Sponsors Link

8 Cara Mengobati Sariawan Pada Anak 1 Tahun Ke Atas

Sponsors Link

Jika balita anda rewel saat makan, bahkan ia memuntahkan makanan yang ada di mulutnya sambil menangis, bisa jadi mulut buah hati anda sedang sariawan. Maka dari itu, anda sebagai orang tua harus tanggap dan waspada

ads

Sariawan merupakan problem kesehatan yang membuat mulut balita anda terasa perih saat mengunyah. Orang dewasa saja kadang tidak kuat menahan rasa perih tersebut, apalagi anak anak yang masih berusia 1 tahun.

Sariawan adalah gangguan penyakit akibat serangan virus. Biasanya penyakit ini menyerang area mulut seperti bibir bagian dalam, amandel, gusi, lidah atas serta pipi bagian dalam. Bahkan sariawan disebut penyakit penyebab radang amandel paling ditakuti oleh orang tua.

Tidak hanya orang dewasa, anak anak usia 1 tahun pun rawan terkena sariawan. Apalagi di usia tersebut anak masih memiliki daya tahan atau imunitas lemah. Tentu, daya tahan lemah akan membuat virus leluasa melukai mulutnya. Sehingga bahaya kandidiasis oral pada bayi dan sariawan pada anak mudah terjadi.

Cara Cepat Mengobati Sariawan Pada Anak

Sesungguhnya, penyakit sariawan akan sembuh dengan sendirinya setelah melewati 1 atau 2 pekan. Namun, menunggu selama itu, bukanlah cara yang bijak. Apalagi efek yang ditimbulkan selain mulut anak terasa perih, minat makannya juga menurun. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan anak  anda.

Maka dari itu,  pada artikel kali ini, kami akan memaparkan beberapa cara mengobati sariawan pada anak yang sangat ampuh. Dengan cara ini, sariawan bisa hilang dan selera makan anak anda kembali normal.

  1. Es Batu

Anak mengalami sariawan bukan masalah besar yang perlu dikhawatirkan. Pasalnya, banyak cara mudah dan murah yang bisa menyembuhkan sariawan tanpa harus menunggu lama. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan es batu.

Jika makan anak terganggu sebab sariawan, coba buka mulutnya dengan lembut lalu kompres area mulut yang terluka dengan menggunakan es batu. Nah, efek dingin dan segar dari es batu itulah yang bisa meringankan nyeri sariawan serta bisa menutup luka yang diakibatkannya.

  1. Garam dan Soda Kue

Memilih obat untuk sariawan jangan asal. Apalagi jika yang mengalaminya adalah balita berusia 1 tahun. Anjuran kami, utamakanlah obat obatan herbal tradisional dibandingkan obat kimia. Karena anak kecil memiliki anti bodi kurang ideal sehingga lebih rentan pada efek samping obat. Bahkan sampai saat ini obat kimia masih menjadi penyebab radang mulut pada anak.

Nah, salah satu obat tradisional mulut kering dan sariawan yang layak anda jadikan obat sariawan untuk anak adalah larutan garam dicampur soda kue. Cara membuatnya sangat mudah. Anda tinggal mencampurkan garam dengan soda kue, lalu tambahkan sedikit air dan aduk rata.  Setelah itu, oleskan pada bagian mulut anak yang mengalami sariawan. Ini juga termasuk cara menghilangkan bau mulut dengan baking soda paling makjleb loh!

Selain itu, air garam juga mengandung senyawa yodium yang bermanfaat untuk kesehatan gigi anak. Makanya, sekarang ada cara menghilangkan karang gigi dengan air garam, hebat bukan?

Sponsors Link

  1. Air Kelapa Hijau

Cara mengobati sariawan pada anak selanjutnya adalah, minum air kelapa hijau. Sesungguhnya,  kelapa hijau tidak menyembuhkan sariawan secara langsung. Akan tetapi, air kelapa hijau mengandung ion natural yang mampu mengembalikan stamina tubuh serta meningkatkan imunitas. Nah ketika imunitas anak sudah ideal, tentu sariawan akan sembuh lebih cepat bukan!

