Sponsors Link

10 Ciri-ciri Kanker Gusi Stadium Awal yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Apakah Anda memiliki masalah pada gusi? Apakah Anda termasuk salahsatu penderita gusi stadium awal? Apa yang menyebabkan seseorang bisa terkena kanker gusi? Bagaimana ciri-ciri kanker gusi stadium awal yang perlu Anda ketahui?

ads

Gusi yang dikenal istilah anatominya dengan gingiva adalah bagian mukosa (lapisan jaringan) di dalam rongga mulut yang mengelilingi gigi dan menutupi lingir alveolar. Gusi dan gigi sangat berkaitan, sehingga jika salahsatu diantaranya bermasalah, keduanya pasti merasakan sakit. Gigi memiliki fungsi utama untuk mencacah makanan, sedangkan gusi berfungsi sebagai tempat penopang dan tumbuhnya gigi. Selain itu, gusi dapat melindungi jaringan di bawah pelekatan gigi terhadap pengaruh rongga mulut.

Masyarakat pada umumnya beranggapan bahwa kanker merupakan jenis penyakit yang paling mengerikan dan penyembuhannya pun sulit serta mahal. Semua organ dan jaringan tubuh manusia memiliki potensi untuk terkena penyakit kanker apabila tidak dijaga kesehatannya dengan baik.

Tidak terkecuali dengan gusi yang dapat terkena penyakit kanker gusi apabila tidak dijaga kebersihannya secara rutin. Kanker gusi merupakan salahsatu jenis penyakit mulut yang terbilang membahayakan. Jumlah penderita kanker gusi memang tidak sebanyak jumlah penderita kanker jenis lainnya, hanya saja Anda tidak boleh meremehkan jenis penyakit ini.

Walaupun kanker hanya menyerang satu titik organ tubuh manusia, tetapi jika berkelanjutan dalam jangka waktu lama, sel-sel kanker akan lebih cepat menyebar menuju ke organ serta jaringan tubuh lainnya, seperti akan timbulnya kanker pipi, kanker gigi, dan menyebar hingga ke tulang rahang. Termasuk kanker gusi yang terjadi akibat tidak menjaga  kesehatan gigi dan  mulut.

Kanker gusi termasuk dalam jenis kanker rongga mulut yang biasanya terjadi karena adanya rangsangan di gusi yang seringkali terabaikan. Rangsangan tersebut seperti luka pada jaringan di rongga mulut, karang gusi, gusi yang meradang, dan lain-lain. Adapun ciri-ciri kanker gusi stadium awal yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

  1. Pendarahan pada gusi

Pendarahan pada gusi merupakan ciri-ciri utama pada kanker stadium awal yang terjadi ketika mengalami kesalahan saat menyikat gigi. Gusi akan rentan berdarah walaupun Anda merasa sudah menyikat dengan hati-hati. Hal ini menyebabkan gusi mudah terkena infeksi.

Struktur jaringan yang membentuk gusi menjadi melemah apabila Anda tidak segera mengobati pendarahan yang ada dalam jangka waktu yang lama. Kondisi pendarahan pada gusi harus segera diatasi, apalagi jika gusi sampai bernanah. Perlu diketahui bahwa bahaya gusi bernanah juga dapat berpengaruh pada penyakit kanker gusi yang sudah semakin parah.

  1. Luka pada gusi dan sakit gigi

Saat Anda terkena kanker gusi, jaringan gusi Anda melemah sehingga rentan terhadap luka yang terjadi saat membersihkan gigi. Luka tersebut bisa saja disebabkan karena adanya gesekan saat menyikat gigi, mengunyah makanan yang terlalu keras, hingga mencongkel gigi. Jika luka tersebut mulai membesar akan mengakibatkan efek sakit pada gigi dan gusi bahkan hingga pembengkakan dan peradangan apabila tidak segera diatasi. 

Sponsors Link

Perlu diperhatikan bahwa saat Anda mengalami sakit gigi dalam jangka waktu yang lama, segeralah periksakan kondisi gigi dan gusi Anda karena bisa saja termasuk ke dalam ciri-ciri kanker gusi stadium awal. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka Anda harus melakukan cara cepat mengatasi gusi yang luka.

  1. Terjadi pembengkakan pada gusi

Pembengkakan pada gusi bisa terjadi akibat adanya luka pada gusi yang tak kunjung sembuh hingga membengkak. Hal ini terjadi secara tiba-tiba tanpa disadari. Perubahan warna pada gusi yang membengkak pun akan terlihat lebih gelap dan apabila disentuh akan muda berdarah. Perlu Anda ketahui bahwa gusi yang bengkak jangan dianggap remeh, karena bahaya gusi yang bengkak dapat menyebabkan penyakit kanker gusi.

  1. Terdapat benjolan pada gusi

Benjolan yang terdapat pada gusi jangan pernah Anda remehkan karena bisa saja itu merupakan ciri-ciri kanker gusi stadium awal yang perlu Anda waspadai. Mulanya benjolan tersebut berukuran kecil bahkan mungkin tanpa Anda sadari benjolan tersebut menyerupai seperti benjolan sariawan yang semakin lama semakin membesar. Benjolan pada gusi biasanya merupakan tumor atau daging jadi yang apabila dibiarkan akan berkembang menjadi sel kanker yang berbahaya. 

ads

  1. Terjadi peradangan

Peradangan pada gusi terjadi karena adanya luka pada gusi yang berkepanjangan dan dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Peradangan pada kanker gusi sama seperti peradangan pada gusi normal yang disebabkan karena adanya infeksi atau luka yang berkepanjangan.

