Sponsors Link

10 Cara Mengobati Luka Di Bibir Karena Jatuh Agar Cepat Sembuh

Sponsors Link

Jatuh adalah peristiwa yang pasti semua orang pernah mengalaminya. Apalagi anak anak yang tingkat kelincahannya luar biasa. Bisa bisa satu hari jatuh berkali kali. Ketika terjatuh, ada kalanya bibir menjadi luka. Baik karena tergores, terbentur benda tumpul atau karena tergigi saat jatuh. Nah jika luka ini tidak diobati, nyeri yang dimunculkannya akan bertambah hebat.

ads

Mengobati luka di bibir karena jatuh tidak bisa sembarangan. Selain bisa menimbulkan tetanus, salah mengobati juga bisa menimbulkan infeksi serius seperti radang bibir hingga pembengkakan kronis.

Nah, untuk artikel kali ini kami akan menjelaskan cara mengobati luka di bibir karena jatuh yang paling benar. Cara ini bisa anda gunakan untuk meminimalisir kesalahan dalam mengobati luka akibat jatuh. Silahkan dicoba dan rasakan manfaatnya.

  1. Kompres dengan Air

Jika luka di bibir anda disertai dengan pembengkakan, maka yang pertama kali anda lakukan adalah mengkompresnya sampai bengkaknya berkurang. Anda bisa menggunakan air hangat ataupun air dingin. Namun, anda harus melakukannya dengan lembut untuk menghindari luka semakin membesar.

  1. Bersihkan Luka dengan Antiseptik

Luka menganga pada bibir, akan mudah terinfeksi jika anda tidak membersihkan secepatnya. Maka dari itu, untuk mencegah luka semakin borok dan berbahaya, ambillah kapas yang sudah diteteskan antiseptik lalu tempelkan pada luka dan area sekitarnya. Lakukan dengan lembut agar tidak terasa sakit.

  1. Campuran Kunyit dan Tanah Liat

Campuran kunyit dan tanah liat adalah obat anti radang tradisional yang saat ini sudah mulai dilupakan. Padahal cara ini cukup manjur untuk mengatasi pembengkakan akibat luka. Jika bibir anda bengkak dan terluka, pakai makanan pencegah sariawan  lalu, silahkan pakai obat ini pasti manjur. Cara pakainya adalah campurkan bubuk kunyit dengan sedikit tanah liat basah lalu oleskan pada bibir. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

  1. Baking Soda

Cara mengobati luka di bibir karena jatuh dan cara menghilangkan karang gigi dengan cepat yang keempat adalah menggunakan baking soda. Baking soda adalah bahan pembuat kue yang juga berkhasiat untuk kesehatan. salah satunya adalah mampu mengembalikan antibodi pada daerah kulit yang terbuka.

Nah antibodi inilah yang akan  membantu tubuh yang luka kembali tertutup dengan cepat. Apalagi jika anda juga mengkonsumsi buah penghilang bau mulut, pasti luka cepat sembuh tuh.

  1. Salep Antibiotik

Langkah pengobatan terbaik pada luka di bibir yang tergolong ringan ialah mengoleskan obat untuk menghilangkan jamur mulut pada bayi, yaitu salep antibiotik. Obat ini dijual bebas di apotik dengan hargar cukup terjangkau. Namun, hati hati jika anda menggunakan obat ini. jangan sampai kena mata atau tertelan. Sebab, reaksinya cukup keras dan bisa membahayakan kalau tertelan atau kena retina mata anda.

Sponsors Link

  1. Mengoleskan Madu

Anda tidak usah ragu mengobati luka di bibir menggunakan madu sekalipun itu menimpa bayi anda. karena madu cukup aman untuk anak kecil apalagi rasanya yang manis dan aman sekalipun terjilat atau tertelan. Selain itu, kandungan antibiotiknya bisa membantu luka cepat sembuh. Madu juga bagus jika dikolaborasikan dengan buah penyembuh sariawan yang dikonsumsi setiap hari.

  1. Air Perasan Lemon

Jika anda kebingungan ketika mencari cara menyembuhkan luka di bibir, coba anda gunakan minuman penghilang bau mulut air perasan jeruk lemon. Cara mengobati mulut terasa pahit ini cukup manjur untuk menyembuhkan peradangan, luka sobek, borok dan yang lainnya. Selain itu, buah keluarga jeruk ini juga mengandung antiinfeksi sehingga anda tidak usah takut luka anda bakal bertambah parah.

  1. Konsumsi Air Putih

air memang merupakan anugerah tuhan yang luar biasa. Selain untuk menghilangkan haus, ternyata air bisa menjadi obat penyembuh luka dan cara mengatasi mulut asam yang reaksinya berasal dari dalam tubuh. Jadi jika bibir anda terluka, rajin rajinlah minum air putih supaya luka tersebut cepat sembuh tanpa harus berobat yang mahal.

Sponsors Link

  1. Gula pasir

Anak terjatuh dan bibirnya luka? Jangan panik. Oleskan saja cara mengobati lidah yang terkena air panas yaitu gula pasir, pasti lukanya cepat kering. Anda juga tidak usah khawatir gula tersebut tertelan. Karena rasa manisnya disukai anak dan teksturnya tidak membahayakan tubuh anak anda.

  1. Jangan Tutup luka

Kebiasaan menutup luka dengan plast dan semacamnya tidak membuat luka semakin baik. bahkan, hal ini bisa membuat luka sulit mengering dan menjadi penyebab infeksi gusi. Sebab, ketika luka tertutup, oksigen tidak bisa masuk secara maksimal. Yang ada, penumpukan mineral di dalam luka membuat luka basah bahkan busuk.

Itulah 10 cara mengobati luka di bibir karena jatuh yang bisa anda coba di rumah. Jadi, anak terluka, jangan panik, toh obatnya sudah ada. Jadi siagalah anda apalagi hanya luka di bibir yang ringan, pasti cepat sembuh asalkan anda berusaha dengan giat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Sunday 15th, July 2018 / 08:01 Oleh :
Kategori : Pengobatan