Sponsors Link

Definisi Pulpitis : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahannya

Sponsors Link

Gigi sehat adalah impian kita semua. Bahkan, demi gigi sehat, kita tidak ragu melakukan perawatan gigi yang mahal bahkan dikejar hingga ke manca negara. Bukan itu saja, demi kesehatan gigi, terkadang kita berani melakukan konsultasi pada dokter gigi ahli yang tentu biayanya juga luar biasa.

ads

Akan tetapi, semua usaha diatas yang mahal tersebut terkadang tidak sejalan dengan harapan kita. Kita sudah gelontorkan jutaan rupiah, penyakit gigi penyebab mulut terasa sepat tetap saja datang. Salah satunya adalah penyakit pulpitis. Pertanyaannya adalah apakah penyakit pulpitis tersebut?

Nah pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang definisi pulpitis, ciri cirinya, gejalanya, tehnik pengobatan, cara mencegah dan sekaligus beberapa penyebabnya. Diharapkan list penyebab bintik merah pada mulut anak yang lengkap ini bisa memandu kita untuk membebaskan gigi dari pulpitis yang nyerinya sangat luar biasa tersebut.

Definisi Penyakit Pulpitis

Pulpitis adalah peradangan yang menyerang area pulpa gigi. Peradangan ini mudah sekali berkembang diakibatkan oleh lokasi pulpa yang terjepit diantara dinding gigi yang padat. Semakin besar pembengkakan pulpitis, rasa sakitnya semakin luar biasa. Katanya rasa sakit akibat pulpitis bukan berdenyut tetapi menusuk nusuk.

Jika pulpitis atau radang pulpa tidak segera diatasi, jaringan syaraf gigi bisa ikut terganggu. Bahkan akar gigi bisa menjadi rusak. Hal ini disebabkan oleh pecahnya inflamasi pulpa yang merangsang asam dan bakteri masuk ke dalamnya. Tentu, jika asam dan bakteri sudah berkumpul, pembusukan gigi akan terjadi. Nah, pembusukan ini yang berbahaya karena bisa menimbulkan gangguan organ lain yang lebih parah seperti jantung dan kanker gusi.

Penyebab Pulpitis

Menurut para ahli, pulpitis atau radang pulpa disebabkan oleh dua faktor penyebab yang disebut penyebab khusus dan penyebab umum.

Penyebab khusus pulpitis adalah infeksi bakteri penyebab stomatitis yang berhasil membuat pulpa meradang. Pintu masuk bakteri ini bermacam macam. Bisa karena karies gigi, gigi berlubang hingga akibat gigi yang retak setelah kecelakaan.

Sedangkan penyebab umum pulpitis adalah akibat pola hidup tidak sehat yang efeknya gigi tidak terawat dengan baik. Untuk lebih jelasnya Berikut ini kami list beberapa pola hidup tidak sehat yang merupakan penyebab munculnya penyakit pulpitis, yaitu :

  1. Gemar Merokok
  2. Suka Minum Alkohol
  3. Minum Kopi secara Berlebihan
  4. Kurang Vitamin E
  5. Suka Menyentuh Gigi
  6. Mencungkil Gigi dengan Benda Tajam
  7. Malas Menggosok Gigi
    Sponsors Link

Gejala Pulpitis

Setelah mengetahui apa itu definisi pulpitis, selanjutnya akan kami jelaskan tentang gejala gejalanya sekaligus penanganan pulpitis terbaik.

Gejala pulpitis berbeda dengan gejala penyakit gigi yang lainnya. Ironisnya, gejala pulpitis atau radang pulpa lebih sulit dideteksi dibandingkan gangguan gigi lain seperti karies, gigi sensitif dan lain sebagainya.

Ini dia gejala atau ciri ciri pulpitis yang bisa anda jadikan pembeda tehnik pengobatan dan perawatan, yaitu :

  1. Nyeri seperti tertusuk tusuk dengan prospek kambuhan
  2. Nyeri diawali dengan munculnya karies
  3. Sensitifitas gigi meningkat terutama saat mengalami distraksi suhu yang ekstrim
  4. Rasa sakit tidak bertumpu pada satu titik
  5. Rahang terasa bengkak dan ngilu
  6. Nyerinya terasa hingga ke punggung dan bahu
  7. Semua gigi terasa sakit dan ngilu ketika digunakan untuk menggigit.

Pengobatan Pulpitis

Mengobati pulpitis secepatnya, mutlak dilakukan jika tidak ingin rasa nyeri pulpa terjadi berlarut larut. Namun, pengobatan pulpitis lebih detail dibandingkan pengobatan lain yang biasanya sudah sembuh dengan perawatan farmasi, penerapan cara hilangkan bau petai di mulut atau dengan mengkonsumsi obat obatan saja.

Biasanya pengobatan pulpitis dengan diberikan obat anti nyeri dan anti radang dilakukan jika status radang pulpa masih ringan atau masih belum menyebar ke jaringan syaraf gigi hingga saluran akar. Namun, jika status pulpitis sudah akut, tentu pengobatan yang lebih komplek harus dilakukan, salah satunya adalah pulpoktomi dan banyak mengkonsumsi buah penyembuh sariawan.

Pulpoktomi adalah tehnik pengobatan pulpitis akut yang berupa pengambilan organ gigi penyebab pulpitis atau pulpa dengan harapan, penyebaran infeksinya tidak terjadi lagi. Namun, cara ini hanya dilakukan oleh dokter ahli dengan mempertimbangkan diagnosis pasien baik yang berbentuk pemeriksaan lisan, maupun visual seperti foto rontgen dan lainnya.

Sponsors Link

Tehnik Pencegahan Pulpitis

Penyakit pulpitis bukan penyakit gigi biasa. Selain rasa nyerinya sangat luar biasa, penyakit ini juga bisa menimbulkan komplikasi, serangan jantung hingga kanker. Nah, bagi anda yang ingin bebas dari pulpitis, berikut ini kami list cara pencegahan pulpitis yang dijamin manjur asalkan dipadukan dengan cara membuat napas harum, yaitu :

  1. Menggosok gigi minimal dua kali sehari
  2. Rajin Konsultasi medis minimal enam bulan sekali
  3. Membersihkan sisa makanan di gigi menggunakan benang gigi khusus
  4. Mengurangi kafein dan alkohol
  5. Mencabut Gigi Berlubang
  6. Menghilangkan Karies Secepatnya
  7. Berkumur menggunakan mouthwash
  8. Menghindari makanan penyembuh sariawan berpostur tajam seperti keripik dan kerupuk

Itulah definisi pulpitis, pencegahan, pengobatan dan gejala pulpitis yang masih banyak tidak diketahui orang. Semoga, penjelasan diatas bisa menjadi panduan anda untuk membebaskan gigi dari peradangan sehingga gigi anda tetap sehat dan kuat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Saturday 20th, October 2018 / 08:27 Oleh :
Kategori : Pulpitis