Namun bagi yang terkena kanker gusi, peradangan yang terjadi akan berdampak besar pada kondisi gusi lainnya dan sulit untuk disembuhkan. Peradangan yang terjadi akan menyebabkan gigi dan gusi terasa ngilu bahkan gigi akan menjadi mudah lepas. Sebaiknya Anda harus melakukan cara mencegah peradangan pada gusi agar terhindar dari penyakit kanker gusi.

  1. Gusi terasa nyeri

Kanker gusi pastinya akan menyebabkan gusi terasa nyeri. Rasa nyeri pada gusi merupakan suatu indikasi dari dalam jaringan tubuh bahwa kondisi tubuh tersebut sedang mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya segera periksakan kondisi gusi Anda kepada ahlinya.

Gusi yang terasa nyeri tidak hanya berlaku pada gejala kanker gusi saja, melainkan bisa karena penyakit gigi dan gusi lainnya, seperti gejala gigi berlubang, karang gigi yang tak kunjung hilang, sariawan gusi, dan sebagainya. Hanya saja rasa nyeri yang berkepanjangan bisa menjadi pertanda bahwa masalah pada gusi Anda sudah semakin parah dan termasuk ke dalam ciri-ciri kanker gusi stadium awal.

  1. Sakit saat mengunyah dan menelan

Penderita kanker gusi pastinya akan mengalami kesulitan saat mengunyah dan menelan karena merasakan sakit pada gusinya. Hal ini dikarenakan keadaan gusi sebagai penopang gigi yang berfungsi untuk mencacah makanan mengalami gangguan. Teruntuk kesulitan menelan, biasanya disebabkan karena otot-otot sekitar mulut yang bertugas membantu menelan makanan yang sudah dicacah sedang mengalami gangguan karena pengaruh kanker gusi.

  1. Suara menjadi serak bahkan hingga mengalami kesulitan berbicara

Gejala yang dialami penderita kanker gusi sama halnya dengan gejala yang dialami penderita kanker mulut. Hal ini karena sel-sel kanker tersebut menyerang semua jaringan yang ada di sekitar mulut. Kemunculan kanker gusi juga dipicu oleh kemunculan kanker lainnya yang ada di sekitar mulut, seperti kanker gigi dan kanker mulut. Suara menjadi serak hingga mengalami kesulitan berbicara terjadi pada penderita kanker gusi apabila sel-sel kanker tersebut sudah menjalar sampai ke tulang rahang.

Akibat dari meluasnya sel-sel kanker yang menyerang tulang rahang bagian bawah, yaitu dapat menjalar ke bagian leher belakang dan akan membuat kepala sulit untuk di gerakan. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa penderita kanker gusi bisa sampai tidak dapat berbicara sama sekali karena banyaknya kerusakan jaringan mulut yang dialami hingga kerusakan pada pita suara. Otot di bagian mulut dan rahang akan menjadi sulit untuk digerakan saat berbicara seperti biasanya.

  1. Bau mulut dan gigi mudah lepas

Bau mulut disebakan karena adanya infeksi akibat dari peradangan pada gusi serta pendarahan yang berkepanjangan. Gusi yang terkena kanker menyebabkan jaringan dalam gusi sudah tidak berfungsi dengan baik, akibatnya gusi tidak kuat lagi menopang gigi.

Hal ini menyebabkan gigi mudah tanggal (lepas) dengan sendirinya. Selain itu kondisi gusi yang membengkak terlalu lama pun akan dapat membuat pipi menjadi bengkak. Jika Anda ingin mencegah datangnya penyakit mulut, maka Anda harus melakukan cara menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat. 

Sponsors Link

  1. Luka di gusi yang tak kunjung sembuh

Bagi gusi normal yang mengalami luka, pembengkakan, hingga peradangan yang disebakan karena kesalahan dalam menggosok gigi, biasanya mudah sembuh apabila segera diatasi. Namun teruntuk Anda yang mengalami kanker gusi, pastinya luka yang dialami tersebut akan sulit disembuhkan. Hal ini dikarenakan jaringan pada gusi sudah tidak berfungsi dengan baik.

Itulah 10 ciri-ciri kanker gusi stadium awal yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami ciri-ciri tersebut, segeralah berobat ke dokter dengan memeriksakan kondisi kesehatan gusi Anda. Cara agar Anda terhindar dari penyakit kanker gusi ini adalah Anda harus melakukan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rutin dan menjaga asupan makanan yang sehat.

Perlu Anda ketahui bahwa sel kanker dapat tumbuh secara tiba-tiba di bagian organ dan jaringan tubuh manapun. Segeralah periksakan gusi Anda apabila mengalami masalah atau gangguan. Kondisi gangguan pada gusi yang berlangsung lama atau berkepanjangan itulah yang nantinya akan memicu tumbuhnya sel kanker. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 30th, June 2018 / 22:56 Oleh :