  1. Perbanyak Asupan Cairan

Anak yang sedang sariawan, biasanya selera makan dan minumnya menurun drastis. Karena semua makanan dan minuman yang masuk ke mulut dia justru membuat nyeri luar biasa. Namun, menjaga asupan cairan pada anak tetap penting dan vital. Agar kesehatan anak tidak bertambah drop. Maka dari itu, jika anak masih diberi ASI, maka lanjutkanlah. Jika anak sudah tidak minum ASI, cairan tubuhnya bisa diganti dengan minum jus buah penyembuh sariawan manis atau susu cair.

Nah, cairan cairan inilah yang akan membantu memulihkan tenaga anak sehingga bisa membentengi dirinya dari serangan bakteri penyebab sariawan.

  1. Menggosok Gigi Secara Rutin

Menggosok gigi adalah kebiasaan positif yang harus diajarkan sejak dini. Aktifitas ini harus terus dilakukan sekalipun anak anda sedang mengalami sariawan. Karena dengan menggosok gigi, selain termasuk cara membuat napas harum, sisa makanan yang mengandung kuman penyebab sariawan dan penyebab air liur bau juga sedikit berkurang.

Namun, anda harus hati hati ketika menyikat gigi anak yang sedang sariawan. Karena bisa bisa sikat gigi yang dipakai justru menambah luka sariawan menjadi lebih besar. Maka dari itu, anda bisa menggunakan sikat gigi khusus yang lebih lembut dan lentur. Karena sikat gigi model ini tidak akan melukai mulut anak anda.

  1. Hindari Makanan Panas dan Asam

Saat anak sariawan hindarilah makanan makanan panas dan rasanya asam. Karena rasa panas dan asam justru membuat luka sariawan di mulut anak bertambah parah. Selain itu, rasa nyeri yang ditimbulkannya bertambah  dahsyat.

Saran Kami, jika anak sedang sariawan, berikanlah makanan makanan bertekstur lembut dan dingin. Karena rasa dingin bisa menetralisir perkembangbiakan bakteri di mulut, menciptakan rasa segar dan sejuk pada oral serta bisa mengurangi rasa nyeri akibat sariawan. 

Sponsors Link

  1. Susu Cair Tawar

Anak sedang sariawan memang menjengkelkan. Selain rewelnya minta ampun, nafsu makannya juga berkurang. Namun, anda tidak usah khawatir dan tidak usah memarahi anak anda. Jika anak  anda masih berusia 1 tahun tetapi sudah bisa berkumur kumur, coba manfaatkan susu cair tawar untuk menyembuhkan sariawan yang dideritanya tersebut.

Caranya adalah celupkan kapas pada susu cair tawar tanpa gula, lalu oleskan pada luka sariawan di mulut anak anda. Diamkan sejenak lalu perintahkan anak anda untuk berkumur kumur dengan air hangat.  Lakukan cara ini secara teratur niscaya rasa nyeri sariawan yang membuatnya rewel akan hilang dengan segera. cara ini juga bisa digunakan sebagai obat untuk bau mulut menahun yang ampuh.

  1. Daun Jambu Biji

Cara mengobati sariawan pada anak yang terakhir adalah menggunakan ramuan daun jambu biji. Haluskan satu lembar daun jambu biji lalu oleskan pada bagian mulut anak yang terluka. Diamkan beberapa saat dan pastikan ramuan tersebut tidak tertelan. Setelah itu, ajak anak berkumur sampai bersih dengan menggunakan air putih.

Itulah beberapa cara mengobati sariawan pada anak 1 tahun yang luar biasa. Luar biasa cepat menyembuhkan sariawan sehingga nafsu makan balita anda kembali normal. Silahkan lakukan secara rutin niscaya sariawan sembuh tanpa bekas.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 30th, April 2018 / 21:44 Oleh :
Kategori : Sariawan