Sponsors Link

9 Ciri Ciri Radang Gusi Paling Akut

Sponsors Link

Penyakit Radang gusi atau gingivitis merupakan penyakit yang ditandai dengan gusi membengkak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabkan metabolisme terhambat. Sehingga darah didalam gusi menjadi beku.

ads

Gangguan radang gusi sangat berbahaya. Selain menimbulkan rasa nyeri, penyakit juga menimbulkan komplikasi. Salah satunya adalah kanker dan abses yang tidak bisa disembuhkan dengan cara mengatasi air liur bau.

Untuk menyembuhkan radang gusi, dibutuhkan pemahaman cermat mengenai gejalanya. Karena pengobatan tanpa melihat gejala, dikhawatirkan bisa menimbulkan mal praktik. Radang tidak sembuh, malah penyakit lain yang muncul.

Sebaliknya, jika tindakan pengobatan dilakukan sesuai gejala, kesalahan obat bisa ditekan. Sehingga radang gusi benar – benar mendapatkan obat yang pas.  Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang Ciri Ciri Radang Gusi atau gingivitis.

  1. Gusi Terasa Gatal

Gatal akibat radang gusi disebabkan oleh pergerakan bakteri didalamnya. Dia terus melakukan perkembangbiakan sekaligus menyemprotkan racun jahat ke dinding gusi.

Jika gatal ini digaruk dengan ujung lidah, rasanya sangat nyaman. Namun, itu justru membantu bakteri untuk berkembangbiak. Karena di area ludah terdapat liur yang mudah ditempati oleh bakteri.

lebih baik anda memijat pipi dengan lembut jika gatal dirasa terlalu kuat. Atau dengan makan makanan pencegah sariawan herbal. Cara ini lebih aman dibandingkan memainkan gusi dengan lidah.

  1. Rahang Terasa Lebih Tebal

Jika rahang anda terasa lebih besar dan tebal, itu artinya radang gusi semakin membesar. Segera lakukan pencegahan dengan obat kanker mulut sebelum radang pecah.  Rahang membesar merupakan akibat dari sensitivitas email yang tinggi. Dan kalau anda melihat posturnya, email memang terlihat lebih besar dari biasanya.

Jika anda merasa tidak enak dengan kondisi rahang, coba gerakkan mulut anda seakan sedang makan atau berbicara. Niscaya rahang anda terasa lebih nyaman dan rileks.

  1. Gusi Berwarna Merah Tua

Warna email gusi yang normal adalah merah ideal. Artinya tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Namun, karena gusi meradang dan bahaya gingivitis, maka warna email berubah menjadi merah menyala. Karena didalamnya berisi darah yang beku. Bahkan bukan hanya email yang berubah warna, gigi gusi juga berubah.

Perubahan warna ini akan lebih berbahaya apabila berganti dari merah tua menjadi merah muda. Karena itu pertanda radang sudah sobek dan darah serta nanah sudah mengalir membasahi gusi.  Jika tidak segera diatasi, darah akan rusak karena lebih banyak bakteri yang melakukan infeksi disana.

Sponsors Link

  1. Gusi Berdarah

Ketika gusi sedang bengkak, tentu ia rawan berdarah. Karena email sedang mengembang akibat desakan darah dan nanah didalamnya.  Gusi berdarah ini terlihat pasca anda menggosok gigi. Karena email gigi tergores bulu sikat sehingga menimbulkan iritasi dan terluka.

Jika penyakit radang gusi anda mulai berdarah, segera bersihkan darah tersebut dengan tips air liur tidak bau. Karena jika darah berisi bakteri tersebut tertelan, maka penyakit komplikasi bakal menyerang anda. Seperti serangan jantung dan ginjal.

  1. Bau Mulut Menyengat

Penderita radang gusi biasanya memiliki bau mulut menyengat. Karena bakteri yang menyerang juga mengaktifkan zat sulfur berbau busuk. Kerja zat ini serupa dengan belerang yang memang terkenal dengan baunya yang tajam.

Jika bau mulut ini datang, segera atasi dengan berkumur menggunakan mouthwash atau minum minuman penghilang bau mulut. Supaya anda masih bisa berkomunikasi dengan lancar dan nyaman.  Hati hati jika anda mengatasi bau mulut dengan obat kimia. Karena selain bisa mengeringkan liur, juga membuat radang gusi yang anda alami bertambah parah.

  1. Gusi Terlihat Mengecil

Bentuk gusi yang ideal adalah lebih kecil sedikit dari email. Jika terlihat sekilas, email seperti menyanggah gusi.  Namun, saat gusi meradang, bentuknya terlihat sangat kecil dari email. Karena yang membesar bukan gusinya melainkan email gigi.

Jika kondisi ini tetap dibiarkan, lama kelamaan gusi menjadi patah. Karena dia terus menerus didorong oleh email. Sehingga, gigi berlubang bisa menjadi masalah selanjutnya.

  1. Gusi Bergoyang

Radang gusi yang kronis membuat gusi bergerak atau bergoyang. Karena saking besarnya dorongan email, gusi sudah terlepas dari beberapa jaringan pengikat. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, gusi tidak bisa berfungsi maksimal. Sehingga kenikmatan anda saat makan menjadi terganggu.

Sponsors Link

Saran kami segera lakukan cara mengatasi gusi luka dengan pulpoktomi jika gusi sudah oleng. Karena hanya dengan cabut gigi, permasalahan gusi bisa diatasi dengan baik.

  1. Gusi Nyeri

Radang gusi bisa menimbulkan nyeri luar biasa hingga komplikasi. Karena terhambatnya metabolisme di dalam darah, mengganggu neuron yang berisi sensor rasa sakit.  Jika nyeri radang gusi tidak tertahan, segera temui dokter. Supaya bisa diberikan obat anti nyeri dengan dosis yang tepat.

Jangan obati nyeri gusi dengan obat warung. Selain legal obatnya tidak jelas, dikhawatirkan obat tersebut memiliki efek samping.

  1. Gigi Sensitif

Gigi sensitif penyebab air liur bau adalah gigi yang jaringan syaraf lebih peka pada suhu. Gejalanya adalah gigi linu ketika bersentuhan dengan makanan bersuhu ekstrem. Radang gusi biasanya disertai dengan gigi sensitif. Hal ini disebabkan oleh rusaknya sel yang membantu kerja jaringan syaraf.

Itulah gejala Ciri Ciri Radang Gusi yang harus anda ketahui dan obati dengan buah penghilang bau mulut sejak dini. Jika anda mengalami gejala diatas, segera temui dokter. Agar dilakukan penanganan yang lebih tepat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 31st, December 2018 / 04:44 Oleh :
Kategori : Gingivitis