Sponsors Link

7 Cara Mengobati Sariawan Lidah yang Tak Kunjung Sembuh

Sponsors Link

Siapa yang tidak tahu atau bahkan tidak pernah mengalami penyakit mulut satu ini yaitu sariawan. Penyakit ini dikenal dengan istilah kedokteran sebagai stomatitis aftosa (apthous stomatitis) atau canker sore adalah kondisi bagian mulut terdapat luka yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Secara umum sariawan ini berbentuk oval atau bulat dengan warna putih atau sedikit kekuningan dan terdapat warna merah di tepian bibir akibat peradangan.

ads

Sariawan merupakan gejala dari panas dalam. Ada beberapa penyebab sering panas dalam dan sariawan yang perlu kita sadari. Sariawan terdapat beragam jenis antara lain sariawan bibir, gusi,pipi dan sariawan lidah. Dimana memiliki cara penyembuhan yang berbeda – beda. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mengobati sariawan lidah.

Sariawan tidak mengenal usia baik tua muda, bayi dewasa pasti berpotensi terkena penyakit mulut satu ini. Oleh sebab itu cara mengobatinya dengan treatmen yang berbeda -beda. Sebagai contoh cara mengatasi sariawan pada bayi 1 tahun pasti berbeda dengan cara mengobati sariawan pada orang dewasa dengan pemberian obat sariawan yang manjur.

Karena ketika pemberian obat dewasa kepada bayi yang baru berumur 1 tahun akan berdampak buruk bagi perkembangan bayi dan memiliki perbedaan gejala sariawan pada anak . Selain itu jenis sariawan pun menentukan cara mengobati sariawan yang berbeda.

Cara Mengobati Sariawan Lidah

Berikut ini cara mengobati sariawan lidah paling mudah anda lakukan dirumah dengan menggunakan bahan bahan yang mudah di temukan disekitar anda:

1. Minumlah yogurt tanpa pemanis

Cara penanganan sariawan yang satu ini sangat tepat sekali. Karena Yogurt berfungsi untuk menyeimbangkan dan mengembalikan bakteri baik dalam tubuh. Oleh sebab itu mengkonsumsi yogurt merupakan cara alternatif  untuk mengobati sariawan karena bakteri penyebab peradangan pada sariawan Anda akan berkurang.

Dimana potensi kandungan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalamnya jika dikonsumsi secara rutin dipercaya dapat mengembalikan bakteri baik dalam tubuh. Konsumsi yogurt tanpa pemanis. Hal ini dikarenakan makanan atau minuman bercitra rasa manis justru akan berdampak mendorong perkembangan jamur.

2. Minumlah campuran garam dan baking soda

Menurut penelitian terbukti ternyata garam dan baking soda mempunyai manfaat lain, yaitu untuk menyembuhkan sariawan. Proses penyembuhannya dengan cara mengoleskan campuran garam dan baking soda pada luka sariwan Anda.

Tunggu kurang lebih 10 menit lalu berkumurlah. Anda dapat berkumur air garam beberapa kali dalam sehari sampai sariawan mengecil atau menghilang. Jika larutan campuran garam dan baking soda tersebut terasa pedih maka Anda tambahkan air hangat serta pastikan Anda membuang air garam setelah berkumur.

Sponsors Link

3. Mengkonsumsi lidah buaya

Lidah Buaya dapat Anda oleskan pada area sariawan. Dimana gel alami tanaman lidah buaya ini dipercaya oleh masyarakat dapat membantu mengatasi iritasi sekaligus mengurangi radang serta rasa nyeri akibat sariawan. Proses pengobatan sariawan ini dengan cara siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih.

Selanjutnya Anda oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Harap tunggu selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari. Kemampuan lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena manfaatnya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri yang alami.

4. Mengkonsumsi buah

Salah satu penyebab sariawan adalah kondisi tubuh mengalami kekurangan vitamin C. Vitamin C alami dapat diperoleh dari konsumsi buah – buahan misalnya mangga, jeruk, jambu biji. Oleh sebab itu asupan dan kebutuhan vitamin C harus selalu tercukupi untuk tubuh Anda.

Anda dapat mengkonsumsi secara langsung atau dijadikan jus yang bagus untuk sariawan. Selain mengkonsumsi buah yang mendung vitamin C, sebaiknya Anda juga mengonsumsi vitamin B12 yang dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri.

Selain itu, Anda harus mengkonsumsi buah atau suplement yang mengandung vitamin B kompleks. Hal ini dikarenakan vitamin ini dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan jika Anda konsumsi setelah sariawan muncul.

ads

5. Menggunakan Es batu

Dalam beberapa hari, setelah sariawan muncul di lidah akan membengkak dan terasa menyakitkan. Solusinya dengan bantuan es batuh sehingga dapat mengurangi pembekakan dan rasa sakit. Caranya dengan Anda tempelkan es batu ke lidah yang terkena sariawan, kemudian lepaskan.

Lakukan hal serupa sampai es tersebut mencair. Selanjutnya Anda basuh mulut Anda dengan air dingin guna menghilangkan rasa sakit akibat sariawan. Agar sariawan cepat sembuh, Anda sebaiknya mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Jika terasa sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

6. Minum susu dan teh celup

Susu merupakan minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta dipercaya sebagai obat yang berguna untuk membantu dalam mengatasi luka dan rasa sakit akibat penyakit sariawan. Dimana susu dapat membantu proses penyembuhan sariawan tersebut. Pross penyembuahannya dengan cara rendam bola kapas di dalam satu sendok susu, lalu oleskan pada luka sariawan di lidah Anda dan tunggu selama beberapa menit dalam waktu yang lama.

Setelah dirasa waktunya lama maka sebaiknya Anda bersihkan daerah yang sudah diolesi dengan handuk bersih untuk menghilangkan sisa susu tersebut.  Selain susu, daun teh juga dipercaya dapat melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Teh juga mengandung alkali yang dapat menetralkan asam di mulut yang  membuat sariawan terasa perih.

Jadi, jangan Anda buang kantong teh celup setelah diseduh. Sebaiknya Anda kompres sariawan di lidah Anda dengan kantong teh celup yang telah diseduh selama kira-kira 5 menit. Lakukan hal serupa selama beberapa kali sehari sampai sariawan mereda.

7. Sikat gigi 2 kali sehari

Menyikat gigi 2 kali sehari merupakan kewajiban untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena dengan menyikat gigi 2 kali sehari akan mengurangi potensi berkembangnya jamur, bakteri atau kuman dalam ronggo mulut.

Sebaiknya ganti sikat gigi Anda saat terkena infeksi dari jamur ataupun bakteri. Wajib ganti sikat gigi 6 bulan sekali karena selama 6 bulan sikat gigi akan berubah kasar dan cenderung mudah tertempel kuman atau bakteri. Anda juga wajib hindari penggunaan sikat gigi bersama.

Nah, itulah beberapa cara mengobati sariawan lidah yang mungkin Anda dan keluarga Anda alami sekarang. Ada baiknya Anda menerapkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti menggosok gigi serta hindari pantangan sariawan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti terhindar dari berbagai penyakit akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut serta memiliki mulut yang segar.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 30th, April 2018 / 22:23 Oleh :
Kategori : Sariawan