamur candida di mulut anda. Tahukah anda bahwa jamur ini sangat banyak ditemukan di mulut manusia? Hal ini tentu membahayakan karena dapat menyebabkan kandidiasis oral terus meluas pada mulut anda.

ads

Selanjutnya menurut sumber dari dokter jenis spesies candida ini terdapat lima jenisnya, yaitu jamur candida albcana, candida tropikalis, candida glabrata, candida krusel, dan candida parapsilosis. Berbagai jenis jamur ini berbeda pemicu pada tubuhnya. Namun, pastinya jamur candida dapat menyebabkan jamur di mulut anda. Jika telah berkembang, maka akan muncul gejala. Apa saja jenis gejala tersebut? Mungkinkah ada obat kandidiasis oral yang dapat membantu anda menyembuhkan berbagai gejala ini.

Gejala Kandidiasis Oral Berdasarkan Jenisnya

Diketahui bahwa ada beberapa jenis penyakit kandidiasis oral. Karena ada jenis penyakit yang berbeda, maka akan menghasilkan gejala yang secara umum sama namun secara khususnya beda. Apa saja jenis kandidiasis oral tersebut dan apa gejalanya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  •  Jenis Kandidiasis Oral Akut

Jenis kandidiasis yang pertama adalah kandidiasis oral akut. Kandidiasis oral akut ini merupakan jenis kandidiasis pertama yang dapat dibedakan lagi menjadi dua jenis. Kandidiasis pseudomembranosus akut dan kandidiasis atropik akut. Keduanya akan menimbulkan gejala yang berbeda. Berikut ini perbedaan gejalanya.

  • Gejala Kandidiasis Pseudomembranosus Akut

Pada jenis kandidiasi oral akut ini bisa dikatakan gejala kandidiasis pseudomembranosus akan menunjukkan banyak tanda di bagian mulut anda. Gejala kandidiasis pseudomembranosus ini mencakup munculnya plak mukosa berwarna putih di permukaan mulut. Selain itu, difusinya dapat bergumpal atau beludru dan sel epitel di mulut terasa lebih kasar dengan warna yang kemerahan. Oleh sebab itu, gejala ini juga disebut sebut sebagai gejala seseorang yang sistem imunnya tergolong rendah. Tidak jarang seseorang yang menderita HIV/AIDS pun dapat menunjukkan gejala ini. Penanganannya dapat dilakukan seperti pada penanganan sariawan.

  • Gejala Kandidiasis Atropik Akut

Gejala yang terjadi pada jenis kandidiasis oral akut ini akan membuat daerah di sekitar permukaan mukosa mulut anda menjadi seperti mengelupas kulitnya. Selain itu, akan muncul juga bercak-bercak merah yang merata di seluruh permukaan kulit anda. Selanjutnya, perlu anda ketahui bahwa gejala ini bisa diatasi dengan penggunaan antibiotic spectrum luas terutama di bagian yang muncul bercak putih. Jamur penyebabnya akan mati lebih cepat.

  • Jenis Kandidiasis Oral Kronik

Jenis penyakit kandidiasis oral berikutnya disebut dengan kandidiasis oral kronik. Gejala yang dapat anda rasakan dari penyakit ini akan dibedakan lagi menjadi 3 jenis penyakit yang berbeda, diantaranya yaitu:

Sponsors Link

  • Gejala Kandidiasis Atropik Kronik

Gejala yang ditunjukkan dari penyakit kandidiasis atropik kronik ini dapat muncul karena pemicunya yaitu “denture stomatitis” atau dibilang juga pengaruh gigi tiruan. Ketika penyakit in menyerang seseorang maka akan muncul gejala seperti mukosa palatum ataupun mukosa mandibular. Penyebab kandidiasis mulut ini adalah bisa karena ada bagian luka yang tertutup oleh gigi tiruan anda dan menyebabkannya membengkak lalu memerah semua. Kondisi ini biasanya  membuat kotoran masuk ke dalam gigi, sehingga terjadilah suatu infeksi yang dipengaruhi oleh candida.

  • Gejala Kandidiasis Hiperplastik Kronik

Pada gejala penyakit kandidiasis jenis hiperplastik kronik ini biasanya infeksi jamur akan terjadi di mukosa bukal atau lateral lidah. Akan muncul gejala seperti bintik-bintik putih dan merah di tepi mulut anda. Hal tersebut diakibatkan oleh keganasan pertumbuhan jamur di bagian sel-sel epitel anda. Perhatikan bahwa kandidiasis oral pada bayi pun dapat menunjukkan gejala ini.

Sponsors Link

  • Gejala Median Rhomboid Glossitis

Gejala pada jenis kandidisiasi oral ketiga ini adalah biasanya di sekitar daerah simetris kronis anterior lidah ke papilla sirkumvalata atau tepatnya terletak di dua pertiga anterior dan sepertiga posterior lidah akan muncul bercak bercak putih. Gejala ini bisa dikatakan akibat seseorang mengalami infeksi disekitaran sel-sel kulit mulutnya sehingga sulit untuk disembuhkan.

Berikut tadi informasi mengenai apa saja gejala kandidiasis oral berdasarkan jenisnya yang berbeda-beda. Setelah mengetahui macam macam gejala tersebut, diharapkan anda dapat lebih waspada dalam mendeteksinya. Jika anda menemukan gejala gejala tersebut muncul di mulut anda, maka segeralah lakukan pengobatan dan pemeriksaan ke dokter mulut terpercaya. Kesehatan mulut anda akan kembali lagi.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Saturday 27th, January 2018 / 02:29 Oleh :
Kategori : Candidiasis