Sponsors Link

8 Gejala Glositis yang Harus Anda Waspadai

Sponsors Link

Kami menjamin, diantara kita pasti ada yang masih belum mengenal penyakit glositis apalagi gejala kanker mulut. Bahkan, di telinga kita yang paling populer hanyalah istilah penyakit sariawan dan bau mulut saja. Padahal glositis termasuk penyakit mulut dan gigi yang sangat berbahaya.

ads

Dengannya anda akan kesulitan saat mengunyah makanan penyembuh sariawan. Bahkan dengannya pula anda akan kehilangan kemampuan berbicara.

Nah, bagi anda yang ingin kenal lebih dekat dengan glositis atau penyakit radang lidah, maka pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan glositis lengkap dengan gejala gejala yang sering ditimbulkannya.

Gejala inilah yang nantinya bisa anda gunakan ketika melakukan tindakan pengobatan. Karena pengobatan tanpa melihat gejala secara seksama, justru bisa menimbulkan kesalahan pengobatan yang disebut dengan istilah mal praktek.

Pengertian Glositis Atau Radang Lidah

Glositis adalah bahasa medis yang diserap dari bahasa Yunani kuno yaitu Glossus dan itis. Glossus memiliki arti lidah sedangkan kata itis mengandung makna radang. Dari pengertian etimologi diatas, sudah jelas kalau glositis adalah radang lidah.

Sedangkan menurut arti medisnya, glositis adalah penyakit yang berupa inflamasi atau peradangan pada jaringan lunak lidah akibat dari serangan virus herpes.

Penyakit ini ada yang ringan dan juga ada yang kronis. Jika glossis sudah masuk stadium kronis, komplikasi penyakit hingga kanker ludah yang tidak bisa disembuhkan dengan obat kanker mulut terkadang datang menyerang.

Gejala Gejala Penyakit Glositis

Untuk membedakan penyakit glositis dengan penyakit sariawan, nekrosis pulpa dan penyakit mulut lainnya, bisa terlihat dari gejala atau ciri ciri yang ditimbulkan. Berikut ini kami list gejala gejala tersebut sehingga anda menjadi lebih paham dan tindakan pengobatan yang dilakukan tidak salah.

  1. Lidah Membengkak

Gejala glositis yang pertama adalah lidah menjadi bengkak. Hal ini disebabkan oleh infeksi virus akibat merokok bagi kesehatan gigi yang sudah berhasil merusak sensor lidah sehingga posturnya menjadi kecil dan menipis. Maka dari itu, akibat glositis, sensor lidah tidak berfungsi sehingga semua makanan pun terasa hambar.

  1. Lidah Licin saat Diraba

Didalam lidah terdapat jaringan sensor yang disebut palipa. Palipa adalah tonjolan kasar dan kecil yang ada di seluruh lidah. Jika diraba maka jari terasa menyentuh sesuatu yang kasar.

Kalau radang lidah akibat makanan penyebab kanker mulut datang, tonjolan tersebut akan hilang sehingga yang teraba hanyalah postur lidah yang licin dan rata.

Sponsors Link

  1. Lidah Terasa Nyeri

Ketika glositis datang, lidah akan terasa nyeri. Rasa nyerinya akan semakin bertambah tambah saat anda sedang makan. Rasa nyeri tersebut diakibatkan oleh infeksi virus yang berhasil melukai mukosa atau jaringan lunak lidah yang kasat mata.

Akibatnya, radang lidah datang disertai dengan bercak darah plus penambahan rasa peka terhadap suhu. Maka dari itu, makanan panas akan membuat glositis menjadi bertambah parah dan sulit sembuh sekalipun sudah menggunakan cara mengobati luka pada gusi yang paling mahal.

  1. Kemampuan Berbicara Menjadi Berkurang

Ketika radang lidah dan degenerasi pulpa menyerang, postur lidah terasa lebih besar atau membengkak. Sehingga gerakan lidah menjadi tidak ideal. Padahal gerakan lidah menentukan kefasihan dari artikulasi manusia ketika berbicara.

  1. Sulit untuk Makan dan Mengunyah

Glositis ternyata bisa menurunkan berat badan. Argumentasi ini sangat tepat. Karena orang yang mengalami radang lidah atau glositis akan kesulitan ketika makan. Bahkan saat mengunyah lidah terasa nyeri.

Bukan itu saja, lidah tergigit saat makan, bisa meningkatkan intensitas peradangan hingga lidah menjadi terluka. Maka dari itu, kurangnya pasokan makanan yang diserap tubuh, penurunan berat badan hanya tinggal menunggu waktu saja.

Sponsors Link

  1. Warna Lidah Berubah

Salah satu gejala glositis atau radang lidah adalah warna lidah berubah. Lidah yang sehat memiliki warna merah muda dengan tonjolan palipa berwarna putih terang. Jika lidah meradang, warna tersebut akan berganti menjadi merah menyala dengan sedikit kehitam hitaman di area palipa.

  1. Sulit Menelan Makanan

Gejala penyakit glositis dan radang lidah bukan hanya sulit untuk berbicara dan mengunyah, tetapi efek radang lidah juga membuat anda kesulitan ketika menelan makanan.

Proses telan makanan yang harus dihindari saat sariawan sedikit banyak juga dibantu oleh lidah yang merapat. Bagaimana proses ini akan berjalan maksimal, jika akibat radang, lidah sulit untuk bergerak. Yang ada kalau dipaksakan untuk menelan, radang terasa sakit dengan tipe rasa sakit yang menusuk nusuk.

  1. Lidah Terasa Sakit Seperti Tertusuk

Jika lidah anda terasa sakit dengan model rasa sakit seperti ditusuk tusuk, bisa jadi itu merupakan gejala dari glositis. Penyakit Glositis atau radang lindah disebabkan bakteri yang berhasil mengganggu metabolisme di dalam lidah.

Akibatnya sel lidah mencerna perintah organ untuk mengirimkan signal radikal kepada neuron otak. Lah singnal abnormal inilah yang membuat otak anda men-transfer rasa sakit pada lidah ketika digunakan untuk berbicara ataupun makan.

Itulah 8 gejala penyakit glositis atau radang lidah yang termasuk bahaya merokok bagi kesehatan mulut yang harus anda waspadai dengan serius. Jika anda mendapati gejala tersebut menyerang, segera lakukan konsultasi medis supaya penyakit bisa didiagnosis secara menyeluruh.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 18th, December 2018 / 02:21 Oleh :
Kategori : Glositis