Sponsors Link

7 Ciri Ciri Radang Lidah Paling Mudah Dikenali

Sponsors Link

Peradangan lidah pada bagian atas yang menimbulkan rasa nyeri dan akan dapat mempengaruhi cara berbicara. Gejala glossitis terlihat pada salah satu bagian atau hampir keseluruhan permukaan lidah. Inflamasi di lidah akan dapat berpindah-pindah pada bagian lidah tertentu. Pada artikel ini akan dibahas mengenai ciri ciri radang lidah.

ads

Lidah merupakan bagian dalam mulut yang berorot tak bertulang yang berfungsi untuk mengunyah dan menelan makanan. Biasanya radang lidah mengakibatkan benjolan kecil pada permukaan lidah yang dikenal dengan papilae to disappear.

Papilae to disappear ini memiliki peranan penting dalam menentukan cara makan serta terdapat ribuan sensor kecil ( taste buds).  Radang lidah ini mempunyai beragam ciri yang dapat Anda lihat. Ciri radang lidah hampir sama dengan gejala tumor lidah. Berikut ini ciri ciri radang lidah:

1. Rasa nyeri atau sakit pada lidah

Sering mengalami sakit pada lidah terutama di ujung lidah. Hati – hati hal ini tidak menutup kemungkinan merupakan gejala radang lidah. Rasa nyeri pada lidah membuat mayoritas penderita mengalami kesulitan dalam berbicara serta mengecap atau bahkan menelan makanan.

2. Mengalami pembengkakan di lidah

Ciri radang lidah selanjutnya adalah tampak terdapat pembengkakan pada lidah, baik di bagian ujung lidah atau bagian lidah lainnya. Pembengkakan ini yang munculnya nyeri atau sakti pada lidah yang mengalami pembekakan tersebut.

Pembengkakan ini bisa Anda kurangi dengan mengompres pakai es batu agar pembekakan ini semakin mengecil. Pembengkakan pada lidah biasanya ditandai dengan ketidak mampuan lidah membedakan makanan. Pada umumnya lidah sering merasakan rasa pahit di semua bagian lidah. Hal ini yang harus diwaspadai dengan cara menghilangkan rasa pahit di mulut ketika radang tenggorokan.

3. Terjadi perubahan warna lidah

Ketika mengalami radang lidah umumnya berubah warna pada lidah. Lidah yang terkena radang biasanya berubah menjadi kemerahan. Hal ini dikarenakan lapisan terluar lidah sudah mulai pudar.  Biasanya berubahnya warna pada lidah ditandai dengan mulut terasa sepat. (Baca juga: penyebab mulut terasa sepat )

4. Mengalami sakit tenggorokan

Mayoritas sakit tenggorokan biasanya ditandai dengan timbulnya sariawan. Pada anak gejala sakit tenggorokan serupa dengan gejala sariawan pada anak. Karena anak sariawan biasanya anak susah makan sehingga Anda sebagai orang tua harus membuat resep makanan untuk anak sariawan. Sakit di tenggorokan membuat penderita susah untuk menelan makanan. Selain sariawan, bibir pecah – pecah dan kering juga merupakan tanda mengalami sakit tenggorokan. 

Sponsors Link

5. Menghilangnya papila pada permukaan lidah

Papila atau bintik tipis – tipis yang merupakan sensor perasa. Telah ketahui bersama, lidah merupakan indra perasa manusia baik rasa manis, asam, asin dan pahit dapat dirasakan oleh manusia lewat papila. Ketika papila tidak ada berarti tidak berfungsinya lidah sebagai indra perasa. Hal ini yang mengakibatkan penderita radang tenggorokan sering mengalami mati rasa di lidahnya. Oleh sebab itu penderita radang tenggorokan ini mengalami berkurangnya nafsu makan.

6. Mengalami kesulitan bernapas

Ciri ciri radang lidah selanjutnya adalah kemungkinan terjadinya kesulitan dalam bernapas. Hal ini disebabkan karena tenggorokan itu erat kaitannya dengan larink. Dimana larink ini berfungsi sebagai jalur pernapasan dari hidung menuju ke paru – paru.

Jika tenggorokan mengalami sakit selanjutnya larink terkena dampaknya hingga akhirnya penderita ini mengalami kesulitan dalam bernapas. Oleh sebab itu perlu diwaspadi dan wajib dilakukan tindakan yang cepat dan tepat ketika penderita mengalami kesulitan pernapasan, hal ini akan berdampak fatal jika didiamkan yaitu kematian.

Sponsors Link

7. Kesulitan dalam berbicara, nafsu makan berkurang dan susah menelan makanan

Seperti yang dijelaskan pada poin – poin diatas, radang tenggorkan merupakan saluran untuk percernaan dan terdapat  pula pita suara. Oleh sebab itu penderita radang tenggorokan umumnya mengalami kesulitan dalam berkomunikasi secara lisan serta susah dalam menelan makanan.

Hal ini diakibatkan jika penderita sering berbicara maka tidak menutup kemungkinan akan memperparah radangnya. Begitu juga dengan menelan makanan yang kasar dipercaya dapat memperburuk radang pada tenggorokan. Sebaiknya penderita diharapkan mengkonsumsi makanan yang halus agar tidak memperparah radang tenggorokannya tetapi tetap mendapatkan asupan nutrisi atau makanan seperti bubur atau roti.

Nah, itulah beberapa ciri ciri radang lidah yang dapat Anda dan keluarga Anda waspadai dari sekarang. Ada baiknya Anda menerapkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti menggosok gigi serta hindari pantangan sariawan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti terhindar dari berbagai penyakit akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut serta memiliki mulut yang segar.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 25th, May 2018 / 01:08 Oleh :
Kategori : Radang Mulut