Sponsors Link

Degenerasi Pulpa : Definisi, Ciri Ciri Penyebab Pengobatan Dan Pencegahan

Sponsors Link

Pulpa merupakan bagian gigi yang harus senantiasa sehat. Jika organ ini terganggu, fungsi gigi bisa berkurang, gejala kanker mulut bermunculan dan gigi akan terasa nyeri luar biasa. Maka dari itu, menjaga pulpa gigi dari kerusakan adalah harga mati bagi orang yang masih ingin memiliki gigi lengkap dan indah.

ads

Namun, terkadang harapan tinggal impian. Pulpa yang digadang gadang wajib sehat, justru mengalami berbagai macam gangguan. Salah satunya adalah gangguan degenerasi yang dikenal dengan istilah penyakit degenerasi pulpa.

Pertanyaannya adalah apakah degenerasi pulpa dan bagaimana cara mengobatinya? Nah artikel kali ini akan berusaha menjawab dua pertanyaan tersebut. Selain itu, penjelasan tentang degenerasi pulpa juga kami lengkapi dengan gejala dan cara mencegahnya.

Definisi

Degenerasi pulpa adalah penyakit yang terjadi akibat tidak berfungsinya pulpa gigi dan makanan penyebab kanker mulut sekaligus akibat perubahan bentuk dari pulpa. Pada umumnya, penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri kambuhan yang berlangsung tidak menentu. Sekalipun tidak terlalu ekstrim penyakit ini masih mampu membuat gigi anda tidak nyaman.

Pada umumnya degenerasi pulpa terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Karena di usia inilah, berbagai macam abnormalitas metabolisme pada mulut dan gigi mulai terjadi. Bisa karena kebiasaan makan makanan tidak sehat atau memang akibat tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi untuk waktu yang lama.

Ciri Ciri

Degenerasi pulpa adalah cikal bakal rusaknya jaringan syaraf gigi. Karena jika pulpa rusak, tentu bakteri dari makanan yang harus dihindari saat sariawan akan leluasa melakukan infeksi didalamnya. Pertanyaannya adalah apa guna memiliki gigi jika jaringan syarafnya sudah hancur? Maka dari itu, hindari degenerasi pulpa sekarang juga sebelum terlambat.

Untuk menghindari degenerasi pulpa menjadi parah, syaratnya adalah harus tahu dulu tentang gejala pulpitis, tumbuhan obat kanker mulut dan ciri ciri degenerasi pulpa. Sehingga jika ciri ciri ini muncul, anda bisa melakukan tindakan pengobatan yang paling tepat dan cepat.

Ini dia gejala atau ciri ciri gangguan degenerasi pulpa, yaitu :

  1. Gigi Terasa nyeri dan linu ketika dilakukan tes termal
  2. Tidak ditemukan perubahan warna dan bentuk gigi
  3. Warna gigi berubah pasca dilakukan tes listrik
  4. Pulpa tidak berfungsi ( mati suri )
  5. Terlihat bentuk pulpa lebih kecil di bawah normal.
  6. Penyebab masalah terjadi pada seluruh jaringan pulpa
  7. Terdapat lempengan tipis menyerupai batu yang menempel pada pulpa

Jika anda mengalami gejala diatas, segera lakukan tindakan medis. Salah satunya dengan mendatangi dokter spesialis gigi untuk menanyakan detail dari masalah yang sedang anda alami.

Penyebab

Degenerasi pulpa disebabkan oleh berbagai macam problem seperti kecelakaan, faktor genetikal, akibat bahaya merokok bagi kesehatan mulut dan interfensi obat kimia. Berikut ini penjelasan dari penyebab penyebab  diatas.

Sponsors Link

  1. Kecelakaan

Kecelakaan yang membuat pulpa mengalami trauma akibat benturan bisa merangsang munculnya degenerasi pulpa. Sebab, pulpa yang terganggu tersebut akan meradang dan bengkak. Semakin bengkak postur pulpa, sirkulasi darah akan terhambat karena lokasi yang sempit terhalang dinding padat gigi. Tanpa sirkulasi darah yang lancar, pulpa akan segera rusak dan tidak lagi berfungsi.

  1. Genetikal

Penyebab yang kedua ini masih harus diteliti lagi pasal kebenarannya. Memang, ada beberapa orang yang mengalami degenerasi pulpa diawali dari orang tua mereka yang juga mengalami masalah yang sama. Namun, kasusnya tidak terlalu banyak paling hanya beberapa persen saja. Biasanya, penyakit degenerasi pulpa pada bagian ini adalah degenerasi yang berupa abnormalitas atau ketidaknormalan bentuk pulpa yang memang sudah ada sejak lahir.

  1. Interfensi obat Kimia

Kebiasaan minum obat kanker mulut kimia juga bisa menyebabkan degenerasi pulpa. Karena senyawa obat semacam ini ketika masuk ke dalam perut, akan menyebar hingga ke ruang gigi anda. Tentu, masalah semakin ngeri jika senyawa ini menempel pada gigi berlubang yang didalamnya masih terdapat pulpa. Bukan hanya degenerasi pulpa, pulpitis irreversible yang berbahaya pun akan menyerang pulpa anda.

Pengobatan

Karena penyakit ini sukar diamati apalagi jika statusnya masih stadium ringan, tentu pasien akan memeriksakannya ketika penyakit sudah semakin parah. Nah, jika stadium sudah tinggi semacam ini, cara pengobatannya harus menggunakan operasi. Biasanya pengobatan yang dilakukan adalah pulpoktomi atau pengambilan jaringan pulpa hingga pencabutan gigi secara total.

Sponsors Link

Sedangkan jika statusnya masih ringan, tentu pengobatan seperti cara mencegah kanker mulut yaitu pemberian obat anti nyeri, obat anti radang hingga obat pulpa berbahan herbal masih bisa anda lakukan.

Pencegahan

Nah, jika anda ingin mencegah degenerasi pulpa, kami juga memiliki caranya. Silahkan disimak akibat merokok bagi kesehatan gigi dengan baik dan terapkanlah dalam kehidupan anda sehari hari. Ini dia cara cara tersebut, yaitu :

  1. Hindari makanan bersuhu ekstrim
  2. Jangan makan makanan bertesktur tajam
  3. Hindari rokok dan alkohol
  4. Jangan gantungkan penyakit pada obat berbahan kimia
  5. Hindari makanan penyembuh sariawan liat yang bisa melukai sela sela gigi.

Itulah artikel kami tentang penyakit degenerasi pulpa yang kami ulas secara lengkap dan lugas dengan cara mengobati luka pada gusi. Semoga artikel ini bisa meningkatkan rasa cinta anda kepada pulpa gigi sebagai alat atau sarana untuk mengunyah makanan yang anda konsumsi sehari hari.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Monday 19th, November 2018 / 08:02 Oleh :
Kategori : Pulpitis